6 Alasan Wisata di Pulau Payung Kepulauan Seribu
Local Experiences

6 Alasan Wisata di Pulau Payung Kepulauan Seribu

Pulau Payung Kepulauan Seribu juga memiliki pesona seperti pulau lain. Sekalian mengunjungi pulau ini seolah memberi keberuntungan.

Jika mendengar nama kepulauan Seribu, pasti yang ada dalam pikiran kita adalah wisata yang menyenangkan. Banyak destinasi wisata di gugusan pulau – pulau yang bisa dikunjungi di sana. Yang bisa menyegarkan mata dan pikiran. Mulai dari pemandangan pantainya hingga keindahan panorama bawah lautnya. Nah, ada satu nih pulau indah yang memang belum se-terkenal pulau Tidung ataupun pulau Pramuka. Sebutlah pulau Payung Kepulauan Seribu. 

Tapi jangan salah! Meski belum begitu tersohor, pulau Payung memiliki pesona yang tak kalah eloknya. Berwisata di sana sudah menjadi pilihan banyak orang. Sebagai alternatif healing, menepi sejenak dari ramainya kota dan penatnya kesibukan harian.

Info tentang Pulau Payung Kepulauan Seribu

Pulau Payung Kepulauan Seribu
Pulau Payung Kepulauan Seribu

Pulau Payung diapit oleh dua pulau yang terkenal lebih dulu. Yaitu pulau Tidung dan pulau Pari. Wilayahnya pun masih termasuk dalam daerah administratif pulau Tidung. Acapkali paket wisata ke pulau Tidung memasukkan agenda kunjungan ke pulau Payung juga. 

Pulau Payung terbagi menjadi dua wilayah. Yaitu pulau Payung Besar dan Payung kecil. Meski begitu, hanya pulau Payung Besar yang dihuni oleh masyarakat. Itupun hanya di sepertiga bagian pulau. Sedangkan pulau Payung kecil hanya diperuntukkan bagi wisatawan, dengan villa dan homestay yang mengisi pulau.

Letak pulau Payung berada di dekat pulau Tidung dan pulau Pramuka. Untuk sampai ke sana, cukup dengan menaiki speed boat dari Marina Ancol dan menempuh perjalanan selama 1 jam. Bila berangkat dari Kali Adem, bisa menempuh waktu perjalanan selama 2 jam.

Pulau Payung Kepulauan Seribu
Bermain di pantai pulau Payung Kepulauan Seribu

Baca juga: Wisata di Pulau Seribu 

Wisata di Pulau Payung 

Penduduk pulau Payung memang tidak sepadat pulau Tidung dan pulau Pari. Sehingga kondisinya tenang dan lebih damai bila berada di sana. Bila Kawanjo menginginkan wisata yang jauh dari keramaian, bisa memilih pulau Payung.

Bisa dibilang, pulau Payung terkena imbas menyenangkan dari kegiatan wisata di dua pulau yang mengapitnya. Sesiapa yang menikmati keindahan pulau Tidung dan Pari bakal merembet untuk sekalian ‘main’ di pulau Payung. Sebab pulau Payung pun memiliki pesona yang pantas untuk dinikmati. 

Pulau Payung Kepulauan Seribu
Indahnya Pulau Payung Kepulauan Seribu

Pesona Wisata Pulau Payung Kepulauan Seribu

Mengunjungi pulau Payung ternyata membuat Kawanjo juga merasa beruntung. Sebab pesonanya tak kalah dengan pulau di sekitarnya. Berikut adalah pesona pulau Payung kepulauan Seribu:

  1. Pemandangan Bawah Laut

Pulau Payung memiliki titik snorkeling yang menjadi tujuan wisata dari pulau Tidung dan lainnya. Tak heran, karena di dalam laut sekitar pulau Payung menyimpan keindahan bawah laut yang mempesona. Karang, fauna, dan lainnya menjadi harmoni indah yang layak ditengok dengan menyelam di dalamnya.

Pulau Payung Kepulauan Seribu
Menikmati Bawah Laut Pulau Payung
  1. Pusat Persewaan Perahu

Hampir seluruh keluarga yang tinggal di pulau Payung besar memiliki perahu. Mode transportasi laut ini kemudian bisa disewa untuk aktivitas hopping island. Berpindah dari satu pulau ke pulau lain yang berangkat dari pulau Payung.

Baca juga: Wisata di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu

  1. Pantai yang damai

Pulau Payung memiliki penduduk yang lebih sedikit daripada pulau Pari dan Tidung. Dengan ini, aktivitas di pulau Payung sangat minim kecuali wisata. Hal ini menguntungkan bagi yang sedang butuh suasana untuk menyepi. Menepi dari hiruk pikuk kehidupan.

  1. Sunset dan sunrise yang indah
Pulau Payung Kepulauan Seribu
Sunset di pulau Payung Kepulauan Seribu

Sambil berjalan menyusuri pantai, menanti pemandangan saat matahari terbenam adalah hal tepat dilakukan di pulau Payung. Karena pantai di pulau ini menyuguhkan pemandangan senja yang eksotik. Begitupun bila Kawanjo menyempatkan bermalam di sini, akan lebih beruntung saat mendapatkan pemandangan matahari terbit.

  1. Tempat yang cocok untuk camping

Karena termasuk pulau yang tenang, Kawanjo bisa leluasa untuk menggelar tenda di sini dan berkemah. Apalagi masih banyak area yang luas untuk tempat beraktivitas menyatu dengan alam. Lebih asyik lagi, saat malam datang Kawanjo bisa membeli beberapa ekor ikan segar hasil tangkapan nelayan lokal. Kemudian ikan tadi bisa dimasak di alam terbuka. 

  1. Berinteraksi dengan masyarakat setempat

Selain camping, Kawanjo juga bisa menyewa villa atau homestay yang ada di pulau Payung. Uniknya, homestay yang ada adalah rumah – rumah penduduk. Dimana Kawanjo akan tinggal bersama pemilik rumah selama masa menginap. Kawanjo bisa berkomunikasi dengan mereka secara mudah.

Baca juga: Taman Wisata Pantai Pasir Kencana

Beruntung memang bila bisa berwisata ke pulau Payung sekaligus. Petualangan jadi lengkap dengan paket wisata kepulauan Seribu di yang mengikut sertakan pulau Payung sebagai obyek tujuan. Tunggu apalagi? Pesona pulau Seribu menanti kita!

27 comments on “6 Alasan Wisata di Pulau Payung Kepulauan Seribu

  1. Cindy enjelina purba

    Wisata pulau payung ini merupakan wisata yang cocok untuk kita destinasi wisata kita karena memiliki banyak dayak tarik diantara seperti tempat kemping, pantai damai menikmati keindahan bawah laut.

  2. kepulauan seribu tidak ada habisnya dalam destinasi pariwisata baharinya, pantai yang damai dan belum cukup ramai cukup untuk wisatawan yang butuh ketenangan

    • wisata pulau payung ini merupakan salah destinasi wisata yang menyimpan keindahan bawah laut yang mempesona. Karang, fauna, dan lainnya menjadi harmoni indah yang layak ditengok dengan menyelam di dalamnya

  3. Pulau payung yang terkenal dengan pesona yang tak kalah eloknya yang menarik perhatian para wisatawan untuk tempat healing pilihan.pulau payung juga terkenal dengan pesona dua pulau yang mengapitnya dan mampu menarik perhatian wisatawan dengan pantai yang indah dan pemandangan di dasar laut.

  4. Yesica Vetrin Angelisa Purba

    Tidak salah pilih sih jika menjadi pulau payung sebagai destinasi wisata yang akan dikunjungi karena memiliki keindahan yang begitu Bagus dan menarika dan pengunjung dapat menikmati pesona wisata yang begitu keren

  5. sheila nurhaliza

    wisata dikepulauan seribu sangat banyak, salahsatunya pulau payung. pulau payung ini dapat menjadi salah satu tujuan tempat wisata untuk mencari ketenangan dari padatnya kegiatan. dan selain dapat ketenangan disana juga memiliki banyak daya tariknya.

  6. Aprilia Ferennis

    ternyata di pulau seribu terdapat pulau yang tidak kalah indah dengan pulau-pulau yang sudah cuup terkenal di kepulauan seribu, pulau payung sepertinya sangat menarik untuk dijumpai

  7. Inka Nora Audea

    Wisata Pulau Payung Kepulauan Seribu cocok banget di jadikan tempat healing. Karena memiliki pemandangan yang sangat indah, yang bisa menyegarkan mata dan pikiran kita

  8. Wella Ruth Simbolon

    Pesona Wisata Pulau Payung Kepulauan Seribu sangat banyak memiliki daya tarik para wisatawan dan pengunjung dapat menikmati pesona alam yang sangat indah dengan pantai yang damai ditemani sunset dan sunrise yang bagus.

  9. Femmylia DP

    Ternyata masih banyak potensi wisata bahari yang belum saya tahu. Informasi ini sangat insightful bagi saya. Rasanyaaa ingin menjelajahi seluruh pulau yang ada di Kepulauan Seribu!!!

  10. Putri Febriani Simamora

    Artikel ini sangat bermanfaat bagi para pembaca dan para pegunjung jika dirinya berniat untuk berwisata ke pulau payung, sehingga dia mengetahui bahwa indahnya pulau payung.

  11. Kampung Budayanya keren dan unik dan banyak pelajaran yang kita dapatkan dari kampung tersebut seperti budaya-budayanya yang masih unik dan kampung budaya memiliki air terjun yang indah dan masih banyak mistis didalamnya

  12. Amah Laviona

    Sejauh ini saya hanya mengetahui beberapa pulau saja yang ada di kepulauan seribu, seperti: pulau tidung, pulau pramuka, dan pulau semak daun. Namun ternyata ada pulau payunh yang menyimpan keindahan alam yang patut untuk dikunjungi, karena membaca artikel ini saya jadi mengetahui pulau lain di kepulauan seribu yang patut dikunjungi untuk berlibur bersama teman maupun keluarga

  13. Artikel ini sangat bermanfaat karena artikel ini memberi tahu informasi tentang indah nya pulau seribu

  14. Marta Manurung

    Dari artikel diatas yang saya dapat sampaikan yaitu wisata dipulau payung indah dan unik dari pesona yang dimiliki yang buat saya tertarik yaitu pemandangan dibawah laut dalam laut sekitar pulau Payung menyimpan keindahan bawah laut yang mempesona. Karang, fauna, dan lainnya menjadi harmoni indah

  15. Bintang Mahardika

    dari artikel diatas, pulau payung ternyata mempunyai banyak potensi serta atraksi wisata yang dapat dinikmati oleh para wisatawan, pulau payung juga bisa menjadi alternatif untuk para wisatawan yang berasal dari ibukota yg ingin berwisata bahari namun dengan jarak yang tidak terlalu jauh

  16. M Syahri Fadhil

    Memberi insight baru untuk saya, karena sejauh ini saya hanya mengetahui beberapa pulau saja yang ada di kepulauan seribu, dan ternyata masih ada beberapa pulau yang indah yang belum saya ketahui seperti salah satunya pulau payung ini, semoga bisa berkunjung

  17. Madu Maybelle

    yang saya ketahui di kepulauan seribu hanya pulau pramuka dan tidung. Ternyata pulau payung ini merupakan pulau tersembunyi yang sama indahnya dengan pulau lainnya

  18. Arshylla Optiandeetyas Winoto

    Ternyata di kepulaun seribu ada pulau tersembunyi yang indah dan berpotensi wisata selain pulau pramuka. Keren banget! Menambah pengetahuan baru buat saya.

  19. Fifiana

    pulau seribu memang terkenal akan keindahan setiap pulau-pulau kecilnya, yang paling sering saya dengar adalah pulau pramuka dan pulau tidung. setelah membaca artikel ini saya jadi tau ternyata banyak sekali pulau indah yang tersebunyii.. rasanyaa saya ingin sekalii mengunjungi pulau payung dan merasakan langsung snorkeling di pulau ini!

  20. Laura Nurmaya

    ternayta selain pulau tidung dan pulau seribu ada juga pulau payung yang mungkin masih terdengar awam di telingan masyarakat, dengan pantai payung yang sangat indah dengan potensi alamnya

  21. Teresa Shevi Yuratama

    Setelah membaca artikel ini, saya berkeinginan mengunjungi pulau payung kepulauan seribu karena saya ingin melihat keindahan bawah lautnya serta ingin merasakan camping di pinggir pantai di pulau payung

  22. Esti Indriani

    Ternyata pulau seribu masih punya gugusan pulau lain yang gak kalah indah dan menarik buat dikunjungi, pwsona yang dimiliki pulau payung menarik minat saya sebagai mahasiswa pariwisata bahari untuk melakukan riset dan pengembangan pariwisata di sana

  23. Salsa Nur Fadhilah

    Nama yg unik seperti wisatanya, ini menjadi daya tarik tersendiri apalagi pulau payung cukup ear-catchy. Pulau ini sepertinya cocok untuk wisatawan yang ingin berlibur santai dan tenang tanpa adanya banyak gangguan.

  24. Ilma M

    artikel yang sangat bermanfaat. dengan adanya tulisan ini, membuat orang-orang semakin mengenal dan tahu mengenai destinasi wisata Pulau Payung yang ada di kepulauan Seribu itu sangat rekomen untuk dkunjungi.

  25. wisata dikepulauan seribu sangat banyak, salahsatunya pulau payung. Yang dimana pulau payung ini dapat menjadi salah satu tujuan tempat wisata untuk mencari ketenangan dari padatnya kegiatan, dan selain dapat ketenangan disana juga memiliki banyak daya tariknya.

  26. Nova Sinaga

    Wisata pulau payung ini dapat kita jadikan sebagai andalan ketika kita ingin melepaskan penat karena wisata ini memiliki sejuta pesona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.