Jadi Ibu Kota Baru, Ini 5 Kelebihan Kalimantan Timur
Local Experiences

Jadi Ibu Kota Baru, Ini 5 Kelebihan Kalimantan Timur

Penuh persiapan, inilah keunggulan ibu kota baru yang disebut Nusantara!

Disebut ‘Nusantara’ adalah kota yang berada di wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Penamaan Nusantara dengan alasan bahwa Nusantara sudah dikenal sejak lama dan menjadi ikonik di mata Internasional serta mudah dalam menggambarkan kenusantaraan kita semua sebagai penduduk Republik Indonesia nih, Kawanjo. Tahapan dan proses terbentuknya ibu kota baru ini tidaklah mudah dan cukup memakan waktu yang lama, loh.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Ibu Kota Baru yang Disebut Nusantara

 Tetapi hal tersebut sekarang telah terwujud pada tahun 2022 ini kita siap menerima Nusantara sebagai ibu kota baru. Tentunya pemerintah sudah menyiapkan hal tersebut dengan matang dan tanpa alasan karena Kalimantan Timur ini memiliki kelebihan yang sangat cocok untuk menjadi ibu kota. Mau tahu nggak nih, Kawanjo? Apa aja yang menjadi point lebih provinsi satu ini menjadi ibu kota baru? Nih simak bareng-bareng yuk!

1.      Minim Adanya Konflik Sosial

Jadi Ibu Kota Baru, Ini 5 Kelebihan Kalimantan Timur
Ibu Kota Negara Baru Kalimantan Timur bisa jadi destinasi wisata seru

Permasalahan konflik merupakan salah satu alasan mengapa ibu kota pindah ke Kalimantan Timur. Presiden Republik Indonesia mengatakan bahwa pemindahan ibu kota baru bukan hanya urusan infrastrukturnya, tetapi juga sosiologis dan sosio politiknya yang perlu ditekankan. Wilayah Kalimantan Timur sendiri memang tidak pernah terjadi konflik sosial yang serius meskipun masyarakatnya heterogen, yaitu berbaurnya berbagai macam suku dan agama.

Kota yang damai tanpa perselisihan itulah yang diharapkan pemerintah mengenai ibu kota baru. Hal tersebutlah yang menjadi keunggulan ibu kota baru saat ini. Kawanjo minat nggak nih berkunjung ke ibu kota baru? Mungkin sekedar melihat betapa damainya di sana nih.

2.      Infrastruktur Dinilai Cukup Lengkap

Jadi Ibu Kota Baru, Ini 5 Kelebihan Kalimantan Timur
Ibu Kota negara baru Indonesia juga diyakini punya banyak fasilitas keren kawanjo

Keunggulan lainnya dari ibu kota baru satu ini adalah kondisi infrastrukturnya sudah cukup lengkap. Mulai dari bandara Internasional, pelabuhan laut, dan tol. Letaknya pun cukup strategis di tengah lintasan tol Samarinda-Balikpapan. Hal tersebutlah yang membantu menghemat banyak biaya jika ingin bepergian bolak balik di sana. Infrastruktur tersebut sangat diperlukan apalagi akan ada banyak penghuni yang pindah ke ibu kota baru tersebut.

3.      Fasilitas Olahraga yang Memadai

Jadi Ibu Kota Baru, Ini 5 Kelebihan Kalimantan Timur
Banyak juga fasilitas olahraga di Ibu Kota Negara baru nih kawanjo

Kawanjo tahu nggak kalau di Kalimantan Timur juga memiliki 3 stadion Internasional loh?! Keren kan? Nah, beberapa stadion tersebut cocok untuk menggelar pertandingan berskala Internasional nih. Stadion tersebut diantaranya adalah Stadion Palaran, Samarinda. Stadion tersebut sudah beroperasi sejak tahun 2008, tepatnya saat Pekan Olahraga Nasional di Samarinda nih Kawanjo.

Lalu ada juga Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kutai Kartanegara yang sudah diresmikan sejak tahun 2011 dengan kapasitas 35.000 penonton, loh. Luas banget ya? Bahkan bisa juga nih dijadikan sebagai tempat acara-acara besar semasa pandemi ini. Kemudian, ada juga Stadion Batakan, Balikpapan yang berkapasitas 40.000 tempat duduk. Untuk desain stadion ini disebut mempunyai kemiripan dengan Stadion Emirates di London, loh.

4.      Dinilai Kurang adanya Bencana

Jadi Ibu Kota Baru, Ini 5 Kelebihan Kalimantan Timur
Secara geografis, IKN diyakini aman dari bencana

Seperti yang Kawanjo ketahui bahwa ibu kota sebelumnya dapat dikatakan rentan dengan berbagai bencana, yaitu banjir dan gempa. Hal inilah yang menjadi pertimbangan pemerintah untuk memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur karena dinyatakan minim adanya bencana alam. Namun meskipun begitu, menurut BMKG bahwa hal tersebut tidak menutup kemungkinan Kalimantan tidak sepenuhnya terbebas dari gempa. Tetapi hal tersebut juga tidak mematahkan niat presiden kita untuk memindahkan ibu kota secara resmi ke Kalimantan Timur.

5.      Ketersediaan Lahan yang Memadai

Jadi Ibu Kota Baru, Ini 5 Kelebihan Kalimantan Timur
Lahan yang sangat memadai di IKN

Hal terakhir yang menjadi keunggulan ibu kota baru adalah adanya ketersediaan lahan yang cukup memadai, yakni sekitar 68.000 hektar dan telah dilaporkan kepada pemerintah pusat. Namun, lahan tersebut masih bisa diperluas lagi, yakni ke arah wilayah timur dan juga barat. Perluasan tersebut memungkinkan mencapai sekitar 200 ribu hektar. Maka dari itu, rencana pemindahan ibu kota baru ini sangatlah tepat guna mewujudkan Indonesia maju.

Gimana nih Kawanjo? Sekarang sudah tahukan beberapa keunggulan dari ibu kota baru „Nusantara“. Dari ke-5 hal di atas Kawanjo bisa nih mikir-mikir buat merencanakan Nusantara sebagai salah satu kota wajib kunjung nih nantinya.

Yuk cek paket wisata menariknya di sini.

Baca Juga : 7 Curug di Bandung Raya dengan Keunikan Tersendiri

0 comments on “Jadi Ibu Kota Baru, Ini 5 Kelebihan Kalimantan Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published.