Rekomendasi kebun binatang
Local Experiences

5 Rekomendasi Kebun Binatang Terbaik di Indonesia

Kawanjo yang mau wisata di Kebun Binatang, wajib banget lihat daftar ini.

Indonesia dikenal sebagai negara dengan pilihan wisata yang sangat beragam. Mulai dari wisata alam, kota sampai kebun binatang semua lengkap ada di tanah air kita tercinta. Kebun binatang bahkan disebut-sebut sebagai salah satu destinasi wisata tertua di Indonesia. Sejarah mencatatkan kebun binatang pertama di Indonesia ada di kawasan Cikini, Jakarta, dan dibangun pertama kali pada tahun 1840an. Pada era itu seluruh Nusantara masih berada di bawah era kolonial Belanda.

BACA JUGA: Menurut Google Trend, Tahun 2021 Minat Pariwisata Indonesia Masih Tinggi

Dari waktu ke waktu Kebun Binatang di Indonesia semakin berkembang. Di jaman modern, kebun binatang punya berbagai fungsi, yaitu sebagai sarana edukasi, riset serta konservasi bagi hewan-hewan yang terancam punah. Sampai sekarang pula kebun binatang tetap menjadi pilihan favorit, khususnya bagi keluarga muda.

Membawa anak serta pasangan ke kebun binatang untuk piknik atau menghabiskan waktu libur hampir pasti pernah dilakukan keluarga-keluarga di Indonesia. Kini, Indonesia memiliki berbagai kebun binatang andalan. Beberapa di antaranya bahkan selalu ramai diserbu pengunjung baik dari dalam daerah mau pun tamu-tamu luar daerah sampai tentunya luar negeri.

Bagi Kawanjo yang penasaran kebun binatang apa saja yang menjadi rekomendasi liburan keluarga atau pun pribadi, yuk simak artikel ini sampai habis. Karena akan ada lima kebun binatang paling keren di Indonesia yang patut banget dikunjungi Kawanjo, berikut daftarnya:

  1. Bali Zoo Park
5 Rekomendasi Kebun Binatang Terbaik di Indonesia
Seorang anak melihat keindahan hewan di Bali Zoo Park

Lho, Bali punya Kebun Binatang? iya Kawanjo, pastinya tidak salah baca. Pulau Dewata pastinya bukan cuma soal pantai-panti menawan atau dan tempat bernuansa etnik, Bali punya Kebun Binatang, bahkan menjadi salah satu yang paling keren se-Indonesia. Bali Zoo Park berlokasi di Singapadu, Kabupaten Gianyar. Luas kebun binatang ini mencapai 12 hektare. Kawanjo dijamin puas berwisata di sini.

Bali Zoo Park saat ini sudah menjadi magnet wisata. Bagaimana tidak, Bali Zoo Park punya koleksi hewan lengkap, sampai-sampai yang langka seperti Jalak Bali sampai Singa Afrika ada di sini. Selain itu pengunjung Bali Zoo Park bisa merasakan sensasi sarapan bersama orangutan sampai berkeliling safari malam.

  1. Batu Secret Zoo
5 Rekomendasi Kebun Binatang Terbaik di Indonesia
Ramainya pengunjung Batu Secret Zoo

Di tengah suasana sejuk kota Batu di Jawa Timur, terdapat salah satu kebun binatang terbaik di tanah air, Batu Secret Zoo namanya. Kebun binatang yang berdiri sejak 2010 ini sudah menyabet beberapa penghargaan bergengsi. Salah satu paling membanggakan Batu Secret Zoo masuk daftar 10 besar kebun binatang terbaik se-Asia Tenggara.

Berbeda dengan kebun binatang lain di tanah air, Batu Secret Zoo dibagi beberapa bagian. Yang bikin Batu Secret Zoo makin menawan tentunya koleksi hewan peliharaannya. Mereka memiliki beberapa binatang langka. Bahkan, salah satunya yaitu tringgiling raksasa cuma ada di 3 kebun binatang di seluruh Asia Tenggara.

Batu Secret Zoo selalu menjadi pilihan wisata disebabkan, tempat ini bukan hanya kebun binatang. Di dalam sini terdapat lebih dari 20 wahana permainan anak-anak.

  1. Taman Safari
5 Rekomendasi Kebun Binatang Terbaik di Indonesia
Jerapah jadi salah satu koleksi Taman Safari Bogor

Terletak di kawasan Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Taman Safari adalah kebun binatang kelas dunia yang dimiliki Indonesia. Secara nasional, Taman Safari sudah pula diberikan penghargaan situs konservasi terbaik oleh Kementerian Kehutanan.

Tidak heran berbagai penghargaan hinggap di Taman Safari Bogor, kebun binatang ini punya koleksi hewan mencapai 2.500. Selain itu, daya tarik utama Taman Safari Bogor tentunya pengalaman berkendara di tengah kawasan kebun binatang di mana hewan-hewan dilepas liarkan.

  1. Kebun Binatang Rangunan
Habis lebaran liburan
Ragunan jadi idola habis lebaran.

Yang satu ini sudah jadi kebanggan Ibu Kota Jakarta. Ya, Kebun Binatang Ragunan yang terletak di Jakarta Selatan adalah salah satu destinasi wisata yang selalu diserbu pengunjung saat libur akhir pekan atau tanggal merah.

Kebun Binatang Ragunan memiliki luas mencapai 147 hektare. Ragunan pun sudah menjadi rumah bagi 295 spesies hewan dari seluruh dunia. Mau cari hewan jenis apa, semua ada di Ragunan.

Ragunan semakin membanggakan ketika mereka membangun Schmutzer Primate Centre. Tempat itu kini menjadi salah satu pusat koservasi hewan primata terbesar di Indonesia dan Asia.

  1. Taman Safari Indonesia 2
Bermain di Taman Safari Prigen
Taman Safari Prigen menjadi magnet wisata di Jawa Timur

Taman Safari Indonesia 2 atau orang mengenal dengan Taman Safari Prigen berlokasi di Kecamatan Prigen, Pasuran, Jawa Timur. Kebun Binatang ini merupakan salah satu paling luas di Asia. Berbagai jenis hewan seperti mamalia, unggas sampai reptil ada di Taman Safari Indonesia 2.

Tidak hanya menjadi tempat konservasi hewan, Taman Safari 2 punya berbagai objek wisata. Mulai dari advanture, animal show sampai taman hiburan anak ada di Taman Safari 2. Yang bikin lebih spesial lagi, karena berada di kaki Gunung Arjuno, Taman Safari 2 sangat sejuk yang pastinya membuat hewan sampai pengunjung nyaman berada di lingkungan kebun binatang.

Itu tadi lima kebun binatang terbaik di Indonesia. Ayo, jangan bingung Kawanjo mau ngetrip ke mana. Kalau punya waktu dan niat, yuk jajal kelima Kebun Binatang itu. Dijamin gak rugi dan pengalamannya pasti gak tergantikan.

Nah sekarang waktunya Kawanjo untuk lihat paket wisata menarik dari kami di sini. Ada banyak paket wisata dari berbagai tempat di tanah air. Jangan lupa dicek, ya.

BACA JUGA: 5 Makanan Khas Sawahlunto yang Wajib Kawanjo Cicipi, Dijamin Bikin Nagih

0 comments on “5 Rekomendasi Kebun Binatang Terbaik di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.