wisata magelang,
Local Experiences

Pasti Bikin Senang, Ini Dia Wisata Magelang Kota Pencetak Pemenang

Ke Magelang cuma ke situ-situ aja? Simak yuk biar wawasan wisata kamu bertambah!

Masih hangat terasa kabar kemenangan atlet bulutangkis Indonesia, Bilqis Prasista. Dia adalah pemenang pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas Uber 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu 8 Mei 2022. Ternyata gadis ini adalah putri dari legenda bulutangkis Indonesia Joko Supriyanto dan berasal dari Kabupaten Magelang. Berbicara tentang daerah kelahiran Bilqis, tak bisa jauh dari wisata Magelang terbaru. Tak disangka ternyata pesona wisata di kota ini beragam dan mampu menarik minat pelancong. Termasuk Kawanjo pastinya. Simak apa saja tempat wisata kota Magelang, kota kelahiran Bilqis sang pemenang:

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur.

Sebagaimana diketahui, Borobudur menjadi wisata Magelang yang utama. Candi peninggalan Dinasti Syailendra ini telah menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kemegahan bangunannya membuat siapapun ingin berkunjung. Dilansir dari Wikipedia, bangunan ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar. Di atasnya terdapat tiga pelataran melingkar, dengan dinding yang dihiasi dengan 2.672 panel relief. dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. Stupa terbesar utama terletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca Buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

2. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

Wisata Magelang yang beralamat di Jl. Cemp. No.6, Kemirirejo, Kota Magelang, ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Di Taman Kyai Langgeng, Kawanjo maupun pengunjung anak-anak bisa menikmati semua wahana yang ada. Sebutlah anjungan dirgantara, taman satwa, terapi ikan, kiddie town dan, persewaan kuda mini. Di sana ada pula beberaapspot foto instagramable seperti ayunan langit, sepeda gantung, jembatan kaca, dan lainnya. Taman Kyai Langgeng wisata keluarga Magelang juga memiliki beberapa wahana permainan seru. Contohnya flying fox, sepeda tandem, water ball, hand boat, dragon roller coaster, ATV, UFO car dan lainnya.

3. Nepal Van Java

Nepal Van Java

Wisata Magelang hits ini adalah sebuah desa di bawah kaki Gunung Sumbing, dengan ketinggian 1.620 mdpl. Desa Butuh namanya. Tampak dari kejauhan, permukiman warga yang seolah bertumpuk karena mengikuti kontur tanah khas gunung. Sangat mirip dengan pemandangan di Nepal yang berada di pegunungan Himalaya. Karena itulah destinasi wisata Magelang hits 2022 ini disebut Nepal Van Java.

4. Gereja Ayam Bukit Rhema

Gereja Ayam

Wisata Magelang 2022 ini merupakan tempat peribadatan umat kristiani dengan bentuk gedung yang unik. Dalam rencana awal, sebenarnya bangunan ini dibuat supaya menyerupai merpati. Karena dalam kepercayaan umat Kristiani, merpati merupakan hewan yang menyimbolkan kesucian.

Namun, jika dilihat sekilas, bangunan ini lebih mirip ayam. Jadilah nama hewan ini yang disematkan. Walau begitu, bentuk ayam bermahkota ini jadi nilai lebih untuk pengunjung. Terbukti banyak yang menjadikannya sebagai spot foto menarik. Apalagi di bagian atas gereja ini. Jika Kawanjo berkesempatan berdiri di sana, akan terlihat hamparan pemandangan perbukitan. Candi Borobudur pun nampak dengan jelas. Dulu memang gereja ini menjadi tempat berdoa untuk semua umat beragama. Namun sekarang fungsinya bertambah yaitu sebagai wisata Magelang 2022.

5. Mangli Sky View

Mangli Sky View

Lantaran sudah dibuka kembali setelah tutup karena pandemi, Mangli Sky View masuk dalam wisata Magelang terbaru 2022. Apa yang disuguhkan tetaplah sama. Yaitu sensasi menatap keindahan sunrise atau sunset dengan latar belakang pegunungan. Apalagi terdapat beberapa gardu pandang yang tak hanya membantu kita mengamati angkasa, namun juga bisa dijadikan spot berfoto.

Destinasi wisata satu ini berada di Magelang ujung barat. Yang jauh dari keramaian sehingga menciptakan suasana tenang. Pas untuk menyegarkan hati dan pikiran supaya lebih siap menghadapi tantangan-tantangan baru.

Baca juga: Berburu sunset? Di Yogyakarta saja!

5. Pinusan Kragilan

Pinusan Kragilan

Wisata Magelang hits ini merupakan sebuah hutan pinus di lereng Gunung Merbabu sebelah barat. Berlokasi di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Magelang, Jawa Tengah, Pinusan Kragilan memiliki banyak spot foto yang instagramable. Mulai dari gerbang masuk hutan berupa jalan yang diapit pepohonan pinus, di mana ada juga pohon yang di atasnya ada papan untuk dipanjat.

Pengunjung juga bisa mengabadikan aktivitas bersantai dengan hammock, ataupun mengeksplorasi nuansa alami hutan dengan udara yang masih segar.

Pengelola juga menyediakan fotografer profesional untuk hasil foto yang lebih maksimal.

6. Mata langit Resto

Mata Langit Resto

Wisata Magelang 2022 berikutnya adalah restoran di atas bukit. Sebagaimana namanya, dari sini Kawanjo bisa mengedarkan mata memandang panorama Gunung Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Sumbing, Prau. Tak ketinggalan, Candi Borobudur juga akan nampak dari kejauhan.

Restoran ini terdiri dari dua bagian. Yaitu rumah joglo di tengah area dan dek di luar rumah tersebut. Di rumah joglo, Kawanjo bisa tetap melihat pemandangan di luar ruangan. Sebab dengan sengaja, kaca ruangan didesain lebar dan bisa melihat ke luar. Ruangan ini cocok untuk mengadakan acara yang bertema classic indoor.

Sedangkan bila memutuskan untuk menyantap hidangan di luar ruangan, Kawanjo akan terkesima dengan panorama yang ada. Ditambah udara segar, pikiran akan semakin tenang. Jangan lupa, ambil kamera dan abadikan lukisan alam di sini!

Satu lagi: Rafting di Sungai Elo, Aman untuk Pemula Juga, loh!

Berniat pergi ke Magelang? Temukan pesona kota pencetak pemenang yang mengharumkan nama bangsa ini. Tak hanya Candi Borobudur, ternyata banyak pula yang bisa dikunjungi ketika berada di sana.

0 comments on “Pasti Bikin Senang, Ini Dia Wisata Magelang Kota Pencetak Pemenang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.