Curug Cibaliung Jadi Favorit Milenial, Ini 6 Alasannya
Local Experiences

Curug Cibaliung Jadi Favorit Milenial, Ini 6 Alasannya

Pemandangan yang indah, air terjun yang segar menjadikan Curug Cibaliung sebagai destinasi favorit kaum milenial.

Curug Cibaliung memang tidak terlalu tinggi namun memiliki keindahan dan kejernihan air yang membuat kamu akan sangat nyaman untuk berenang di Curug Cibaliung. Sungai tempat bermuaranya air berwarna hijau toska dan lebih terlihat jelas pada saat musim kemarau.

Rekomendasi liburan di masa pandemi COVID-19 ini sebenarnya banyak. Jika kawanjo fokus mencari rekomendasi liburan yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, maka liburan ke Curug Cibaliung yang kini digemari milenial adalah jawabannya. Ini adalah satu dari sekian banyak curug alami yang ada di Bogor. Dan itu juga yang menjadi alasan kenapa destinasi liburan ke Bogor jadi favorit karena banyak paket wisata murah meriah. 

Curug Cibaliung sebenarnya berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Akses menuju Curug Cibaliung yang jadi favorit milenial ini tidak terlalu mudah. Lokasinya masih berada di pedalaman dan belum banyak juga diakses orang banyak, jadi butuh sedikit perjuangan untuk mencapai Curug Cibaliung yang kerap disebut sebagai dewi cantik yang tersembunyi ini. 

Trip ke Curug Cibaliung pun dimulai dari pusat Kota Bogor menuju kawasan Sentul yang ada di Kabupaten Bogor. Di sini kawanjo bisa langsung menuju Kecamatan Babakan Madang, setelah itu lanjut menuju destinasi liburan ke Curug Leuwi Hejo yang tepat ada di sebelah Curug Cibaliung. Sampai di destinasi kawasan Curug Cibaliung, silahkan parkirkan kendaraan. Perjalanan pun bisa ditempuh dengan trekking kurang lebih 1,5 jam. Penasaran kenapa anak muda suka ke Curug dan ada apa aja sih di Curug Cibaliung ini?

1.Trekking Seru Menuju Curug Cibaliung

C
Luna Maya trekking ke Curug

Sesuatu yang indah pasti akan memiliki perjuangan yang berat,setuju tidak kawanjo? Begitu juga perjalanan menuju Curug Cibaliung keren yang dipercaya sangat instagramable ini. Untuk mencapai lokasi, trekking diperlukan selama satu jam lebih. Melewati hutan rindang dan sejuk, ditambah lagi menyebrangi aliran sungai sekitar 20 menit, dimana aliran airnya ini berasal dari curug di sekitarnya. Akses yang tidak mudah dan licin ini menjadi favorit milenial. Meski begitu, harus tetap waspada ya saat trip ke Curug.

2. Fasilitas Curug Cibaliung

Curug Ciba
Curug Cibaliung

Referensi milenial liburan itu memang patut diacungi jempol. Pasalnya, liburan ke Curug Cibaliung memiliki cerita tersendiri. Mulai dari perjuangan, keseruan dan juga kepuasan yang tidak ternilai saat tiba di destinasi Curug Cibaliung. Kawanjo akan menemukan beberapa fasilitas yang akan memudahkan beraktivitas. 

Setidaknya, kawanjo di Curug Cibaliung akan menemukan fasilitas seperti kamar mandi, area parking, warung di sekitar curug, penitipan barang, dan juga papan petunjuk jalan menuju lokasi Curug Cibaliung. Pokoknya, rekomendasi liburan ke Curug Cibaliung keren. Keindahan Curug Cibaliung Bogor yang begitu eksotis seakan menjadi satu fasilitas terbaik dari alam yang ada di negeri kita Indonesia. 

3. Curug Cibaliung Sangat Instagramable

Curug Ciba
Ilustrasi Curug Cibaliung

Selain menikmati trip dan adrenalin saat menuju Curug Cibaliung. Lokasi ini cocok sekali buat para wisatawan yang juga gemar mengambil foto. Kawanjo bisa mendapatkan beberapa spot foto bagus dan menarik dan sangat instagramable di Curug Cibaliung.

Berbagai spot cantik pun juga bisa ambil di sana. Spot terbaik bisa diambil dari samping air terjun, dimana kawanjo bisa berfoto dengan background pemandangan cantik yang ada di belakangnya.

Selain itu pemandangan hutan di sekitar Curug Cibaliung yang masih sangat asri dan hijau juga dapat mempercantik hasil foto. Kawanjo  bisa sedikit trekking untuk mendapatkan momen terbaik di sekitar hutan tersebut. Jangan khawatir kawasan ini juga sering dijadikan sebagai area perkemahan sehingga aman.

Baca Juga : Trip Yang Deket Aja Dulu

4. Tiket Masuk Curug Cibaliung Murah

Curug Ciba
Ilustrasi Curug Cibaliung

Dekat dari Jakarta, menarik, banyak tantangan dan juga memiliki paket trip murah, sudah pasti Curug Cibaliung jadi pilihan rekomendasi liburan milenial. Buat kawanjo yang mau menikmati indahnya pesona Curug Cibaliung Bogor, harga tiket masuknya hanya Rp 15.000/orang, biaya parkir Rp 5000 dan juga akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5000. Untuk jam buka lokasi Curug Cibaliung Bogor, Sentul ini dimulai dari pukul 08:00-17:00 WIB. Tapi buat kawanjo yang mau lebih lama menikmati keindahan Curug Cibaliung usahakan tiba lebih pagi.

5. Curug Cibaliung Masuk Jadi Curug Populer Tahun 2020

Curug Cibaliung
Curug Cibaliung

Pandemi COVID-19 justru membuat sebagian besar wisatawan lokal khususnya lebih memilih liburan dekat yang tidak perlu menghabiskan waktu berhari-hari. Oleh karena itu, curug pun jadi destinasi favorit milenial dan juga sebagian orang yang gemar menikmati keindahan air terjun. Hal ini menjadikan Curug Cibaliung masuk ke dalam daftar sebagai curug yang populer di tahun 2020 kawanjo. 

6. Curug Cibaliung Dekat dengan Curug Lain

Curug Cibaliung
Sumberfoto : Cimanggu Bogor, ilustrasi Curug Cibaliung

Air yang jernih dan memungkinkannya untuk dipakai berenang membuat Curug Cibaliung jadi destinasi favorit. Selain curug Cibaliung, ada empat curug lainnya yang juga masih berlokasi di Desa Cibadak, yaitu Curug Leuwi Hejo, Curug Leuwi Liek, Curug Leuwi Ciung, dan juga Curug Leuwi Cepet. Lokasi antara curug satu ke yang lainnya tidak terlalu jauh, kawanjo bisa menempuhnya sekitar 15 menit dengan berjalan kaki. 

Sekedar informasi, di tengah pandemi COVID-19 kunjungan ke Curug Cibaliung masih diperbolehkan. Pengelola setempat menerapkan standar protokol kesehatan pencegahan COVID-19 bagi semua pengunjung sesuai anjuran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Salah satunya adalah menyediakan fasilitas cuci tangan dan juga pengecekan suhu tubuh setiap wisatawan yang datang berkunjung ke Curug Cibaliung di gerbang utama. Buat kawanjo yang mau cobain serunya ngetrip ke Curug Cibaliung bisa langsung cek di sini ya!

Baca Juga : Wajib Bawa 8 Benda Ini Jika Mau Trip ke Curug

0 comments on “Curug Cibaliung Jadi Favorit Milenial, Ini 6 Alasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.