Air terjun Kamandang
Local Experiences

Menjelajahi Kejernihan Air Terjun Kamandang di Sulawesi

Buat kamu yang gemar menjelajahi air terjun, saat coba mengintip kejernihan kolam asli di Sulawesi ini

Kawanjo, hobi ngetrip ke curug? Oke kita tahu Bogor dikenal sebagai kota 1000 curug. Tetapi coba yuk geser tripnya jauhan dikit. Di Sulawesi itu ada loh kolam air jernih banget. Kamu akan menemukannya saat menjelajahi pedalaman Kabupaten Polewali Mandar di Sulawesi. Airnya bening sebening kaca, nama air terjunnya adalah Air Terjun Kamandang. Air terjun in adanya di tengah areal perkebunan warga. 

Air Terjun Kamandang
Air terjun Kamandang, foto milik detik.com

Air terjun Kamandang tepatnya ada di desa Mirring, Kecamatan Binuang. Warga setempat memberikan nama kepada kolam jernih tersebut Air Terjun Kamandang. Alasannya, air terjun ini terletak di tempat wisata di Polewali Mandar yaitu berada di kaki gunung yang bernama Kamandang. Untuk mencapai air terjun Kamandang, jaraknya 12 kilometer dari Kota Polewali, ibu kota Kabupaten Polewali Mandar. 

Baca Juga : 10 Danau Tertinggi di Indonesia. Paling Banyak di Papua dan Jawa Timur!

Kawanjo bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Setelah itu perjalanan juga bisa dilakukan dengan berjalan kaki sejauh 150 meter melewati areal perkebunan. Melansir berbagai sumber, kawasan ini memiliki kolam alam dengan keindahan tersendiri. Airnya tidak hanya sejuk, tetapi juga jernih membuat keberadaan bebatuan dan ikan-ikan kecil di dalam kolam, mudah terlihat dengan mata telanjang. 

Air Terjun Kamandang
Air terjun kamandang, foto milik detik.com

Tidak hanya itu saja, pada dinding batu di sisi kolam juga bisa terlihat keindahan bias cahaya matahari yang diperlukan air dalam kolam seperti kaca. Di sini itu setidaknya ada tiga kolam alam kawanjo. Letaknya berada di antara bebatuan, pada tingkatan berbeda. Ukurannya juga tidak sam, dengan kedalaman yang berbeda-beda. 

Bicara soal curug atau air terjun dan kenapa destinasi wisata ini selalu ramai. Sebenarnya ngetrip ke curug itu memiliki beberapa manfaat kesehatan juga loh kawanjo. Dikarenakan perjalanan menuju lokasi wisata ini biasa ditempuh dengan trekking tentu saja aktivitas ini akan memperlancar sirkulasi peredaran darah. Namanya juga pergi ngetrip, selain aktivitas trekking yang bisa melancarkan peredaran darah, membuat otot bekerja dan sekaligus melatih jantung. 

Ngetrip ke curug juga bisa membuat pikiran menjadi lebih fresh, bahkan sebagian orang mengaku lega karena udara yang sejuk di sepanjang perjalanan menuju lokasi curug. Tidak hanya itu saja, selain sejuk, udara di perjalanan menuju curug juga masih sehat dan alami. Keindahan alam diperjalanan juga cukup memukau, belum lagi saat tiba di curug tersebut. 

Nah gimana, asik kan ngetrip ke curug? Cek paket wisata menariknya di sini.

Baca Juga : 5 Curug Dekat Jakarta yang Bisa Dikunjungi Setelah PPKM

0 comments on “Menjelajahi Kejernihan Air Terjun Kamandang di Sulawesi

Leave a Reply

Your email address will not be published.