Wisata Puncak Sosok Bantul Yogyakarta
Local Experiences

6 Alasan ke Puncak Sosok Bantul Yogyakarta 

Baru boleh puas berada di Yogyakarta bila belum menikmati senja di tempat ini.

Baru boleh puas berada di Yogyakarta bila belum menikmati senja di tempat ini. Bukan di pantai, melainkan di sebuah bukit. Dulunya hanyalah tanah kosong di ketinggian. Namun area ini jadi tujuan para bikers yang senang mengabadikan keindahan view alam dari sana. Lambat laun, makin ramailah hingga masyarakat sekitar menjadikannya destinasi wisata Puncak Sosok Bantul Yogyakarta. Sehingga, kini tak hanya berburu senja. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di wisata Bantul Yogyakarta ini.

Jalan Menuju Wisata Puncak Sosok Bantul Yogyakarta

Jalan Menuju Wisata Puncak Sosok Bantul Yogyakarta
Jalan Menuju Wisata Puncak Sosok Bantul Yogyakarta

Semakin dipoles, wisata Puncak Sosok pun semakin ramai dikunjungi. Apalagi menjelang senja, para pemburu sunset akan memenuhi tempat ini. Kawanjo bisa bergabung dengan mereka di alamat Dusun Jambon, Desa Bawuran, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Jaraknya sekitar 22,5 km dari pusat  Yogyakarta dalam waktu 1 jam. Untuk menuju ke Puncak Sosok, dari Yogyakarta silakan mencari arah ke Imogiri Timur dan mengambil jalur ke Jalan Pleret. Belok kanan hingga bertemu pertigaan, lalu belok kiri. Kawanjo akan melewati jembatan Segoroyoso, jalan terus hingga menemukan pertigaan. Belok kiri lagi untuk ke arah Jalan Bawuran hingga sampai ke lokasi Puncak Sosok.

Wisata terdekat dari Puncak Sosok adalah Hutan Pinus Pengger. Bila selesai mengunjungi Hutan ini,  Kawanjo bisa menghabiskan waktu 25 menit untuk sampai ke wisata Puncak Sosok.

Baca Juga : Rekomendasi wisata di yogyakarta

Tiket Masuk Wisata Puncak Sosok Bantul Yogyakarta

Tiket Masuk Wisata Puncak Sosok Bantul Yogyakarta
Tiket Masuk Wisata Puncak Sosok Bantul Yogyakarta

Bagi traveler dengan low budget, Wisata Puncak Sosok Bantul adalah pilihan cermat. Sebab untuk masuk ke area ini, tidak ada ketentuan biaya tiket. Kawanjo cukup membayar seikhlasnya untuk turut andil memelihara sebuah destinasi wisata. Plus membayar parkir sesuai ketentuan, yaitu Rp. 3000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Jam Buka Wisata Puncak Sosok Bantul Yogyakarta

Memang Puncak Sosok menawarkan pemandangan senja yang mempesona. Sehingga Kawanjo diharapkan bisa datang di sore hari. Namun, pada jam-jam lain, banyak aktivitas yang juga menarik untuk dilakukan. Asal tetap pada jadwal jam bukanya. Yaitu pada hari Senin hingga Jumat pukul 15.00 WIB – 23.00 WIB. Sedangkan pada hari

Sabtu dan Minggu pada pukul 06.00 WIB – 23.00 WIB.

Baca Juga : Yang Istimewa dari Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta 2023

Aktivitas di Wisata Puncak Sosok Bantul Yogyakarta

Aktivitas di Wisata Puncak Sosok Bantul Yogyakarta
Aktivitas di Wisata Puncak Sosok Bantul Yogyakarta

Kini, salah satu wisata Yogyakarta terbaru ini selalu ramai dikunjungi pengunjung. Sebab di sini ada banyak hal yang bisa dilakukan, diantaranya:

  1. Mengagumi lukisan Tuhan 

Berada di puncak Sosok Kawanjo akan disuguhi pemandangan alam yang sangat menarik. Yogyakarta akan terlihat elok dari ketinggian. Bila senja tiba, rutinitas sang Surya kembali ke peraduan menjadi lukisan alam yang menakjubkan. 

Hingga kemudian malam tiba. Sketsa yang terhampar akan berbeda. Sama-sama indahnya, kerlip lampu dari rumah-rumah penduduk di bawah seolah memperindah langit malam yang gelap. Hawa sejuk khas pegunungan menambah serunya momen menikmati alam sekitar. Badan dan pikiran pun bisa ikut rileks.

  1. Mengasah Ketrampilan Fotografi 

Keindahan alam dari Puncak Sosok akan membuat para penggemar foto tak sabar ingin beraksi. Panorama yang sedap dipandang mata, pasti juga indah jika dihadirkan dalam bingkai. 

Tak hanya itu, di Puncak Sosok Bantul Yogyakarta juga dilengkapi dengan ornamen-ornamen selfie. Dimana Kawanjo bisa menggunakannya untuk mengabadikan kenangan dalam pose terbaik. Spot selfie terbaik adalah sebuah papan yang seolah melayang dengan latar belakang pemandangan sekitar.

Saat malam tibapun Kawanjo bisa mengasah keterampilan fotografinya dengan memotret pemandangan malam hari. Cahaya lampu hias di Puncak Sosok dengan latar belakang gemerlap kota Yogyakarta jadi perpaduan yang sangat elok. Sayang untuk dilewatkan, mending disimpan dalam potret kenangan.

  1. Menyantap makanan

Hal seru lainnya yang bisa Kawanjo lakukan di Puncak Sosok Bauran Bantul ini adalah memesan makanan dan minuman. Kemudian menghabiskannya dengan syahdu di tengah panorama indah kota Bantul. 

Stand-stand penjual makanan berada di gubug berbentuk dengan atap segitiga. Nampak eksotik berjajar tertimpa sinar matahari di siang hari atau kilau lampu di malam hari. Kawanjo bisa menikmati jenis santapan seperti siomay, bakso cilok krispy, tusuk, tahu walik, sempol ayam, sate gajih, atau jagung bakar. Sedangkan minumannya ada teh, jeruk, dan kopi yang bisa dipesan dingin ataupun hangat sesuai selera.

Baca Juga : 3 Hidden Gem di Yogyakarta: Indah, Damai, dan Tenteram!

  1. Menikmati musik akustik

Terdapat panggung di wisata Puncak Sosok Bantul Yogyakarta. Dimana di sana terdapat tampilan grup band akustik setiap akhir pekan, bila tidak hujan. Alunan musik merdu pun menyertai pengunjung menikmati hidangan sambil ngobrol santai. Nada-nada lagu mengudara menerobos kesejukan dan keindahan pemandangan. Sungguh paket lengkap bersantai di Puncak Sosok ini.

Cobalah pesan tikar ke pengelola, duduk lesehan. Sembari menghabiskan makanan sembari menikmati penampilan band akustik yang asyik.

  1. Bersepeda

Sebagaimana asalnya, tempat wisata di Bantul terbaru ini adalah tempat berkumpulnya para bikers. Puncak Sosok menyediakan area trek downhill yang menantang.  Meskipun tempatnya berada di ketinggian, di jalur downhill terpampang nyata pemandangan yang menyedapkan mata. Sehingga rasa lelah maupun jenuh Taka akan terasa. Yang ada hanya semangat dan kepuasan bila berhasil menaklukkannya.

Baca Juga : 3 Hotel Dekat Obelix Hills Yogyakarta, Wisata Makin Puas!

Puncak Sosok Bantul Yogyakarta melengkapi destinasi wisata menarik di daerah istimewa ini. Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan, sehingga bisa memberikan rasa puas dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Kuy masukkan wisata Yogyakarta terbaru ini di dalam itirenary trip Kawanjo.

0 comments on “6 Alasan ke Puncak Sosok Bantul Yogyakarta 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.