Menikmati Makanan Khas Jawa Tengah yang Lezatnya Pasti
Local Experiences

Menikmati Makanan Khas Jawa Tengah yang Lezatnya Pasti

Siapa yang setuju kalau Jawa Tengah surganya kuliner? Mana di antara deretan makanan ini yang menjadi favoritmu?

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki keragaman masing-masing, salah satunya di ranah kuliner. Begitu juga makanan khas Jawa Tengah. Semua rasa terwakili dalam masing-masing olahan asli provinsi ini. Ada manis, pedas, gurih, dan asam. 

Seiring perkembangan zaman, makanan tradisional dan asli ini bisa ditemukan di berbagai daerah di luar Jawa Tengah. Namun bagi yang berjiwa traveler sejati dan penggemar kuliner asli, mengunjungi daerah aslinya akan lebih berarti. Maka, jika ada rencana mengunjungi kota-kota Jawa Tengah, jangan lewatkan kuliner khas berikut ini:

Baca juga: Wisata di Jawa Tengah, Menaklukkan Gunung Merbabu Boyolali

1. Nasi Gandul

makanan khas jawa tengah nasi gandul
Makanan khas Jawa Tengah
Nasi Gandul

Makanan enak dan Asli Jawa Tengah yang pertama adalah Nasi Gandul. Ya, kuliner satu ini berasal dari Kabupaten Pati. Bentuknya mirip seperti nasi uduk.

Nasi gandul sendiri berupa nasi putih yang disajikan dengan empal atau daging sapi, lalu ditambahkan bumbu bacem. Selanjutnya disiram dengan kuah yang gurih. Dalam pembuatannya, nasi gandul dimasak dengan pandan sehingga mengeluarkan aroma yang harum dan memikat.

2. Selat Solo

makanan khas jawa tengah selat solo
Makanan khas Jawa Tengah
Selat Solo

Makanan khas Jateng selanjutnya adalah selat solo dari Kota Solo. Hidangan ini mengkombinasikan daging, bawang, kecap, gula, garam, cuka, bawang merah, cengkeh, pala, telur rebus, mayones, dan sayuran seperti kentang, wortel, selada dan kacang hijau.

Sayuran, telur dan daging diletakkan dalam satu piring, kemudian disiram dengan kuah khas selat solo. 

3. Bandeng Juwana

rekomendasi makanan khas jawa tengah bandeng juwana
Makanan khas Jawa Tengah
Bandeng Juwana

Makanan khas Jateng berikutnya adalah Bandeng Juwana. Bandeng dengan tulang lunak ini berasal dari daerah Juwana di Kota Pati. Meski diproduksi dan diolah dari Juwana, kuliner ini menjadi oleh-oleh populer yang dijual di Semarang dan kota lainnya di Jawa Tengah

Seperti yang kita tahu, bandeng diolah dengan cara dipresto. Ini merupakan metode memasak uap yang bersuhu tinggi. Ikan bandeng dimasukkan ke dalam panci dan dikunci rapat. Waktu memasaknya sendiri berkisar 45 – 60 menit.

Baca juga: Berwisata di Jepara, Yakin berani Berenang dikelilingi hiu?

4. Garang Asam

makanan khas jawa tengah garang asem
Makanan khas Jawa Tengah
Garang asem

Makanan Legendaris Jawa Tengah yang satu ini bernama Garang Asem. Meski sudah tersebar ke beberapa daerah, namun asal makanan ini adalah dari Kabupaten Grobogan. Seperti namanya, rasa utama kuliner ini adalah pedas dan asam. Garang Asem terbuat dari olahan ayam yang dibungkus daun pisang, kemudian dimasak menggunakan santan.

5. Mangut Beong

Belakangan mangut beong menjadi kuliner Magelang yang sedang naik daun. Kuliner ini berbahan dasar ikan beong yang disajikan dengan rasa pedas.

Ikan beong sendiri adalah jenis ikan yang mirip lele. Ikan ini memang sering diolah menjadi makanan spesial dari Jawa Tengah.

6. Sate Buntel

makan khas jawa tengah sate buntel
Makanan khas Jawa Tengah
Sate Buntel

Makanan enak hits di Jawa Tengah selanjutnya adalah Sate Buntel.  Asli dari kota Solo, makanan ini sekarang banyak dijumpai di warung pinggir jalan hingga rumah makan ternama.

Sate buntel terbuat dari daging sapi atau kambing cincang yang dibungkus menggunakan lemak kol. Kemudian adonan  dan dililitkan pada tusuk sate bambu.  Baru kemudian dipanggang di atas arang.

Ukuran sate ini cukup besar. Dimana setelah dipanggang, daging dipisahkan dari tusuk sate, diiris-iris, kemudian disajikan dengan kecap manis, merica dan pelengkap lainnya.

7. Bongko Mento

makan khas jawa tengah Bongko mento
Makanan Khas Jawa Tengah
Bongko Mento

Makanan khas Jawa Tengah selanjutnya berasal dari Jepara. Bongko mento adalah jajanan yang dibungkus daun pisang. Terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan  telur dadar, suwiran daging dada ayam, bihun, dan santan. Ada pula yang ditambah sayuran seperti jamur dan buncis yang dicacah. 

Nah, di atas adalah makanan asli Jawa Tengah yang bisa dinikmati. Telah tersebar ke berbagai daerah, membuat mudah untuk mendapatkan. Namun akan jadi sensasi tersendiri bila menikmatinya di sela-sela nge-trip di beberapa destinasi wisata Jawa Tengah.

0 comments on “Menikmati Makanan Khas Jawa Tengah yang Lezatnya Pasti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.