Wisata Lumpur Lapindo Porong
Local Experiences

Wisata Lumpur Lapindo Porong 2023, Main Jet Ski dan Menyusuri Hutan Mangrove

Indonesia Dark Tourism salah satunya ada di Kota Sidoarjo. Yuk cari tahu tentang Wisata Lumpur Lapindo Porong.

Indonesia Dark Tourism salah satunya ada di Kota Sidoarjo. Apalagi jika bukan Wisata lumpur Lapindo Porong. Jenis tempat rekreasi yang berdiri di lokasi atau dekat kejadian sebuah bencana, memiliki daya pikat tersendiri. Hal ini menjadi hasil kreativitas masyarakat untuk mengemas empati dan perhatian atas musibah yang pernah terjadi. Sekaligus guna menghapus kesedihan dan menghimpun semangat untuk bangun kembali.

Bencana Lumpur Lapindo

Wisata Lumpur Lapindo Porong
Lumpur Lapindo

Sidoarjo identik dengan peristiwa Lapindo. Yaitu menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran pabrik Lapindo Brantas Inc. di Dusun Balongnongo Desa Renokenongo dan Desa Jatirejo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Hal ini terjadi sejak tanggal 29 Mei 2006 hingga kini dan menyebabkan hilangnya permukiman di sekitarnya.

Total ada 16 desa di 3 kecamatan telah tenggelam di lautan lumpur panas. Termasuk seluruh infrastruktur penting di dalamnya. Persawahan dan lahan produktif, sarana pendidikan, kantor pemerintahan, pabrik-pabrik, dan lainnya ikut terdampak. Sehingga kehidupan sosial dan ekonomi di Sidoarjo dan Jawa Timur terganggu.

Baca juga : Wisata Perahu Kalimas Surabaya, Bersantai Menikmati Panorama Kota

Masyarakat adalah korban utama. Mereka kehilangan sumber kehidupan dan tempat tinggal. Pemerintah dan PT Lapindo sejak awal memang telah berusaha memperbaiki keadaan. Namun sampai sekarang kondisi masih belum bisa pulih kembali. Larut dalam kesedihan bukanlah solusi tepat. Maka dari itu, upaya untuk bangkit terus dilakukan. Salah satunya adalah menciptakan tempat wisata sebagai upaya mengenang kepedihan dan memberi dukungan moril bagi warga yang terdampak.

Wisata Lumpur Lapindo Porong

Wisata Lumpur Lapindo Porong
Wisata Lumpur Lapindo Porong

Berkat kreativitas sejumlah warga, nuansa kesedihan perlahan tergantikan dengan optimisme melalui beberapa spot yang ramai dikunjungi orang. Tak hanya masyarakat sekitar, banyak orang dari luar Sidoarjo yang sengaja datang untuk menyaksikan langsung fenomena lumpur yang menyembur di tengah lautan tak biasa.

Memang, tempat ini tak seindah tujuan wisata lainnya. Namun datang ke sini menjadi penawar rasa penasaran tentang fenomena alam yang tidak ada duanya ini. Guna menambah daya tarik, ditambahkan lah patung-patung berbentuk manusia dengan beragam pose di area yang telah mengering. Sebagai perlambang banyaknya korban bencana lumpur Lapindo memendam kepiluan. 

Terdapat pula kerangka atap pabrik yang memberi kesan betapa ganasnya bencana yang melanda daerah ini. Pengunjung juga bisa menyaksikan tugu janji palsu sebagai media ekspresi bagi para korban yang menuntut ganti rugi. Bila senja tiba, pemandangan di sini nampak luar biasa. Pancaran sinar matahari sore menimpa lumpur yang menggenang. 

Harga Tiket Wisata Lumpur Lapindo

Harga Tiket Wisata Lumpur Lapindo Porong
Harga Tiket Wisata Lumpur Lapindo

Untuk menyaksikan lumpur Lapindo, pengunjung diminta membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Sedangkan biaya parkir juga memiliki besar yang sama. Jika ingin menyaksikan pusat semburan, pengunjung bisa membayar Rp 25.000 pada tukang ojek yang siap mengantar. Dengan adanya biaya ini, menjadikan alternatif pengganti mata pencaharian para warga yang terdampak.

Baca Juga : Ngawi Jawa Timur Siap Ambil Bagian Dalam Pengembangan Desa Wisata

Wisata Jet Ski Baru di Sungai Porong

Wisata Lumpur Lapindo Porong
Wisata Jet Ski Baru di Sungai Porong

Karena pengunjung wisata Lapindo makin hari kian ramai, muncullah potensi baru. Di muara Sungai Porong terdapat wisata jet ski. Ada sembilan jet ski yang bisa digunakan pengunjung untuk menyusuri Sungai Porong.

Pengunjung tidak hanya bisa melihat wisata lumpur Lapindo Porong Sidoarjo. Namun juga bisa mencoba wisata air berupa jet ski. Tarifnya bermacam-macam, tergantung pada jarak dan durasi Paling sebentar berdurasi 15 menit dengan jet ski bermesin 750 cc, seharga Rp 150.000. Ada beberapa rute yang tersedia. Mulai dari Dusun Bangunsari, Desa Kalisogo, Kecamatan Jabon, hingga tujuan lainnya seperti ke Pulau Lumpur Sidoarjo (pulau Lusi).

Wisata Pulau Lusi Porong
Wisata Lumpur Lapindo Porong
Wisata Pulau Lusi Porong

Pulau ini dulunya bernama Sarinah. Namun sekarang lebih beken dengan nama Lusi yang merupakan singkatan dari Lumpur Sidoarjo. Penamaan ini diberikan oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Untuk sampai ke sini, pengunjung harus naik jet ski atau perahu bermesin. Pemandangan di pinggir sungai Porong sungguh sayang untuk dilewatkan.

Pulau Lusi adalah pulau buatan dari endapan lumpur Lapindo. Lokasinya ada di tengah sungai Porong. Tepatnya di Dusun Telocor, Kedung Pandang, Jabon, Sidoarjo. Tak kalah menarik, pulau ini juga ramai pengunjung. Sebab di sana banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk berwisata, lebih dari sekedar memandang hamparan lumpur panas wisata lumpur Lapindo Porong.

Dengan luas 93,4 hektar, Pulau Lusi memiliki banyak spot eksotik yang bisa dinikmati sekaligus digunakan sebagai objek foto menarik. Gazebo di pinggir sungai Porong menjadi spot paling favorit. Apalagi saat senja tiba. Begitu pula dengan jalan setapak di tengah pepohonan atau yang ada di hutan mangrove di tengah sungai Porong. 

Baca Juga : Kafe Tertinggi se-Jawa Timur, Bromo Hillside Cafe Siap Bikin 2023 Berwarna

Wisata lumpur Lapindo Porong menjadi dark tourism yang makin lama makin banyak pengunjungnya. Mulai dari mereka yang penasaran dengan fenomena alam semburan lumpur bertahun-tahun hingga sekarang muncul wisata jet ski dan pulau Lusi. Tidak ada salahnya mampir ke sini saat berkunjung ke kota Petis Sidoarjo.

0 comments on “Wisata Lumpur Lapindo Porong 2023, Main Jet Ski dan Menyusuri Hutan Mangrove

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.