Wisata Setigi Gresik
Local Experiences

Yang Unik dan Estetik, Wisata Setigi Gresik

hanya berjarak 21 km dari Surabaya melalui tol, sedang dikembangkan area Wisata Setigi Gresik yang bakal menjadi magnet dahsyat bagi kunjungan wisatawan.

Kabar menarik datang dari bumi wisata Gresik. Dari kota yang berjarak 21 km dari Surabaya melalui tol, sedang dikembangkan area Wisata Setigi Gresik yang bakal menjadi magnet dahsyat bagi kunjungan wisatawan. Bagaimana tidak, masih belum tuntas pembangunannya, wisata Setigi Gresik sudah dikunjungi banyak orang. Pastikan Kawanjo jangan sampai tertinggal dan jadi kudet, mumpung liburan kuy buktikan pesona wisata alam Setigi ini.

Setigi merupakan singkatan dari Selo, Tirta, dan Giri. Masing-masing  ini adalah kosakata bahasa Jawa yang berarti batu, air, dan gunung. Tiga komponen alam ini bisa menjelaskan sekilas tentang apa yang ditawarkan Setigi kepada pengunjungnya. Ya, destinasi wisata yang terletak di desa Sekapuk ini menampilkan keindahan perpaduan alam gunung kapur dengan wisata buatan berupa kolam dan ornamen-ornamen penunjang lainnya.

Baca juga: destinasi wisata di Gresik

Fakta Menarik Wisata Setigi Gresik

Fakta menarik wisata setigi Gresik
Fakta menarik wisata setigi Gresik

No hoax, ternyata wisata di Gresik yang sedang hits ini menyimpan banyak hal menarik. Supaya lebih mantap di hati, berikut ini adalah fakta di balik keberadaan Setigi:

  1. Bekas pembuangan sampah

Siapa sangka, wilayah ini dulunya adalah tempat pembuangan sampah dari permukiman penduduk. Bayangkan, mulai dari tahun 2003 hingga 2017, kebiasaan buruk masyarakat bahkan sampai mengakar.

Beruntung, ide brilian bapak Abdul Halim selaku kepala desa Sekapuk muncul. Dengan insting tinggi, beliau memprakarsai supaya lokasi ini bisa memberikan nilai positif lebih.

Potensi keindahan alam membuat pak Halim yakin bahwa lokasi yang terbuang itu bisa dipoles menjadi destinasi wisata baru. Maka pada tahun 2018 masyarakat bahu membahu membersihkan lokasi dari sampah. Mereka percaya dengan hal baik seperti itu, akan menciptakan  hal positif dalam sektor pariwisata. Seperti ekonomi yang semakin kuat dan terbukanya lapangan kerja.

Mereka kemudian menanam pohon dan bunga untuk taman di atas batu kapur. Meski diiringi debu dan panas menyengat. Lambat laun, kawasan pembuangan sampah itu sekarang menjadi tempat nyaman untuk  edukasi, healing, dan hunting foto.

Wisata Setigi Gresik
Wisata Setigi Gresik

Baca Juga : 3 Oleh-Oleh Khas Gresik

  1. Swadana Masyarakat

Tak hanya urun tenaga. Penduduk desa Sekapuk juga mengorbankan dana untuk mewujudkan rencana keren mereka kala itu. Pengembangan Setigi,  menggunakan dana swadaya masyarakat setempat yang dinaungi oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dana dari pemerintah desa hanya untuk paving jalan. Selebihnya, sekali lagi adalah hasil urun warga.

Sebagai gantinya, hanya masyarakat yang boleh terlibat dalam segala proses pengelolaan wisata ini. Mulai dari karyawan yang bekerja hingga UMKM yang boleh beroperasi di lingkungan tempat wisata.

  1. Dekat dengan tambang kapur

Di dekat tempat wisata terdapat tambang batu kapur yang masih aktif. Keberadaannya sejak sebelum kemerdekaan. Hingga kini banyak warga Sekapuk yang bekerja di sana.

Keberadaan tambang yang berupa tebing batu tinggi memberi imbas suasana eksotik pada Setigi. Berpadu dengan beberapa ornamen unik seperti danau buatan beserta jembatan, rumah honai Papua, wahana wisata air, dinding topeng, dan lainnya. Bila berfoto di sini, hasilnya pasti instagenik dan estetik.

  1. Lokasi

Wisata alam Setigi ini berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik. Jaraknya adalah 27 kilometer dari pintu keluar Tol Manyar dengan waktu 40 menit berkendara roda empat.

Baca juga : 6 Wisata Pulau Bawean Gresik

Gresik punya satu lagi destinasi wisata yang menarik dan unik. Cocok sekali jadi pilihan untuk mengisi liburan atau akhir pekan Kawanjo. Apalagi kalau bukan wisata Setigi Gresik. 

Masih banyak banget lho paket wisata menarik lainnya yang menanti. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Gunung Prau, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Untuk cek referensi wisata menarik lainnya, bisa cek di sini ya!

0 comments on “Yang Unik dan Estetik, Wisata Setigi Gresik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.