Homestay di Yogyakarta dekat Malioboro
Local Experiences

3 Homestay di Yogyakarta Dekat Malioboro, Buat Keluarga atau Pemburu Senja

Bila Kawanjo pergi bersama keluarga, memilih homestay di Yogyakarta dekat Malioboro adalah pilihan paling tepat.

Belum lengkap di Yogyakarta tanpa bertandang ke Malioboro. Menyusuri poros imajiner jalanan ke keraton, dari tugu hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta tak cukup sekali datang. Saran terbaik untuk totalitas dalam mengeksplorasi adalah dengan menginap, tidak perlu keburu pulang. Bila Kawanjo pergi bersama keluarga, memilih homestay di Yogyakarta dekat Malioboro adalah pilihan paling tepat.

Homestay di Yogyakarta Dekat Malioboro
rekomendasi Homestay di Yogyakarta

Di Malioboro banyak sekali aktivitas wisata yang bisa dicoba. Mulai dari sekedar jalan santai sambil menikmati riuhnya kota pelajar hingga mengapresiasi karya para seniman dan budayawan. Apalagi penggemar belanja, Malioboro yang mengapresiasi pelaku usaha untuk menggelar produknya, bisa jadi sarana untuk berburu. Mulai dari kulineran hingga untuk menambah barang koleksi dan mencari cinderamata.

Maka dari itulah, menjelajahinya tak bisa hanya dengan sekali datang. Apalagi bila datang ke kota gudeg ini untuk mengunjungi tempat lain. Wisata di Yogyakarta terkenal beragam dan kesemuanya sayang untuk dilewatkan. Coba pilih beberapa, diskusikan dengan anggota lainnya. Mana yang sesuai dengan keinginan untuk dikunjungi. Lalu buatlah itirenary trip dengan tenang, di homestay Malioboro pilihan Kawanjo. Maka, berada di Yogyakarta meskipun berhari – hari akan lebih efektif dan efisien dengan panduan yang telah disepakati.

Baca juga : 6 Rekomendasi Hotel Unik di Yogyakarta untuk Honeymoon

3 Homestay di Yogyakarta Dekat Malioboro 

Homestay di Yogyakarta Dekat Malioboro
Homestay di Yogyakarta dekat Malioboro

Memang benar. Bila Kawanjo berwisata bersama keluarga, sangat disarankan untuk menginap di homestay dekat Malioboro Yogyakarta. Homestay atau guest house memberikan sensasi lebih ramah dan nyaman seperti menginap di rumah sendiri. Beberapa homestay bahkan menyertakan fasilitas mesin cuci dan dapur yang bisa dipakai pengunjung. 

Dengan memilih lokasi di dekat Malioboro, hal ini juga tepat Sebab keberadaan inti kota Yogyakarta ini bisa mempermudah akses Kawanjo bila ingin menuju ke tempat – tempat penting lainnya di pusat kota. Apalagi dengan pertimbangan biaya menyewa homestay yang lebih murah bila dibandingkan dengan harus menyewa 2 – 3 kamar di hotel untuk semua anggota keluarga.

Berikut rekomendasi homestay di Yogyakarta dekat Malioboro:

  1. Handida Homestay 
Handida Homestay di yogyakarta
Handida Homestay di yogyakarta

Homestay di Yogyakarta Dekat Malioboro yang pertama addalah Handida homestay berada di Jl. Bumijo. Tepatnya di sebelah tugu Yogyakarta. Bila hendak mengunjungi jalan Malioboro cukup berjalan kaki menempuh jarak 1 km. 

Homestay ini sebenarnya terdiri dari 2 unit dengan nama Melati dan Flamboyan. Keduanya bisa disewa sekaligus dengan connecting door yang bisa dibuka. Bisa pula disewa per rumah atau per unit.

Handida Melati menawarkan 3 kamar tidur yang semuanya dilengkapi dengan extra bed dan kamar mandi dalam. Unit ini cukup menampung 8 hingga 10 orang. Dua kamar yang terletak di lantai bawah, dilengkapi dengan AC. Sedangkan 1 kamar sisanya ada di lantai atas, memiliki kipas angin.

Baca juga : Bikin Nagih, 6 Wisata Kekinian di Sleman Yogyakarta

Di unit melati terdapat mesin cuci dan dapur dengan peralatan masak serta makan. Sehingga cocok sekali bila Kawanjo menghendaki menginap dalam waktu yang lama. Satu lagi yang spesial adalah balkon di lantai atas. Dimana Kawanjo bisa menikmati langit sunrise atau sunset. Tentunya sambil ngobrol santai ditemani minuman dan makanan kesukaan keluarga. 

Homestay di Yogyakarta Handida Homestay
Homestay di Yogyakarta Handida Homestay

Sedangkan di unit satunya yaitu flamboyan, terdapat 3 kamar.  Kesemuanya ada di lantai yang sama. Dua kamar menggunakan AC sedangkan satu lagi terdapat kipas angin di dalamnya. Ketiga kamar ini juga dilengkapi dengan extra bed yang muat hingga 4 orang, TV layar datar, kamar mandi dalam, lemari, dan kursi untuk bersantai.

Harga unit melati di Handida Homestay adalah Rp. 550.000, sedangkan unit flamboyan yaitu Rp. 650.000. Bila menghendaki keduanya, cukup membayar Rp. 1.100.000. Namun harga – harga ini akan berubah bila Kawanjo menginap saat hari libur nasional maupun sekolah. 

Yang juga membuat Handida Homestay spesial adalah lokasinya dekat dengan warung Lupis Mbah Satinem. Kuliner ini menjadi terkenal sebab pernah diulas di salah satu episode street food di Netflix pada tahun 2019. Hanya berjarak 300 meter saja, Kawanjo bisa merasakan rasa manis yang khas. Cocok untuk kudapan di pagi hari. Kalau mau ke Malioboro juga sebenarnya bisa jalan kaki karena hanya 1 km dari guest house.

Baca juga : Kuliner Sehat Legendaris Yogyakarta, Tak Hanya Lezat Namun juga Bermanfaat

  1. Kangen Yogya Homestay Malioboro
Kangen Yogya Homestay Malioboro
Kangen Yogya Homestay Malioboro

Homestay di Yogyakarta Dekat Malioboro selanjutnya adalah Kangen Yogya Homestay Malioboro yang berjarak  660 meter dari Malioboro. Cukup berjalan kaki selama 3 menit. 

Homestay ini menawarkan 12 kamar dengan masing – masing memiliki AC dan kamar mandi pribadi. Di setiap kamar juga terdapat TV layar datar dengan multi-saluran satelit di setiap unit. Kangen Yogya juga memiliki parkir mobil gratis untuk para pengunjung yang dijamin keamanannya. Tak lupa dan yang paling vital adalah adanya WiFi di sini yang juga mudah diakses oleh pengunjung.

Beralamatkan di Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55271 Sosromenduran RT 29 / RW 07 Gedong Tengen Yogyakarta, Kangen Yogya Homestay dekat dengan banyak objek wisata di Yogyakarta yang menarik. Seperti museum Sonobudoyo yang berjarak 950 meter, Adipura Monument Park 500 meter, Benteng Vredeburg 700 meter, serta Gedung Agung Yogyakarta 800 meter. Bila ingin lebih jauh lagi ada Tugu Yogyakarta dengan jarak 3,8 km serta  Candi Prambanan 19 km. Kawanjo bisa bertanya langsung pada resepsionis untuk membantu menjelajahi daerah sekitar.

Baca juga : Paket tour 1 hari Yogyakarta

  1. Sunjava Homestay 
Homestay di Yogyakarta Dekat Malioboro Sunjava Homestay
Homestay di Yogyakarta Dekat Malioboro Sunjava Homestay

Para pemburu senja harus merapat ke sini bila menghendaki homestay di Yogyakarta dekat Malioboro.  Namanya Sunjava Homestay yang berjarak hanya 1,5 km dari sebelah barat Malioboro. Tepatnya beralamatkan di jalan Pakuncen.

Homestay ini memiliki 2 unit yang diberi nama Sunjava Sunrise di sebelah timur dan Sunjava Sunset di arah sebaliknya. Dilengkapi dengan parkir yang muat untuk 4 mobil,  keduanya bisa dipesan per unit maupun langsung keduanya. Biaya per unit adalah Rp. 650.000 per malam. Dan bila menyewa keduanya maka biaya sewa menjadi Rp. 1.300.000.

Unit Sunjava Sunrise di sebelah timur memiliki 4 kamar tidur dengan AC dan extra bed. Cukuplah untuk 8 – 12 orang. Dua kamar tidur berada di lantai bawah dan dua sisanya berada di lantai atas.

Lantai bawah rumah timur ini merupakan living room yang menyatu dengan dining room. Selain itu, terdapat juga dapur yang menyediakan peralatan masak lengkap. Mengangkat style matahari terbit, interiornya didominasi warna kuning yang cerah. Sedangkan di lantai atas, Kawanjo dan keluarga bisa bersantai sambil menunggu matahari terbit. Dekorasinya dibuat lebih santai dengan bean bag dan deretan kursi menghadap ke area terbuka. Jika ingin selonjoran juga ide yang asyik. Sebab disediakan pula karpet empuk nan bersih dan TV LCD.

Kurang lebih sama, di rumah barat juga memiliki fasilitas seperti rumah timur. Hanya saja karena beda nama, pemilihan warna interiornya adalah oranye sesuai warna sunset. Lantai dua pun sama, hanya suguhan lukisan Tuhan yang bisa dinikmati lah yang membedakan. Di rumah barat Kawanjo bisa menatap sunset dengan tenang, sembari menunggu datangnya inspirasi melalui secangkir kopi yang menemani. 

Baca juga : Paket Tour Heritage Yogyakarta 2D1N

Bila ingin kulineran, Kawanjo tak usah khawatir. Di dekat Sunjava Homestay terdapat banyak sekali warung makan  yang menawarkan kuliner khas Yogyakarta. Seperti gudeg dan bakmie. Beberapa toko oleh – oleh juga tersebar di sekeliling homestay. 

Begitu juga dengan destinasi wisata di Yogyakarta. Banyak yang bisa dicapai dalam waktu singkat bila Kawanjo menginap di Sunjava Homestay. Malioboro pastinya,   Keraton dan tugu Yogyakarta juga. Ada pula tugu Titik Nol Kilometer Jogja, Taman Pintar, dan  Alun-alun Kidul.

Memilih menyewa homestay di Yogyakarta dekat Malioboro adalah pilihan tepat. Sebab perjalanan wisata Yogyakarta tak lengkap bila tidak ke Malioboro. Dan kesemuanya tak bisa dilakukan cepat – cepat. Butuh beberapa hari untuk mencapai kepuasan berlibur di Yogya. Nah, homestay lah solusi bagi Kawanjo yang barangkali datang dengan keluarga.

Baca juga : Paket Wisata Kalibiru Yogyakarta (Trek Sedang A)

0 comments on “3 Homestay di Yogyakarta Dekat Malioboro, Buat Keluarga atau Pemburu Senja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.