7 Ide Foto di Taman Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan Kota Batik
Local Experiences

7 Ide Foto di Taman Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan Kota Batik

Taman Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan sangat pas untuk mencari ide foto keren. Apalagi masih dalam rangka Hari Batik Nasional di Bulan Oktober

Pakai batik apa Kawanjo pada hari batik tanggal 2 Oktober 2022 kemarin? Jawabannya pasti beragam, mengingat ada banyak macam batik dari negeri kita. Berbeda – beda sesuai dengan asal daerahnya. Tiap kota menawarkan batik dengan ciri khas masing – masing. Bahkan, ada beberapa kota yang disebut sebagai kota batik. Salah satunya adalah Pekalongan. Jadi, mengunjungi kota ini pada bulan Oktober adalah keputusan tepat. Apalagi mencoba berwisata ke Taman Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan Kota Batik.

Destinasi wisata di Pekalongan ini sebenarnya sudah ada sejak dulu. Namun setelah mengalami revitalisasi, beberapa bulan lalu jadilah sebuah taman wisata yang berkonsep lebih modern. Yaitu tempat rekreasi bahari yang mengusung pantai sebagai pusat wisata. Dikemas sedemikian rupa oleh Pemerintah Kota, sehingga menjadi spot kebanggaan masyarakat Kota Batik Pekalongan. 

Taman Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan
Taman Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Dengan luas 1,5 hektare, tempat ini memberikan ide kreatif dalam mengeksplorasi ide hunting foto pantai. Ada beberapa fasilitas dan wahana yang menjadi unggulan. Membuat Kawanjo sepakat bahwa taman wisata pantai pasir kencana harus dikunjungi selagi berada di kota Pekalongan. Selain dalam rangka refreshing, juga untuk berburu foto supaya konten makin keren.

Baca juga: Tips Menghasilkan Foto Konten yang Keren

 Daya Tarik Taman Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Memang wisata pantai itu berlimpah di Indonesia. Namun mengunjungi taman wisata pantai pasir kencana akan memberi sensasi tersendiri. Mengabadikan daya tarik destinasi ini jadi menyenangkan dan pastinya membanggakan. Karena dengan konsep wisata pantai modern, Kawanjo juga akan menikmati beragam hal yang menarik. Di antaranya:

  1.  Menara pandang 

Bukan sekedar tempat untuk mengamati sekitar. Taman wisata pantai pasir kencana memiliki menara pandang yang unik. Dari luarnya akan terlihat bangunan berbentuk cerobong besar dengan warna beragam dan nampak mencolok. Bila diamati, pola yang tercipta mirip dengan kain batik kebanggaan Pekalongan.

Sebelum naik, bagaimana bila berfoto dulu? Pasti menara pandang ini menjadi background foto yang aesthetic. Namun jangan terlalu lama berada di luarnya, karena pada pukul 18.00 Kawanjo tak bisa masuk dan naik ke puncaknya. 

Bila sudah berhasil sampai di puncak, Kawanjo akan dibuat takjub dengan view dari sana. Sejauh mata memandang akan terlihat lokasi taman wisata pantai pasir kencana dan alam di sekitarnya. Apalagi bila sunset, lukisan alam karya Ilahi akan terpampang jelas. Memberi kesan kehangatan dan keindahan tersendiri. 

  1. Sunset yang indah
Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan
Sunset di Taman Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Tak hanya di menara pandang. Sebenarnya sunset juga dapat dinikmati dari titik lokasi lainnya di taman wisata pantai pasir kencana. Cukup luangkan waktu untuk berhenti berjalan lalu duduk sejenak di sini. Lalu nikmati fenomena alam yang indah, ketika sang surya kembali ke peraduan. Menjemput sang malam dengan diiringi langit jingga temaram.

Baca juga: Cara jual foto wisata di internet

Air laut yang tenang merefleksikan dengan perlahan. Suasana sungguh elok nian. Hingga gelap datang sempurna, tanda tugas sang surya usai setelah seharian. Tak ada salahnya mengabadikan keindahan dalam sebuah bingkai   kenangan.

  1.  Panggung kesenian

Meneruskan tradisi yang berlangsung sejak dalam format lama, obyek wisata ini tetap memiliki panggung kesenian. Beberapa kegiatan tradisi masyarakat diselenggarakan di taman wisata pantai pasir kencana. Seperti tradisi Pek Cun atau sedekah laut bagi etnis Tionghoa yang dilaksanakan pada tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek.

Di samping itu ada juga tradisi syawalan setiap tanggal 8 bulan syawal penanggalan Islam. Saat itu masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya akan mengunjungi pantai bersama keluarga serta handai taulan. 

Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan
Panggung kesenian di Taman Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Tak hanya acara tradisional. Di panggung juga sering diadakan pementasan  kesenian tradisional. Seperti tari sintren, karawitan, pentas seni kolaborasi, orkes melayu, atau lomba menyanyi. Jika saat berkunjung sedang berlangsung acara kesenian ini, maka Kawanjo beruntung! Karena selain mendapatkan hiburan lebih, obyek foto human interest akan menambah stok foto wisata yang ada.

Baca juga: Teknik Camera Movement untuk video traveling

  1. Walking and Jogging Track

Taman wisata pantai pasir kencana memang tak memiliki pantai berpasir. Hanya ada batu karang pemecah ombak yang menjadi batas antara laut dan daratan. Daratan yang dimaksud tentunya merupakan area taman wisata pantai pasir kencana.

Terdapat jembatan memanjang yang berfungsi sebagai track. Sehingga pengunjung bisa berjalan atau jogging santai. Tentunya sambil menikmati keindahan pantai serta air laut. Ombaknya yang sesekali menggempur batu karang menjadi suara pengiring momen santai menikmati keindahan bahari di Kota Pekalongan ini. Keluarkan kamera, dan dapatkan potret terindah dari jembatan tracking

  1. Bermain air
Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan
Bermain di taman wisata pantai pasir kencana Pekalongan

Tak lengkap kiranya bila wisata pantai tanpa ada bermain air. Meskipun tidak langsung berhubungan dengan air laut, di taman wisata pantai pasir kencana Kawanjo bisa tetap berbasah – basahan. 

Ada kolam ketjeh atau kolam renang dangkal tempat anak – anak bermain air. Menangkap ekspresi gembira dari wajah mereka bisa jadi obyek foto menarik, loh! Jangan lupa amankan kamera dari cipratan air, ya! Setelah puas menjepret, tak ada salahnya untuk berenang di kolam renang sesuai pilihan. Karena ada beberapa kolam dengan kedalaman beragam di sini.

Selain itu, bila Kawanjo berada di taman wisata pantai pasir kencana pada malam hari akan ada satu pertunjukan menarik. Yaitu air mancur dengan lampu berwarna – warni.  

  1. Kulineran

Lelah beraktivitas dan hunting foto, saatnya memanjakan perut. Tak perlu khawatir karena di dalam taman wisata pantai pasir kencana ada banyak kedai penjual makanan.

Di sini Kawanjo bisa menikmati beragam makanan. Seperti bakso, mie ayam, pecel, pindang tetel, pempek  hingga kuliner kekinian lainnya. 

Mau praktek ilmu food photography? Bisa banget. Mau merekam keseruan makan dan bercengkrama di spot kuliner taman wisata pantai pasir kencana? Boleh juga!

Baca juga: Makanan Khas Jawa Tengah

  1. Plaza batik

Sebelum pulang, jangan lupa sempatkan untuk mendapatkan produk kebanggaan masyarakat Pekalongan. Apalagi jika bukan kain batik Pekalongan. Beragam model dan corak bisa Kawanjo dapatkan di plaza batik di dalam area taman wisata pantai pasir kencana. 

Tiket Masuk Taman Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Tak bisa sembarangan masuk, bila berkunjung ke taman wisata pantai pasir kencana harus dengan membeli tiket. Obyek wisata yang resmi dibuka untuk masyarakat umum pada tanggal 4 Maret 2022 ini menetapkan harga tiket masuk sebesar Rp. 25.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk asuransi.

Jam buka Taman Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan
Jam buka Taman Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Untuk berkunjung ke taman wisata pantai pasir kencana Pekalongan, pastikan Kawanjo datang pada waktu yang tepat. Jam buka destinasi ini adalah setiap pukul 14.00 sampai dengan 20.00. Khusus untuk menara pandang, hanya bisa dinaiki sebelum tutup di pukul 18.00 ya!

Ternyata taman wisata pantai pasir kencana tidak buka setiap hari. Melainkan hanya beroperasi pada hari Selasa sampai dengan Minggu. Ada jeda waktu libur di hari Senin. 

Lokasi Taman Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan 

Taman wisata pantai pasir kencana berada di jl. Pantai, Wonokerto, Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. 

Baca juga: Wisata pantai di Jepara Jawa Tengah

Dari alun – alun pusat kota Pekalongan, hanya memakan waktu sekitar 14 menit dengan jarak tempuh kurang dari 5 km. Aksesnya mudah dan jalannya juga sudah beraspal.

Gimana, sudah mantap memasukkan Taman Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan dalam list liburan bulan ini? Sekalian nih, hunting batik dan hunting foto. Maka hari batik tahun ini semakin bermakna. Sebagaimana tema hari batik 2022, ‘Yang Terbaik, Yang Terbatik.’ 

12 comments on “7 Ide Foto di Taman Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan Kota Batik

  1. Yesica Vetrin Angelisa Purba

    Batik Merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Indonesia,Maka tak heran banyak sekali masyarakat yang suka mengenakan batik.
    Disamping dapat berbelanja aneka batik ,kita juga dapat menikmati keindahan alam diwisata pantai pasir kencana.

  2. indonesia juga terkenal dengan batik
    tak heran lagi warga negara indonesia senang mengenkan batik,apalagi objek wisata di kota batik ini mulai dari menara pandang sampai menikamati kuliner dan palaza batik
    memang indonesia sangat keren

  3. Cindy enjelina purba

    Wisata pantai di Indonesia memang sangat banyak, Namun mengunjungi taman wisata pantai pasir kencana akan memberi sensasi tersendiri. Mengabadikan daya tarik destinasi ini jadi menyenangkan dan pastinya membanggakan.

    • Salah satu ciri khas Indonesia adalah batik. Banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan batik . Selain dengan batik masih banyak wisata juga kuliner yang menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia yang dikunjungi dan dicoba?

  4. Daya Tarik Taman Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan
    konsep wisata pantai modern, Kawanjo juga akan menikmati beragam hal yang menarik.begitu juga dengan batik yang terkenal di Indonesia

  5. Putri Febriani Simamora

    Selain tempat wisata yang menyenangkan, tiket masuk kewisata tersebut juga tidak terlalu besar. Pekalongan juga dikenal sebagai kota batik yang terkenal.

  6. Marta Manurung

    Wisata pantai pasir kencana parkalongan yang memiliki beragam batik di daerahnya masing-masing. Wisata tersebut juga memiliki berbagai keunikan salah satunya yang membuat saya tertarik yaitu sunset yang indah yang dapat kita lakukan contohnya berfoto dan memandang sunset yang indah tersebut

  7. Nova Sinaga

    Bukan sekedar tempat untuk mengamati sekitar. Taman wisata pantai pasir kencana memiliki menara pandang yang unik.

  8. Wella Ruth Simbolon

    Destinasi wisata pantai pasir Pekalongan memberikan ide kreatif dalam mengeksplorasi ide hunting foto pantai. Ada beberapa fasilitas dan wahana yang menjadi unggulan. Selain dalam rangka refreshing, juga untuk berburu foto supaya konten makin keren.

  9. Inka Nora Audea

    Memang wisata pantai itu berlimpah di Indonesia. Namun mengunjungi taman wisata pantai pasir kencana Pekalongan akan memberi sensasi tersendiri. Mengabadikan daya tarik destinasi ini jadi menyenangkan dan pastinya membanggakan.

  10. Nia Sulastri Gultom

    Sangat menarik saat mengetahui Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan ini yah.
    Selain diseduhkan dengan indahnya pemandangan yang dapat memanjakan dan menjernihkan pandangan dan pikiran. Dimana dari pantai pasir kencana kita bisa belajar Beragamnya motif batik dan ragam batik yang dapat menambah pengetahuan para pengunjung. Dengan tiket masuk yang relatif murah dan terjangkau oleh masyarakat

  11. Wisata pantai di Indonesia memang sangat banyak, Namun mengunjungi taman wisata pantai pasir kencana akan memberi sensasi tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.