3 Oleh-Oleh Khas Gresik Yang Punya Cita Rasa Manis
Local Experiences

3 Oleh-Oleh Khas Gresik Yang Punya Cita Rasa Manis

Berkunjung ke suatu tempat pasti wajib banget cobain oleh-olehnya nih, apalagi buat kamu pecinta rasa manis.

Bukan hanya wisata religinya yang bisa kita nikmati di Gresik tetapi juga ada oleh-oleh dengan cita rasa manis untuk Kawanjo pecinta jajanan manis ini nih.  Bukan hanya makanan beratnya seperti nasi Krawu tetapi jajanannya juga cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh nih. Pokoknya wajib banget untuk Kawanjo cobain ketika berkunjung ke Gresik ya. Rasanya dijamin bikin Kawanjo yang awalnya nggak suka manis jadi pengen terus ngemil jajanan ini.

Baca juga: Cara Aman Menjaga Barang Bawaan Saat Menggunakan Kereta Api

Udah penasaran belum? Yuk langsung aja karena Pigijo udah bikin list oleh-oleh khas Gresik dengan cita rasa manis menggoda untuk Kawanjo, loh.

1. Jenang Jubung

3 Oleh-Oleh Khas Gresik Yang Punya Cita Rasa Manis
Rasa dan bentuk yang unik dari jenang jebung

Jajanan satu ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Gresik yang memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan jenang pada umumnya. Proses pembuatannya juga tidak mudah loh, Kawanjo. Teksturnya di dalam mulut cenderung kenyal dan lembut dengan cita rasa gurih dan juga manis. Jenang jubung ini berbahan dasar ketan hitam yang direndam selama kurang lebih 4 jam lalu dikeringkan dan digiling hingga membentuk tepung ketan hitam.

Lalu dicampur dengan gula dan santan. Setelah itu dicetak di atas pelepah pinang kering yang menjadi cetakan alami khas Jenang Jubung ini. Tak lupa juga bahwa ada taburan biji wijen di atasnya yang menjadikannya unik.

2. Jenang Ayas

3 Oleh-Oleh Khas Gresik Yang Punya Cita Rasa Manis
Warna-warni dari jenang ayas yang menggugah lidah

Selain Jenang Jubung, ada juga Jenang Ayas yang merupakan jajanan khas jenang pada umumnya dengan tepung ketan putih sebagai bahan dasarnya. Jajanan satu ini diproduksi dengan berbagai warna yang memikat para pembeli tetapi tenang aja nih Kawanjo karena warna-warna tersebut terbuat dari pewarna alami yang tentunya sehat dan lezat. Bentuknya yang sama dengan dodol ini tetap memiliki wijen di atasnya sebagai ciri khas Jenang.

Rasanya yang manis dan gurih dari tepung ketan membuat jajanan satu ini digemari oleh berbagai kalangan loh, Kawanjo. Ketika berkunjung ke Gresik Kawanjo wajib banget cobain jajanan manis nan kenyal satu ini yah.

3. Pudak

3 Oleh-Oleh Khas Gresik Yang Punya Cita Rasa Manis
Rasa manis dari pudak yang mengenyangkan

Jajanan terakhir ada Pudak yang juga sebagai salah oleh-oleh khas Gresik yang wajib banget Kawanjo cobain. Pudak dengan bahan dasar tepung beras yang dicampur gula pasir/gula jawa dan santan kelapa. Pudak juga ada yang berbahan dasar dari sagu loh, Kawanjo. Yang dikenal dengan nama Pudak Sagu. jajanan satu ini memiliki kandungan kalori yang tinggi dan mengenyangkan. Bahkan makan satu buah pudak saja Kawanjo pasti sudah kenyang loh.

Jajanan yang dibungkus dengan pelepah pinang ini memiliki berbagai varian. Dulu variannya hanya 3 tetapi seiring perkembangan jaman. Masyarakat mengkreasikan varian rasa yang ada, seperti pudak pandan yang memiliki cita rasa pandan. Konon jajanan ini dibuat karena  sesuai kebutuhan masyarakat Gresik yang pada saat itu merupakan pedagang dan sering bepergian jauh.

Nah, itulah 3 jajanan khas Gresik yang bisa banget Kawanjo cobain ketika berkunjung ke sana ya. Kalau Kawanjo berminat mencoba liburan menarik bareng Pigijo, bisa banget dicek di sini ya. Selamat mencoba!

Baca Juga : Coffee Shop Bak Galeri Seni di Surabaya

Penulis Oleh: Sadhwi Nittya Suksma

0 comments on “3 Oleh-Oleh Khas Gresik Yang Punya Cita Rasa Manis

Leave a Reply

Your email address will not be published.