bandeng asap surabaya
Local Experiences

Wajib Dibawa Pulang, Oleh Oleh Khas Surabaya yang Terkenal

Bingung mau kasih apa ke orang rumah selepas berpergian dari Surabaya? Baca sampai tuntas, biar mereka puas.

Sejak dulu Kota Surabaya memiliki tempat wisata yang terkenal. Sehingga banyak yang mengunjungi. Nah, jika waktu berwisata akan usai, wajib kiranya Kawanjo membeli oleh-oleh khas Surabaya sebagai buah tangan untuk keluarga atau teman.

Baca juga: 6 Rekomendasi Wisata Surabaya Hits dan Menarik 2022, Rekreasi dan Belajar Histori

Jangan khawatir biasa-biasa saja, berikut adalah 7 Rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang terkenal:

1. Kerupuk Ikan Kenjeran

Mengunjungi toko oleh-oleh khas Surabaya di Kenjeran, Kawanjo akan menemukan berbagai macam kerupuk. Selain kerupuk ikan Kenjeran, ada juga kerupuk udang, kerupuk kerang, kerupuk rumput laut, dan masih banyak lagi. Kerupuk tersebut tersedia dalam kondisi matang maupun mentah.

Wajib Dibawa Pulang, Oleh Oleh Khas Surabaya yang Terkenal
Salah satu jenis kerupuk Kenjeran

2. Keripik Ceker Ayam

Camilan khas Surabaya yang terkenal lainnya adalah keripik ceker ayam yang gurih dan renyah. Kerupuk ini sangat populer di Kota Pahlawan. Bahan utama kerupuk ini adalah ceker ayam yang dipercaya bergizi untuk pertumbuhan tulang bagi anak-anak. Sayangnya keripik ceker ayam belum diproduksi oleh pabrikan. Sehingga jumlahnya masih belum bisa banyak.

Wajib Dibawa Pulang, Oleh Oleh Khas Surabaya yang Terkenal
Keripik Ceker Ayam

3. Sirup Mangrove

Surabaya memang terkenal dengan sirup legendaris telasih. Namun sekarang oleh oleh minuman khas Surabaya juga ada sirup mangrove. Sama seperti namanya, bahan utama sirup ini adalah buah mangrove.

Tidak hanya menjadi sirup, buah mangrove ternyata juga digunakan sebagai bahan pembuatan dodol, jus buah, dan selai.

Wajib Dibawa Pulang, Oleh Oleh Khas Surabaya yang Terkenal
Sirup Mangrove

4. Almond Crispy

Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah kue almond. Kue ini berbentuk bulat, tipis, dan renyah ketika digigit. Almond Crispy terbuat dari kacang almond, tepung terigu, susu bubuk, telur, dan gula. Oleh oleh ini terdiri dalam berbagai rasa yaitu green tea, chocolate, dan green mocca. Salah satu produsen Almond Crispy yang populer di Surabaya adalah Wisata Rasa yang terletak di Jalan Raya Jemursari No. 164.

Wajib Dibawa Pulang, Oleh Oleh Khas Surabaya yang Terkenal

5. Surabaya Patata

Ini adalah produk bisnis kuliner khas Surabaya milik kakak beradik Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis. Berbahan dasar kentang yang dicampur dengan bahan cake pilihan, kue khas Surabaya ini menjadi hits di kalangan para pemburu kuliner Surabaya, baik itu untuk oleh-oleh maupun disantap sendiri.

Ada beberapa varian cake seperti Cheese Patata, Green Tea Patata, Nutella Patata, Banana Peanut Patata, Black Patata, dan Tiramisu Patata.

Berkunjung ke Surabaya wajib membeli cake ini, oleh-oleh khas Surabaya dan harganya mulai dari Rp. 80.000,-

Wajib Dibawa Pulang, Oleh Oleh Khas Surabaya yang Terkenal
Cake Surabaya Patata

6. Bebek Djangkep

Bebek Djangkep adalah hidangan populer yang berasal dari Surabaya. Ayam dan bebek ini sudah dibumbui dengan cita rasa yang khas. Agar awet, olahan ayam dan bebek tersebut dilumuri bumbu pilihan.

Sehingga ketika dikemas dalam plastik, bumbu akan meresap ke dalam daging. Jangan salah, Bebek Djangkep adalah oleh oleh khas Surabaya yang tahan lama selama 2 bulan.

Wajib Dibawa Pulang, Oleh Oleh Khas Surabaya yang Terkenal

7. Bandeng Asap

Bukan hal umum bila Surabaya memiliki berbagai jenis ikan yang enak untuk dikonsumsi. Oleh-oleh khas Surabaya ini tergolong tahan lama karena dimasak melalui proses pengasapan. Tidak heran bila makan ini dijadikan buah tangan. Kawanjo bisa membeli bandeng asap yang teksturnya lebih lembut ketika berkunjung ke Surabaya.

Wajib Dibawa Pulang, Oleh Oleh Khas Surabaya yang Terkenal
Bandeng Asap

Mulai dari kerupuk, sirup, kue hingga ikan ada semua sebagai buah tangan khas Surabaya yang terkenal. Jika waktu berkunjung di Kota Pahlawan ini semakin ada di ujung akhir, Kawanjo bisa segera mencari apa yang sudah direkomendasikan di atas.

Baca juga: Silakan dipilih, berikut berbagai cara keren berwisata ke Surabaya

0 comments on “Wajib Dibawa Pulang, Oleh Oleh Khas Surabaya yang Terkenal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.