Diskon Tiket Kereta Api untuk Penumpang
Lifestyle PigiNews

Buruan Cek, Ini Syarat Dapatkan Diskon Tiket Kereta Api!

Buat para pecinta traveling dengan si kuda besi, wajib update berita satu ini. Diskon tiket kereta api!

Yap, traveling dengan kereta api memang menyenangkan. Banyak orang yang senang menaiki si ular besi untuk perjalanan jarak jauh mereka. Terasa gagah bila melintas di atas rel, sedangkan pemandangaan kiri kanannya tak kalah menarik. Untuk itulah berbagai upaya dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) supaya semakin banyak masyarakat yang memilih kereta api. Salah satu caranya adalah dengan memberi diskon tiket kereta api pada penumpang dengan syarat tertentu.

Alasan Menggunakan Kereta Api 

Diskon Tiket Kereta Api
Alasan Menggunakan Kereta Api

Tak sedikit traveler yang lebih memilih kereta api sebagai moda transportasi. Para penggemar wisata bahkan girang ketika ada terobosan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) berupa kereta panoramic Indonesia yang diluncurkan di akhir tahun 2022. Memang, naik kereta api memiliki banyak keunggulan. Di antaranya:

  1. Anti Macet

So pasti alasan pertama memilih kereta api untuk bepergian adalah adanya jalan khusus. Penumpang kereta api tak perlu risau kendaraan yang ditumpanginya macet. Berjejalan saat berjalan dengan moda transportasi lain. Kereta api sekali berangkat tak akan berhenti kecuali di stasiun singgah atau stasiun tujuan.

  1. Murah

Dibanding menggunakan pesawat, perjalanan dengan kereta api menghabiskan biaya lebih sedikit. Apalagi sekarang ada program reduksi tiket kereta api atau diskon harga tiket kereta api.

Baca Juga : Mengenal Sejarah Kereta Api Indonesia di Museum Kereta Api Sawahlunto

  1. Tepat waktu

Pos pemberhentian dan pemberangkatan di stasiun selalu ramai saat waktu berangkat atau tiba kereta api. Dan jadwal yang ada tak bisa meleset. Selalu tepat sesuai yang terpampang.

  1. Mudah membeli tiket

Berkat kemajuan teknologi, pembelian tiket kereta api sangat mudah dilakukan. Cukup mengunjungi website PT KAI lalu pesan tiket di sana. Dari website tersebut juga bisa didapat update informasi diskon tiket kereta api pada penumpang. 

  1. Lebih nyaman

Kini, fasilitas kereta api jenis ekonomi sekalipun sudah cukup nyaman digunakan. Jarak tempat duduk yang lebih luas membuat penumpang bisa tidur dengan posisi yang lebih nyaman. Namun, meski begitu, kenyamanan juga dirasakan bila penumpang ingin berbincang dengan lainnya.

  1. Tidak perlu mematikan jaringan seluler

Ini pula yang jadi alasan mengapa banyak orang lebih memilih bepergian dengan kereta api dibandingkan pesawat. Bila pesawat mengharuskan penumpang mematikan sinyal ponsel, di kereta sebaliknya. Penumpang masih bisa berselancar secara online. Sehingga jika terpaksa harus tetap bekerja dari dalam gerbong, tak ada masalah. Bahkan di setiap tempat duduk tersedia colokan charger.

  1. Menikmati pemandangan

Penyuka wisata boleh jadi menjadikan alasan ini untuk memilih kereta api. Sebab di sepanjang rel, kereta akan melewati pemandangan yang mudah untuk dilihat dari jendela. Bahkan untuk kereta wisata atau kereta panoramic, jiwa traveling akan terpuaskan dengan layanan khusus ini.

  1. Banyak diskon

Guna meningkatkan minat masyarakat untuk naik kereta api, PT Kereta Api Indonesia sering memberikan promo diskon harga tiket. Baik itu saat menyambut hari-hari besar nasional maupun yang lain. Seperti reduksi harga tiket kereta api untuk kelompok masyarakat tertentu.

Baca Juga : Cara Aman Menjaga Barang Bawaan Saat Menggunakan Kereta Api

Diskon Tiket Kereta Api pada Penumpang

Diskon Tiket Kereta Api untuk Penumpang
Diskon Tiket Kereta Api untuk Penumpang

Setelah berkali-kali terobosan dibuat PT Kereta Api Indonesia (persero), kini hadir satu lagi program yang menguntungkan masyarakat. Harapannya akan semakin banyak orang yang m merasakan kemudahan dan kenyamanan layanan kereta api selama bepergian.

Kali ini diskon tiket kereta api diberikan kepada kelompok masyarakat tertentu. Mereka bisa menikmati diskon hingga 50% untuk sekali jalan. Rencana ke depan, akan semakin banyak kelompok yang bisa menggunakan program reduksi tarif kereta api ini.

Berikut adalah ketentuan diskon  tiket kereta apivpada penumpang yang diterapkan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero)

  1. Lansia

Kelompok pertama yang menerima diskon tiket kereta api adalah masyarakat yang berusia 60 tahun ke atas pada tanggal keberangkatan. Diskon KAI untuk lansia ini sebesar 20% dengan  KA komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. 

  1.  Veteran RI 

Para veteran RI juga bisa menikmati reduksi KAI untuk KA komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Besarnya adalah 50% untuk keberangkatan di hari Selasa sampai Kamis, dan 30% di hari Jumat sampai Senin dan hari besar/hari libur nasional lainnya. 

  1. TNI dan Polri

Kelompok masyarakat ketiga yang bisa menggunakan diskon kereta api adalah anggota TNI/Polri yang aktif dan siswa pendidikan TNI/Polri. Mereka mendapatkan diskon sebesar 50% untuk KA komersial kelas ekonomi dan bisnis dan 25% untuk KA komersial kelas eksekutif. Namun, potongan harga tiket ini tidak termasuk untuk anggota keluarga yang bersangkutan juga PNS yang bekerja di lingkungan TNI/Polri. 

  1. Wartawan

Tak ketinggalan, jurnalis juga mendapatkan diskon KAI sebesar 20%. Yaitu untuk KA komersial kelas ekonomi dan bisnis. Syarat mendapatkannya adalah dengan  menunjukkan kartu pers dan surat tugas peliputan.

  1. Civitas akademika

Para pelaku pendidikan juga kecipratan program KAI Access ini. Diskon sebesar 10% untuk dosen dan tenaga kependidikan UNS, UNPAD, UI, UGM, ITB, dan ITS. Tak hanya itu, anggota ikatan alumni UNS, UGM, ITB, ITS, UNY, dan UNAIR juga bisa mendapatkan tiket lebih murah dengan reduksi KAI ini.

Baca Juga : 4 Museum Kereta Api Ini Wajib Kawanjo Kunjungi

Cara Mendapatkan Diskon KAI

Cara Mendapatkan Diskon KAI
Cara Mendapatkan Diskon KAI

Bila Kawanjo termasuk kelompok yang di atas, ini kesempatan emas! Menuju ke tempat wisata impian akan lebih menarik bila memilih kereta api sebagai moda transportasi. Dengan diskon yang didapat, besarnya biaya perjalanan bisa dikurangi. 

Syaratnya, pembelian tiket tarif reduksi ini harus dilakukan melalui aplikasi KAI Access. Yaitu dengan cara memasukkan nomor reduksi yang telah teregistrasi melalui loket, customer service, atau lokasi lain sesuai kerjasama antara KAI dan instansi terkait.

Rute Diskon Tiket Kereta Api

Rute Diskon Tiket Kereta Api
Rute Diskon Tiket Kereta Api

Untuk mendapatkan diskon khusus ini, pastikan Kawanjo memilih salah satu rute kereta api berikut ini:

  1. Gambir – Cirebon
  2. Bandung -Tasikmalaya
  3. Bandung – Banjar
  4. Cirebon – Purwokerto
  5. Semarang Tawang atau Semarang Poncol – Tegal
  6. Purwokerto – Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan
  7. Madiun – Malang
  8. Surabaya Gubeng – Jember

Program diskon tiket kereta api pada penumpang kelompok tertentu oleh PT KAI memperkuat alasan bepergian dengan moda transportasi ini. Hal ini pastinya bisa mempermudah masyarakat yang termasuk dalam kelompok penerima reduksi tiket KAI. Apalagi bila hendak berwisata ke kota-kota tujuan sesuai rute yang ditetapkan. 

0 comments on “Buruan Cek, Ini Syarat Dapatkan Diskon Tiket Kereta Api!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.