Wisata Alam Kalibiru Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta
Local Experiences

Yang Istimewa dari Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta 2023

Ke Yogyakarta ke situ-situ aja? Ada yang istimewa dari wisata alam Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta nih!

Dunia pariwisata di Yogyakarta terus berinovasi. Salah satunya ada di Kulonprogo. Salah satu kabupaten di Yogyakarta yang dianugerahi alam mempesona ini terus mengembangkan potensi alamnya dengan inovasi kreatif. Sebutlah, wisata alam Kalibiru Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta

Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo, Yogyakarta
Wisata alam Kalibiru Kulon Progo.

Bagian barat laut wilayah Kabupaten Kulon Progo merupakan wilayah pegunungan dengan nama Bukit Menoreh. Di sini dulunya merupakan kawasan hutan rakyat di ketinggian 450 mdpl. Kemudian, dengan sentuhan tangan kreatif, jadilah destinasi wisata menarik. Hingga akhirnya kini banyak orang yang mendatangi tempat ini untuk merasakan sensasi wisata unik.

Baca juga : Ternyaman, Ini 3 Sleeper Bus Jakarta-Yogyakarta!

Kalibiru adalah nama objek wisata alam di Kulon Progo ini. Kalibiru menggabungkan keindahan alam pegunungan dengan kebutuhan target wisatawan akan sensasi unik dan pengalaman rekreasi yang mengesankan.

Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo, Yogyakarta
Wisata Alam Kalibiru Kabupaten Kulon Progo

Di tempat ini pengunjung bisa melihat pemandangan hutan pegunungan, area pedesaan, dan waduk Sermo yang bisa dinikmati dari ketinggian 450 mdpl. Udara segar menjadi teman selama perjalanan mencapai puncak. Memberikan suplai oksigen pada badan. Untuk menambah daya tarik, disediakanlah beberapa ragam fasilitas yang bisa digunakan. Seperti menara pandang dan gardu pandang yang berbentuk rumah pohon.

baca juga : 3 Hidden Gem di Yogyakarta: Indah, Damai, dan Tenteram!

Bila dihadapkan pada keindahan alam, jiwa-jiwa haus foto akan terpanggil. Dengan memanfaatkan 5 spot untuk memandang sekitar dari ketinggian, foto bisa diambil dari tempat tinggi. Baik itu sendirian maupun bersama-sama.  Ada spot bundar, spot panggung, dan spot berbentuk love. Berpose di sini akan menghasilkan potret yang menarik, karena berlatar belakang pemandangan yang indah khas pegunungan Menoreh dan birunya waduk Sermo.

Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo, Yogyakarta
Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta

Bila ingin berfoto di spot-spot tambahan tadi, pengunjung harus membayar sewa. Cukup dengan biaya mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000. Meski berbayar, tak menyurutkan jumlah pengunjung yang ingin menggunakannya. Mereka rela antre untuk berpose di atas. Untungnya disediakan bangku untuk antre sambil menikmati pemandangan sekitar.

Baca Juga : 3 Homestay di Yogyakarta Dekat Malioboro, Buat Keluarga atau Pemburu Senja

Selain fasilitas berfoto, ada juga wahana untuk memacu adrenalin. Yaitu permainan outbound yang terdiri dari wooden bridge, spider web, serta flying fox dan sling fox yang berada di ketinggian 6 sampai 7 meter dari atas permukaan tanah. Untuk menikmati wahana outbound, cukup membayar Rp. 35.000 sudah termasuk biaya sewa peralatan keamanan. Seperti helm dan peralatan perlindungan tubuh lainnya.

Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo, Yogyakarta
Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo

Tak berhenti sampai di situ. Terdapat pula fasilitas pendukung untuk mereka yang ingin berlama-lama menikmati keindahan wisata alam Kalibiru. Terdapat 6 homestay dengan kapasitas 10 – 15 orang. Di sekitar area wisata juga terdapat penjual makanan mulai dari yang ringan sampai yang berat. Baik itu warung maupun cafe. Ada juga aula joglo yang bisa disewa untuk pertemuan,  toilet umum, free Wi-Fi area, serta mushola.

Baca Juga : Nyaman dan Murah, 6 Hotel Backpacker Yogyakarta Dekat Stasiun Tugu

Untuk menikmati segala keunikan wisata di ketinggian, silakan menuju ke Kalibiru Kulon Progo yang beralamatkan di Waduk Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo, Yogyakarta
rekomendasi Wisata alam di Yogyakarta

Letaknya sejauh kurang lebih 40 km dari pusat kota. Di entrance gate, pengunjung cukup membayar Rp. 5000 sebagai biaya partisipasi menjaga kebersihan dan kelestarian area wisata ini.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Hotel Unik di Yogyakarta untuk Honeymoon

Wisata alam Kalibiru, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan pengalaman mengesankan sekaligus memori indah yang tersimpan rapi dalam potret kamera. Keindahan alamnya bisa dinikmati dengan cara yang berbeda dan mengasyikkan.

Well, kamu bisa cari referensi wisata seru di Pigijo lho. Akan banyak banget lho paket wisata menarik yang menanti kamu semua. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Gunung Prau, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Semuanya ada di Pigijo!

0 comments on “Yang Istimewa dari Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.