Logo HUT RI ke-79
PigiNews

Mendalami Makna Tema dan Logo HUT RI ke-79, Bersama Menyongsong Perubahan Besar

Mari kita resapi, apa makna tema dan logo HUT RI tahun ini. 

Memasuki bulan Agustus, Nusantara bersolek. Berbagai sudut menampakkan semarak warna merah putih. Ditambah dengan simbol dan slogan yang mendongkrak nasionalisme, menyongsong perubahan besar. Ada angka 79 sesuai usia kemerdekaan, beberapa elemen grafis, dan kalimat bermakna. Mari kita resapi, apa makna tema dan logo HUT RI tahun ini.

Di awal bulan, Panitia Nasional yang dikoordinir oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah meluncurkan pedoman Identitas Visual HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Hal ini digunakan sebagai identitas tunggal dan identitas nasional yang menyokong semua kegiatan.

Turunan logo dan desain HUT Ke-79 Kemerdekaan Rl Tahun 2024 ini bisa digunakan dalam berbagai bentuk media. Seperti desain atau tampilan situs atau media sosial, tayangan pada media televisi dan daring, dekorasi bangunan, dekorasi kendaraan atau alat transportasi umum dan dinas, media publikasi cetak, produk atau suvenir, elektronik, dan lain-lain sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing.

Baca Juga: Seberapa Penting Perkembangan Golden Visa Indonesia untuk Penerima Sekaligus Negeri Sendiri? 

Logo HUT ke-79 RI

Logo HUT ke-79 RI
Logo HUT ke-79 RI

Sekilas, logo HUT RI tahun 2024 adalah angka 79 yang menunjukkan usia kemerdekaan. Logo ini  merupakan karya Inggrid Wenas, anggota Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) asal Surabaya, Jawa Timur. Inspirasi muncul dari fakta bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki pemandangan alam nan indah.

Adapun logo dan turunan desainnya bisa didownload melalui link yang disebarluaskan oleh Kementerian Sekretariat Negara. Terdapat beberapa pilihan link logo dengan jenis berbeda yang bisa dipilih di sini.

Desain ini dibuat sesuai dengan tema HUT RI ke-79, yakni ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’. Meski terkesan minimalis, ternyata makna filosofisnya sangatlah dalam.

Makna Tema HUT RI ke-79 

Makna Tema HUT RI ke-79
Makna Tema HUT RI ke-79

Perayaan HUT ke-79 RI tahun ini menjadi penanda penting untuk Indonesia, dengan adanya tiga transisi besar. Yaitu pergeseran ibu kota ke Pulau Kalimantan, perubahan kepemimpinan, dan persiapan menuju Indonesia Emas tahun 2045. Adapun tema besar HUT ke-79 Kemerdekaan RI tahun 2024 adalah “Nusantara Baru Indonesia Maju.”

Tahun ini dianggap sebagai titik awal transisi-transisi besar di atas. Sehingga tema tersebut mengisyaratkan harapan dan langkah strategis bangsa untuk menghadapi tiga momen di atas, dengan tekad dan persatuan.

Baca Juga: Bangsring Underwater Dulu dirusak, Kini jadi Wisata Menarik dan Memacu Adrenalin

Makna Logo HUT RI ke-79

Makna Logo HUT RI ke-79
Makna Logo HUT RI ke-79

Angka 7 dan 9 dalam logo perayaan HUT RI ke-79 terdiri dari bagian-bagian yang bukan asal coretan. Berikut adalah makna dibaliknya:

  1. Negara Kepulauan. Angka 79 pada logo HUT RI tahun 2024  tersusun dari bagian-bagian yang sebenarnya terpisah. Adapun bagian-bagian tersebut menunjukkan makna bahwa  Indonesia merupakan negara kepulauan.
  2. Lambang Negara. Sepintas ujung angka 7 pada logo menyerupai paruh Garuda. Hal ini melambangkan pilar kebangsaan yaitu Pancasila. Paruh burung-burung garuda juga bermakna Indonesia adalah negara yang kuat.
  3. Pertumbuhan Ekonomi. Simbol angka 7 mirip dengan panah ke arah kanan. Filosofinya adalah harapan Indonesia untuk meningkatkan perekonomian di bidang ekspor dan investasi.
  4. Keberlanjutan. Lengkungan yang menghadap ke berbagai arah, saling menyambung satu sama lain. Hal ini melambangkan prinsip pembangunan yang berkelanjutan.
  5. Ekonomi Hijau. Elemen logo ini melambangkan prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau. Bersinergi dengan alam dan selalu memperhatikan akar budaya serta identitas.
  6. Persatuan  dan Harapan. Kedua angka ini memiliki kaki atau bagian bawah yang sama. Seolah berbentuk dua tangan menyatu. Visualisasi ini adalah simbol persatuan, di tengah Indonesia yang memiliki perbedaan suku, agama, dan budaya. Dan harapan untuk menjadi bangsa yang kuat
  7. Kesetaraan yang Sama. Yang dimaksud adalah dua gelombang dengan arah yang sama di atas angka 7 dan di bawah angka 9. Hal ini menyampaikan tujuan Indonesia untuk pemerataan pembangunan dan desentralisasi.

Elemen Grafis Logo HUT RI Ke 79

Selain angka 79 yang filosofis, logo HUT RI juga mengandung elemen grafis lain. Terdiri dari empat garis yang tampak melengkung-lengkung. Hal ini melambangkan empat pilar penting Negara Indonesia. Yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. Dimana keempatnya harus terus dipegang teguh sebagai nilai-nilai luhur bangsa. Meski zaman terus berubah.

Empat garis yang melengkung dan memanjang terinspirasi dari  Sungai Kapuas. Sungai terpanjang di Indonesia ini terletak di Pulau Kalimantan, tempat dimana ibukota baru berada.

Sungai adalah simbol kehidupan. Memiliki berbagai cabang tapi akhirnya bersatu di satu muara. Hal ini mencerminkan tentang rumpun yang menggabungkan kekuatan untuk bergerak menuju Indonesia yang lebih maju dan menjadi bangsa yang dinamis.

 

0 comments on “Mendalami Makna Tema dan Logo HUT RI ke-79, Bersama Menyongsong Perubahan Besar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.