Wisata Perahu Kalimas Surabaya
Local Experiences

Wisata Perahu Kalimas Surabaya, Bersantai Menikmati Panorama Kota

Seperti apa wisata Perahu Kalimas Surabaya? Baca sampai tuntas yuk!

Warga kota Pahlawan tak perlu lagi gundah gulana refreshing kemana. Atau yang sedang berada di sana, tak usah bingung hendak melakukan apa. Cukup mantapkan jiwa, pilih Wisata Perahu Kalimas Surabaya Bersantai Sambil Menikmati Panorama Kota. Tak perlu capek di badan, hati sudah otomatis riang. Hanya perlu duduk santai di atas moda transportasi yang mengapung di sungai, Kawanjo sudah bisa melihat beragam panorama menarik di Surabaya.

Kalimas adalah sungai tertua sekaligus terbesar di Surabaya. Sungai ini membelah kota dan menyusuri Kalimas seperti menjelajahi peradaban Surabaya.  Mulai dari era kerajaan, kolonial hingga milenial. Karena itulah, dengan kemasan wisata sungai Kalimas masyarakat bisa mengenal ibukota Jawa Timur ini dengan sebaik mungkin.

Baca juga : Destinasi wisata Surabaya

Dengan menjadi pilihan wisata, diharapkan susur sungai ini menjadi pendorong kemajuan ekonomi Masyarakat dan sekitar aliran sungai. Lihat saja, ada berbagai spot unggulan kota Surabaya yang bisa dituju dengan melakukan wisata air Kalimas. Mulai dari Taman Hiburan Pantai Kenjeran, Museum 10 Nopember Kompleks Tugu Pahlawan, Museum Dr Soetomo, Museum Pendidikan, Museum HOS Tjokroaminoto, Museum WR Soepratman, Museum Olahraga, kompleks Skate & BMX Park, serta Bus Surabaya Shopping and Culinary Track Kompleks Balai Pemuda.

Daya Tarik Wisata Perahu Kalimas Surabaya

Daya Tarik Wisata Perahu Kalimas Surabaya.
Daya Tarik Wisata Perahu Kalimas Surabaya

Dengan sajian utama berupa keindahan lampion, lampu warna-warni di berbagai sudut, Kawanjo akan merasakan kenyamanan tak terkira. Tak hanya itu. Naik perahu menyusuri sungai Kalimas ternyata sangat menarik dengan berbagai tambahan suguhannya. Diantaranya:

  1. Alunan Musik

Saat tiba di beberapa titik, akan terdengar alunan musik. Seperti alunan romantis saksofon saat melintasi jembatan Genteng Kali. Bergantian dengan irama angklung yang mengiringi riak air sungai. Atau Kawanjo bisa juga mendengar dan menonton pertunjukan musik DJ di kompleks Skate & BMX Park. 

  1. Jaminan aman

Memang, bagi beberapa orang naik perahu bukanlah hal yang mudah. Sehingga perlu jaminan rasa aman dan nyaman untuk berkendara selama wisata sungai Kalimas Surabaya. Untuk itu, setiap pengunjung akan dibekali jaket pelampung. Pengendara perahu pun telah terbukti handal mengemudi. Standar jumlah juga diatur ketat. Yaitu satu perahu hanya bisa memuat 8 hingga 12 orang sekaligus dalam sekali jalan. Jadi tak perlu khawatir, just enjoy the trip.

  1. Penjual terapung

Di tengah perjalanan, Kawanjo akan menjumpai beberapa perahu yang menjual beragam jajanan rakyat. Seperti cilok dan sempol. Berasa seperti di pasar terapung Kalimantan, transaksi akan dilakukan di atas aliran air sungai Kalimas.

  1. Beragam destinasi wisata

Sekali lagi, wisata perahu Kalimas sama seperti menyusuri peradaban Surabaya. Banyak destinasi wisata yang bisa dilewati dan dikunjungi. Mulai dari museum hingga plaza. Mulai patung ikonik suro dan Boyo hingga sport tracking.

Tiket Masuk Wisata Perahu Kalimas Surabaya

Tiket Masuk Wisata Perahu Kalimas Surabaya
Tiket Masuk Wisata Perahu Kalimas Surabaya

Sebuah terobosan keren dilakukan pengelola Wisata Kalimas Surabaya. Yaitu penjualan tiket hanya dilakukan melalui situs tiketwisata.surabaya.go.id. Bertujuan supaya kenyamanan pengunjung tetap terpegang, tidak ada pengunjung yang meluber di satu waktu. Maka, tidak akan ada pembelian tiket on the spot. Semua tiket bisa dipesan paling cepat sehari sebelum kunjungan yang dipilih (H-1) pukul 15.00.

Baca juga : Oleh Oleh Khas Surabaya yang Terkenal

Di situs tersebut, pastikan Kawanjo telah melakukan pemesanan sesuai petunjuk. Pilih destinasi wisata di laman awal.  Ada dua opsi, yaitu Wisata Perahu Kalimas rute monumen kapal selam-Siola dengan harga  Rp. 10.000 untuk sekali jalan pulang pergi. Sedangkan opsi kedua adalah Wisata Perahu Kalimas rute Taman Prestasi-Museum Pendidikan seharga Rp. 4000. Silakan pilih hari dan jadwal jam kunjungan. Pastikan Kawanjo datang lebih awal dari jadwal yang didaftarkan. 

Selanjutnya silakan mengisi form pemesanan tiket dan unduh bukti pembelian di link yang dikirim ke email Kawanjo. Ada catatan bahwa bila debit air meningkat, perjalanan harus dibatalkan. Tiada lain, hal ini demi keselamatan bersama.

Rute Wisata Perahu Kalimas Surabaya

Rute Wisata Perahu Kalimas Surabaya
Rute Wisata Perahu Kalimas Surabaya

Wisata sungai Kalimas Surabaya menyediakan dua rute yang bisa dipilih. Setelah tiket aman, silakan datang ke dermaga awal pemberangkatan. Sekali berwisata menyusuri aliran sungai Kalimas akan memakan waktu 30 menit. Mulai dari berangkat hingga sampai ke pemberhentian kemudian perahu akan balik ke titik awal. 

Rute pertama yaitu monumen kapal selam-Siola akan melewati spot foto di Air Mancur Patung Suroboyo, Taman Skate & BMX, Pasar Apung, Museum Pendidikan dan Dermaga Siola. Tiket yang dibeli untuk rute ini sudah termasuk karcis masuk Monumen Kapal Selam.

Baca juga : 6 Rekomendasi Wisata Surabaya Hits dan Menarik 2022, Rekreasi dan Belajar Histori

Sedangkan rute kedua yaitu Taman Prestasi-Museum Pendidikan. Kawanjo bisa menikmati spot foto di Taman Prasasti, Museum Pendidikan, Taman Ekspresi, dan Pasar Apung.

Lokasi Wisata Perahu Kalimas Surabaya
Lokasi Wisata Perahu Kalimas Surabaya
Lokasi Wisata Perahu Kalimas Surabaya

Untuk menikmati wisata perahu Kalimas, silakan menuju ke titik pemberangkatan. Ada di dua tempat sesuai pilihan rute. Yang pertama monumen kapal selam di Jalan Pemuda, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Sedangkan titik pemberangkatan kedua adalah Taman Prestasi di Jalan Ketabang Kali, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

Bila Kawanjo berada di Surabaya dan ingin menghabiskan waktu dengan cara asyik, cobalah wisata perahu Kalimas Surabaya. Sambil naik perahu sambil menikmati keindahan kota Surabaya. Pasti jadi pengalaman yang mengesankan!

0 comments on “Wisata Perahu Kalimas Surabaya, Bersantai Menikmati Panorama Kota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.