Wisata Bali Safari and Marine Park Gianyar
Local Experiences

Wisata Bali Safari and Marine Park Gianyar, Nonton Hewan Liar dan Belajar Main Gamelan

Berencana liburan lagi di pulau Bali? Kali ini yuk coba wisata Bali Safari and Marine Park Gianyar.

Berencana liburan lagi di pulau Bali? Kali ini yuk coba wisata Bali Safari and Marine Park Gianyar. Melihat hewan berlarian bebas di alam terbuka dengan pemandangan alam yang menonjolkan budaya pulau Dewata. Ditambah beberapa atraksi menarik para satwa yang tak bisa dilewatkan. Mengajak keluarga rekreasi bersama di sini, kebahagiaanlah yang terbawa sampai balik ke rumah lagi.

Bali Safari and Marine Park (BSMP) adalah tempat wisata keluarga berwawasan lingkungan dan kebudayaan Bali. Objek wisata alam di Bali ini menampilkan perpaduan mesra antara konservasi alam dengan ekosistem khas masyarakat pulau Dewata. Bali Safari and Marine Park memberikan pengalaman wisata tak terlupa dengan bersafari dimulai dari daerah Bali modern, lalu ke kehidupan Bali Kuno dengan berbagai mitos, ajaran filosofis, serta sejarah yang berkaitan dengan kehidupan liar. Jadi, selain bisa melihat dan berinteraksi dengan satwa,  Kawanjo juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan tentang dunia flora fauna serta kebudayaan.

Baca Juga : Cirebon Rasa Bali, Cobain Wisata Kampung Sabin!

Lokasi Bali Safari and Marine Park Gianyar 

Lokasi Bali Safari and Marine Park Gianyar
Lokasi Bali Safari and Marine Park Gianyar

Tempat wisata di Bali yang populer ini memang sudah menyedot perhatian banyak pengunjung. Karena jenis wisata edukasi alam yang bisa memantik rasa bahagia selalu menarik untuk dikunjungi. Apalagi bila bisa menonton langsung tingkah polah satwa yang lucu di habitat aslinya. Sekaligus menyaksikan kemegahan budaya pulau Dewata. 

Bali Safari and Marine Park layak untuk masuk ke daftar rencana liburan. Lokasinya tak sulit digapai. Tepatnya di Desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Dari bandara Ngurah Rai hanya 35 km dan memakan waktu 56 menit. 

Penghargaan yang diterima Wisata Bali Safari and Marine Park Gianyar 

Taman safari yang berdiri sejak tahun 2017 ini ternyata telah mengantongi beberapa penghargaan. Di antaranya Cipta Award 2012 untuk kategori Pengelolaan Daya Tarik Wisata Buatan Berwawasan Lingkungan Tingkat Nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Lalu mendapatkan penghargaan Indonesia Leading Theme Park dari Indonesia Travel and Tourism Awards (ITTA) 2012/2013. Satu lagi adalah gelar Best Tourist Attraction dari Best of Bali Awards 2012 dan Certificate of Excellence 2013 dari TripAdvisor. Keren!

Aktivitas Wisata Bali Safari and Marine Park Gianyar 

Aktivitas Wisata Bali Safari and Marine Park Gianyar
Aktivitas Wisata Bali Safari and Marine Park Gianyar

Tak salah bila menjadikan taman safari di Bali ini sebagai tujuan wisata terbaik bulan ini. Di sini Kawanjo bisa melakukan banyak aktivitas menarik. Yaitu:

  1. Melihat berbagai macam hewan 
Wisata Bali Safari and Marine Park Gianyar
Wisata Bali Safari and Marine Park Gianyar

Wisata Bali Safari and Marine Park Gianyar memiliki koleksi satwa dari tiga wilayah (Indonesia, India, dan Afrika). Tempat ini menjadi tempat penangkaran hewan endemik atau rawan punah di Indonesia serta beberapa negara tetangga. Jadi, di sini tak hanya ada hewan yang ada di kebun binatang lainnya. Namun juga hewan yang hampir punah. 

Ada 80 koleksi dan 40 spesimen hewan yang ada di sini. Antara lain adalah harimau Sumatra, singa rusa tutul, beruang Himalaya, jalak putih, burung hantu, beruang madu, buaya, kuda nil, zebra, onta punuk satu, burung unta, babbon, dan lainnya. Kawanjo bisa memberi makanan kepada satwa-satwa, bersentuhan secara langsung dengan mereka yang terlatih.

  1. Menonton aksi satwa

Kawanjo bisa menikmati atraksi satwa atau animals education and conservation show. Seperti atraksi mandi gajah di taman Ganesha. Taman ini sendiri  memiliki patung setinggi 9 meter yang menjadi pintu masuk ke Bali Theater. 

Terdapat juga Harimau Show-From Predator to Prey. Sebuah pertunjukan tentang cara harimau berburu di alam liar. Kawanjo akan dibuat kagum dengan polah harimau yang berada di kolam kaca besar.

Baca Juga :

  1. Menikmati Alam dan Budaya Bali 

Landskap Taman Safari Gianyar Bali ditata sedemikian rupa supaya bisa menyerupai habitat asli para hewan. Sehingga mereka bisa hidup tanpa beban dalam kurungan. Kelebihan dari sebuah konservasi adalah di Bali Safari and Marine Park terdapat petugas yang merawat dan melatih para hewan. Sehingga ancaman kepunahan karena rantai makanan bisa ditekan.

Ciri khas tempat wisata di Gianyar Bali ini adalah menggunakan budaya Bali dalam penataan lingkungan dan sistemnya.  Rekaan alam tempat hidup hewan ini bertema adat dan budaya Bali. Bahkan dalam wisata ini juga terdapat pemandian air suci bernama Tirta Sulasih. 

Untuk mengelilingi kawasan objek wisata ini, Kawanjo tak perlu mengendarai mobil pribadi seperti di taman safari lainnya. Sebab sudah disediakan tram, sejenis bus yang didesain bertema rimba. Terdapat  pemandu wisata yang akan menemani selama menjelajahi kawasan.

Menariknya, Kawanjo juga bisa berkeliling sampai malam. Menonton kehidupan hutan saat gelap datang.

  1. Menyaksikan Pertunjukan Budaya
Menyaksikan Pertunjukan Budaya Wisata Bali Safari
Menyaksikan Pertunjukan Budaya Wisata Bali Safari

Uniknya, di wisata Bali Safari and Marine Park Gianyar ini mengadakan kelas belajar menari Bali dan memainkan gamelan Bali. Tempatnya ada di Bale Banjar. Kawanjo bisa melihat atau bahkan ikut berlatih menari atau main gamelan. 

Di setiap pukul 14.30, Kawanjo bisa  menonton pertunjukan Bali Agung Show. Sebuah pertunjukan sendratari Bali yang mengangkat kehidupan khas pulau Dewata yang penuh magis. Dengan tata panggung yang megah dan alunan musik khas Bali, pertunjukan ini  berlangsung kurang lebih selama 1 jam. Bila ingin menyaksikan, Kawanjo bisa membeli tiket terlebih dahulu di tempat yang tersedia.

  1. Bermain di Waterpark dan Funzone serta berbelanja oleh-oleh 

Sebagai pamungkas, Kawanjo bisa menutup kunjungan ke taman safari Bali dengan relaxing di kolam renang dan funzone. Kebahagiaan anak-anak akan semakin tebal dengan memberikan mereka kesempatan bermain dengan wahana yang tersedia. 

Tiket Masuk Wisata Bali Safari and Marine Park Gianyar 
Tiket Masuk Wisata Bali Safari and Marine Park Gianyar
Tiket Masuk Wisata Bali Safari and Marine Park Gianyar

Untuk mendapatkan segala kegiatan yang akan membuat pengalaman wisata yang mengesankan, Kawanjo bisa membayarnya dengan tiket masuk. Untuk pengunjung dewasa  berusia diatas 12 tahun dikenakan harga tiket sebesar Rp 220.000 per orang. Sedangkan anak-anak yang berusia 3-12 tahun harga tiketnya adalah Rp 145.000,- per orang. Kawanjo bisa membayar lebih di beberapa zona tambahan.

Wisata Bali Safari and Marine Park Gianyar bisa dipilih untuk rencana liburan bersama keluarga atau orang tersayang. Kawanjo akan puas menonton dan berinteraksi dengan hewan di habitat (mirip) asli. Menariknya, kawasan ini kental dengan budaya Bali. Bahkan Kawanjo bisa juga menyaksikan pertunjukan budaya pulau Dewata yang terkenal mempesona.

0 comments on “Wisata Bali Safari and Marine Park Gianyar, Nonton Hewan Liar dan Belajar Main Gamelan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.