7 Tips Nyepi di Bali
Local Experiences

Pengen Liburan ke Bali Pas Nyepi? Ini 7 Tipsnya

Ada beberapa hal wajib saat Kawanjo liburan di Bali ketika Nyepi.

Buat Kawanjo yang ingin healing tapi nggak bikin pusing, coba deh ke Bali saat Nyepi. Suasana sepi dan hening saat Nyepi di Bali memang memberikan sensasi tersendiri. Mayoritas penduduk Pulau Bali yang beragam Hindu memang akan berhenti beraktivitas saat Hari Nyepi, membuat pulau ini jadi begitu hening dan sepi. Suasana yang hening dan sepi ini yang kemudian jadi daya tarik Bali.

BACA JUGA: Trip ke Jambi, Wajib Coba Salah Satu dari 11 Kuliner ini. Nomor 9 Legendaris Banget!

Banyak yang kemudian sengaja datang ke sana saat Nyepi untuk menikmati suasana yang cukup langka ini. Tahun ini, Nyepi di Bali jatuh pada 3 Maret. PLN Bali sudah mengumumkan jika mereka tidak akan menyalakan listrik selama Nyepi di Bali. Makanya, butuh persiapan sedikit ekstra untuk para pelancong yang akan liburan saat Nyepi.

Tapi Kawanjo jangan khawatir, Pigijo sudah siapkan tips yang bisa dilakukan dan perlu diperhatikan saat liburan Nyepi. Check this out!

  1. Waktu pelaksanaan Nyepi
Pengen Liburan ke Bali Pas Nyepi? Ini 7 Tipsnya
Nyepi adalah salah satu perayaan paling penting di Bali.

Nyepi berlangsung selama 24 jam sejak matahari terbit, atau biasanya dimulai pada pukul 06.00 WITA. Tapa brata penyepian akan selesai 24 jam kemudian, yakni pukul 06.00 WITA keesokan harinya. Di tahun ini, Nyepi akan dimulai pada Kamis, 3 Maret pukul 06.00 WITA hingga Kamis, 4 Maret pukul 06.00 WITA. Selama 24 jam ini, Kawanjo tidak akan mendapatkan listrik dan tidak boleh keluar penginapan.

Dengan kondisi seperti ini, Kawanjo diharapkan mempersiapkan powerbank yang terisi penuh, makanan yang cukup, dan penerangan (berupa lilin). Diminta untuk tetap tenang dan menghormati budaya di Bali ya.

  1. Seksama pilih tiket pesawat
Inilah 4 Inovasi Teknologi yang Bikin Mudah Traveling
Wajib banget seksama pilih tiket pesawat.

Di Hari Raya Nyepi, mulai dari bandara, pelabuhan, dan juga terminal akan berhenti beroperasi. Maka dari itu, jika ingin datang ke Bali saat Nyepi, atau bahkan keluar dari Nyepi sebelum Nyepi berlangsung, kamu harus seksama memilih jadwal penerbangan.

Jangan sampai kamu terjebak di bandara. Sebaiknya beli tiket pesawat setelah hari Nyepi. Jika kamu terjebak di bandara saat Nyepi, maka kamu tak bisa keluar dari bandara dan terpaksa menginap di sana.

Saat Hari Raya Nyepi, Bandara I Gusti Ngurah Rai juga akan ikut ditutup selama 24 jam. Ini menyebabkan penerbangan keluar dan masuk Bali juga akan terhenti. Perhatikan dengan seksama ya.

  1. Jangan Ribut
revivo
Saat Nyepi suasana harus sangat sunyi.

Hari Raya Nyepi merupakan salah satu hari sakral bagi Umat Hindu Bali. Makanya, ada larangan untuk tidak membuat keributan selama Nyepi di Pulau Dewata. Ada baiknya Kawanjo menjaga ketenangan. Kawanjo boleh menonton Netflix atau mendengarkan musik, tapi jangan dengan volume keras. Untuk berbicara pun, sebaiknya pelan-pelan saja, ya.

  1. Jangan Keluar dari Penginapan
Bali hotel
Kawanjo harus tetap berada di hotel selama Nyepi.

Larangan lainnya selama Hari Raya Nyepi adalah tidak keluar dari rumah atau hotel. Tapi, untuk Kawanjo yang tinggal di hotel, masih boleh berjalan di lingkungan hotel yang Kawanjo tinggali kok. Nah, ini waktu yang tepat memanfaatkan fasilitas hotel loh. Sekali lagi Pigijo ingatkan, jangan nekad keluar dari lingkungan hotel ya, soalnya ada petugas patroli adat yang disebut pecalang yang mengawasi.

Kalau Kawanjo nekat, mereka akan menangkap Kawanjo dan menggiring kembali ke hotel. Duh, bakal malu banget.

  1. Penerangan yang Terbatas
Pengen Liburan ke Bali Pas Nyepi? Ini 7 Tipsnya
Penerangan sangat terbatas saat Nyepi

Biasanya kalau Hari Raya Nyepi di Bali, listrik akan dipadamkan. Tapi, biasanya hotel punya listrik cadangan. Kawanjo boleh menyalakan lampu di kamar, tapi jangan yang di balkon ya. Hal ini untuk menjaga penerangan agar tetap temaram.

Kawanjo cukup menyalakan satu hingga dua lampu kamar hotel saja agar tidak terlalu terang. Selain itu, tutup tirai kamar agar tidak ada sinar lampu yang tampak dari luar. Dengan begitu, Kawanjo tetap bisa liburan sambil menghormati tradisi Nyepi di Bali.

  1. Upacara Adat
Pengen Liburan ke Bali Pas Nyepi? Ini 7 Tipsnya
Salah satu upacara adat di Bali menjelang Nyepi.

Biasanya, sebelum perayaan Nyepi, ada berbagai proses upacara adat yang dilakukan Umat Hindu Bali. Kawanjo diminta untuk menghormati tuan rumah yang sedang melakukan upacara adat. Salah satu upacara adat terkenal sebelum Nyepi adalah Melasti di pantai. Tak hanya upacaranya, Kawanjo juga diimbau untuk tidak melangkahi sesajen yang baru saja ditaruh. Selain itu, pakaian yang dikenakan sebaiknya yang sopan, tidak terlalu terbuka.

  1. Perbekalan Pribadi
Pengen Liburan ke Bali Pas Nyepi? Ini 7 Tipsnya
Perbekalan harus lengkap saat Nyepi.

Selama Hari Raya Nyepi, semua toko akan tutup. Makanya, ada baiknya Kawanjo menyiapkan sedari dini perbekalan yang diperlukan. Misalnya obat-obatan atau camilan ringan untuk mengisi perut. Oh iya, Kawanjo juga disarankan memilih tempat menginap yang menyediakan paket makanan. Selain sarapan, biasanya selama Nyepi ada hotel yang menyediakan paket makan siang dan makan malam.

Itu dia berbagai tips yang harus dilakukan dan dipatuhi Kawanjo selama Hari Raya Nyepi di Bali. Walaupun agak ribet, tapi jika diikuti, Kawanjo bisa ikut merasakan Nyepi dengan lancar.

Baca Juga : Ini 5 Ritual Nyepi di Bali yang Wajib Kawanjo Tahu

Kawanjo bisa cek berbagai paket pariwisata Bali yang menarik di Pigijo. Selamat liburan!

0 comments on “Pengen Liburan ke Bali Pas Nyepi? Ini 7 Tipsnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.