Wisata Pulau Bawean Gresik
Local Experiences

6 Wisata Pulau Bawean Gresik, Ada Danau Magis!

pesona wisata pulau Bawean Gresik menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan tempat rekreasi favorit. Simak yuk!

Kota Gresik punya tempat wisata  menyenangkan. Pulau Bawean namanya, yang cocok jadi tempat liburan. Siap membuat hati tertawan. Pikiran jadi tenang, hati semakin senang. Yuk, bergegas, wisata pulau Bawean Gresik bisa jadi tujuan yang akan datang!

Fakta Pulau Bawean

Wisata Pulau Bawean Gresik
Wisata Pulau Bawean Gresik

Dikepung oleh laut Jawa, pulau Bawean berada di utara kabupaten Gresik. Jaraknya sekitar 120 km. Pulau ini terbagi menjadi dua kecamatan yaitu Sangkapura dan  Tambak. Dimana lebih dari 100 ribu jiwa hidup, dengan latar belakang budaya suku Bawean sebagai mayoritas. Serta perpaduan beberapa suku dari Jawa, Madura, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatra

Bahasa pulau Bawean mirip dengan bahasa Madura. Namanya bahasa Bawean. Bahasa khusus ini sebenarnya merupakan turunan dari bahasa Madura yang telah tercampur dengan bahasa Jawa, Inggris, dan Melayu. Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang bekerja di Malaysia dan Singapura. Bahasa Bawean sendiri memiliki beragam dialek dan berbeda dengan bahasa Madura aslinya. 

Baca juga : 3 Oleh-Oleh Khas Gresik Yang Punya Cita Rasa Manis

Pulau Bawean juga disebut dengan putri. Sebab pertama adalah mitologi yang ada tentang putri keluarga Campa. Dalam legenda tersebut, diceritakan bahwa putri Campa akan menikah dengan seorang pemuda dari Jawa. Saat rombongan dalam perjalanan, mereka beristirahat di pulau Bawean dikarenakan sang putri sakit. Hingga akhirnya maut merenggut nyawa sang putri dan seketika jasadnya dimakamkab di pulau ini. Sampai sekarang makamnya masih ada di desa Kumalasa. Masyarakat mengenalnya sebagai makam jujuk Campa, dan untuk menghormati putri Campa, pulau Bawean juga disebut sebagai pulau Bawean. 

Sebab kedua pulau Bawean berjuluk pulau putri adalah banyaknya lelaki muda yang merantau ke luar pulau. Sehingga masyarakat yang tersisa didomisili oleh kaum wanita atau putri.

Wisata Pulau Bawean

Dengan luas 197 km persegi, pulau Bawean mampu menjadi magnet kunjungan wisatawan. Sebab pesona pulau Bawean menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi favorit. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini:

  1. Danau Kastoba
Wisata Pulau Bawean Danau Kastoba
Wisata Pulau Bawean Danau Kastoba

Terletak di tengah pulau Bawean, danau ini bisa ditemui setelah Kawanjo menempuh perjalanan dengan medan menanjak lewat perkampungan warga sambil naik kendaraan bermotor. Kemudian masih harus berjalan kaki sejauh 500 meter selama kurang lebih 30 menit.

Danau Kastoba dikelilingi nuansa magis yang membuat perairan ini tidak bisa dipakai untuk berenang, berkeliling, maupun bermain air. Bila dilanggar akan terjadi sesuatu yang buruk, sesuai kepercayaan masyarakat sekitar. Namun hal ini tidak mengurangi pesona danau Kastoba. Menikmati airnya yang hijau kegelapan dipadu dengan nuansa pepohonan hijau yang rindang rasanya cukup untuk menghilangkan kepenatan.

Baca juga : 6 Wisata Mangrove yang Bikin Feed Instagrammu Keren!

  1. Pulau Noko
Pulau Noko
Pulau Noko

Pulau kedua di Bawean ini memiliki pesona tersendiri. Selain daratannya yang menyajikan pasir putih nan bersih, ternyata dasar lautnya memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Tak perlu ke Raja Ampat bila ingin snorkeling melihat gugusan karang dan bunga karang yang masih aktif. Ditambah dengan ikan warna – warni yang mengelilingi karang. 

  1. Air terjun laccar
Wisata Pulau Bawean Gresik Air terjun laccar
Wisata Pulau Bawean Gresik Air terjun laccar

Berlokasi di kawasan Desa Kebun Teluk Dalam, kecamatan Sangkapurah, air terjun Laccar merupakan satu – satunya terjun di pulau Bawean.

Tingginya mencapai 25 meter, dengan lanskap tebing dan pemandangan alam yang asri. Bermain air di kolam penampungan air terjun pasti mengasyikkan.

  1. Pulau Gili
Wisata Pulau Bawean Gresik Pulau Gili
Wisata Pulau Bawean Gresik Pulau Gili

Pulau berikutnya di kawasan Bawean adalah Gili. Terkenal juga dengan sebutan pantai Gili, pasir di sini sangatlah putih bersih. Untuk sampai di sini, harus menyebrang menggunakan perahu.

Baca juga : 6 Alasan Wisata di Pulau Payung Kepulauan Seribu

  1. Pantai Ria
Wisata Pulau Bawean Gresik Pantai Ria
Wisata Pulau Bawean Gresik Pantai Ria

Satu lagi wisata pulau Bawean adalah pantai Ria. Dari tempat ini bisa dilihat pemandangan indah. Jajaran karang hitam yang berdampingan dengan pasir putih bersih.

  1. Penangkaran Rusa
Wisata Pulau Bawean Gresik Penangkaran Rusa
Wisata Pulau Bawean Gresik Penangkaran Rusa

Nah, ini dia yang khas. Pulau Bawean memang memiliki satwa endemik berupa hewan rusa. Di Indonesia, rusa bawean adalah jenis hewan yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 106 Tahun 2018.  Bahkan Lembaga Konservasi Dunia [IUCN] menetapkan rusa bawean dalam status Critically Endangered atau jumlahnya dalam kondisi Kritis.

Pengunjung pulau Bawean dilarang memberikan sembarang makanan. Dan pastinya tidak diperbolehkan mengganggu gerak gerik mereka yang sangat pemalu dan tidak menyukai keberadaan manusia. 

Cukup mengamati dari jauh atau bila ingin memotret, dipersilakan. Itulah aktivitas yang bisa dilakukan bersama hewan khas Bawean ini.

Baca juga : 7 Makanan Fermentasi Tradisional Khas Indonesia Sudah Lezat, Sehat lagi

Perjalanan ke Pulau Bawean

Bila hendak berwisata ke pulau Bawean, bisa menempuh perjalanan laut dari Pelabuhan Gresik dan Paciran Kabupaten Lamongan. 

Ada beberapa pilihan kapal dengan harga berbeda. Diantaranya, kapal Bahari Ekspres 8E dengan tiket seharga Rp 146.500 untuk kelas eksekutif dan Rp162.500 untuk VIP. Jadwalnya dari Gresik ke Bawean di hari Selasa, Kamis, Minggu pukul 09.00 WIB. Sedangkan dari Bawean ke Gresik di Sabtu, Senin, Rabu pukul 09.00.

Pilihan kedua adalah Kapal Gili Iyang. Dengan tarif dewasa Rp. 76.000, Anak Rp. 59.000, Penumpang & Motor Rp. 95.000. Kapal Gili ini memiliki dua titik pemberangkatan yaitu Gresik dan Lamongan. Rute Gresik – Bawean buka pada Jumat pukul 21.00  dan Bawean – Gresik pada Jumat pukul 09.00. Sedangkan rute Paciran – Bawean pada hari Rabu atau Minggu pukul 21.00 sedangkan Bawean- Paciran : Sabtu, Senin (21.00 WIB)

Pilihan jalur laut ketiga adalah dengan Kapal Natuna Ekspres seharga Rp. 146.000 untuk kelas Eksekutif  dan Rp.162.500 kelas VIP. Adapun jalur dari Gresik ke Bawean dibuka pada hari Senin, Rabu, Sabtu pukul 09.00. Sedangkan dari Bawean ke Gresik pada hari Selasa, Kamis, Minggu pukul 09.00.

Bila ingin menggunakan moda transportasi udara, bisa memilih Pesawat Susi Air setiap Rabu, Kamis, Jumat. Harga tiket untuk Surabaya – Bawean adalah Rp. 342.500 sedangkan Bawean – Surabaya adalah Rp.269.200..

Baca juga : Paket trip pulau Bawean

Pulau Bawean sudah menjadi ikon kota Gresik. Tak salah memang, sebab pesona alam di sana membuat wisata pulau Bawean menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan penat.

0 comments on “6 Wisata Pulau Bawean Gresik, Ada Danau Magis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.