Bali Hutan
Local Experiences

Ngetrip ke Hutan Bali, Siapa Takut?

Ngetrip ke Bali nggak melulu harus ke pantai, hutan juga wajib dijajal.

Ngetrip ke Bali nggak melulu harus ke pantai. Walaupun pantai Bali wajib dikunjungi, tapi ada wisata lain yang juga nggak boleh dilewatkan kalau ke Pulau Dewata.

Kawanjo pastinya udah tahu dong, Bali punya pemandangan yang keren abis baik itu di pantai, gunung, atau lokasi wisata lainnya. Makanya, nggak heran Bali punya koleksi tempat ngetrip yang tiada habisnya dan cocok banget buat Kawanjo yang mau solo travelling, maupun bareng teman atau keluarga.

BACA JUGA: 13 Spot Wisata Populer di Bali Selatan!

Salah satu tempat ngetrip anti-mainsteam yang patutu kawanjo jajal adalah hutan. Yup, hutan! Bali punya hutan yang indah, yang menarik banget buat dikunjungi. Tapi, meskipun di hutan, bukan berarti Kawanjo ngetrip layaknya tarzan, ya.

Ada yang udah terkenal banget, ada juga yang letaknya masih tersembunyi. Yang pasti, ngetrip ke hutan di Bali bakalan nambah pengalaman kamu berwisata di Pulau Dewata. Apa saja hutannya? Simak ulasan berikut ya!

1. Hutan Bambu Pangalipuran

Ngetrip ke Hutan Bali, Siapa Takut?
Hutan Bambu Pangalipuran

Kawanjo pernah ke daerah Bangli di Bali? Kalau ke sini, kalian wajib ngetrip ke Hutan Bambu Pangalipuran. Lokasinya ada di Desa Kubu, Bangli, Bali. Di hutan ini, Kawanjo disuguhkan dengan suasanya yang sejuk, dan hutan yang ekstetik banget. Makanya enggak heran kalau lokasi ini cocok jadi tempat ngetrip Kawanjo yang ingin suasana asri dan sepi.

Barisan pohon bambu yang menjulang tinghi menambah syahdu ngetrip ke hutan di Bali ini. Nggak heran, banyak wisatawan yang datang ke sini, melakukan sesi pemotretan. Soalnya Instgramable banget!

2. Hutan Kera Sangeh

Ngetrip ke Hutan Bali, Siapa Takut?
kera di hutan Sangeh

Mau ngetrip ke hutan sambil lihat kera? Yuk datangi Hutan Kera Sangeh. Kawanjo bakalan disambut para kawanan kera yang menggemaskan, lho! Berlokasi di Desa Sangeh, Kabupaten Badung, Bali, lokasi ngetrip Hutan Kera Sangeh ini dianggap sakral sama penduduk setempat. Usut punya usut, rupanya ada pura suci yang diketaui bermama Pura Bukit Sari.

BACA JUGA: Jelajahi Tanjung Benoa dengan Jetski, Berani Coba?

Lokasi pura tersebut berada di tengah hutan. Makanya penduduk setempat yakin jika kera-kera yang ada untuk menjaga hutan ini. Kawanjo harus ekstra hati-hati kalau ngetrip ke Hutan Kera, mereka suka mengambil barang atau makanan yang kalian bawa.

Tempat ngetrip di hutan Kera ini memiliki jam operasional pukul 08.00-17.00. Sementara itu, harga tiket masuk hutan hanya berkisar Rp10.000.

3. Hutan Pinus Kintamani

Ngetrip ke Hutan Bali, Siapa Takut?
Hutan Pinus di Kintamani

Ngetrip ke Kintamani, Bali, belum lengkap rasanya kalau tidak ke Hutan Pinus. Berada di dataran tinggi membuat tempat ini memiliki udara yang lebih sejuk. Sepanjang perjalanan menuju ke Desa Manikliyu, Kawanjo akan disambut barisan hutan pinus yang menjulang tinggi. Destinasi ngetrip ini cocok buat kamu pecinta alam yang ingin menjauh dari keramaian kota. Dan lagi, tidak dipungut biaya masuk untuk ke Hutan Pinus Kintamani.

4. Hutan Kera Ubud

Ngetrip ke Hutan Bali, Siapa Takut?
Hutan Kera di Ubud

Ini dia Hutan Kera paling terkenal jadi tempat ngetrip di seantero Bali, yang enggak pernah sepi pengunjung sebelum pandemi. Hutan Kera Ubud memiliki sekitar 600 monyet. Hutan Kera Ubud ini jadi ngetrip suasana alam sekaligus edukatif yang menarik. Tak hanya satwa yang menggemaskan, terdapat 180-an jenis pohon tua yang berusia ratusan tahun.

Menariknya lagi, di dalam hutan, ada tiga pura suci, seperti Pura Prajapati, Pura Beji, dan Pura Dalem Agung Padangtegal. Untuk lokasi tempat ngetrip ini berada di Jalan Monkey Forest, Desa Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Jam operasionalnya hanya dari pukul 08.30-17.30 WITA. Kalau ngetrip ke sini, Kawanjo harus merogoh kocek sekitar 25-50 ribu.

5. Hutan Mangrove Lembongan

Ngetrip ke Hutan Bali, Siapa Takut?
Hutan Mangrove Lembongan

Hutan ini luasnya kurang lebih 200-an hektare. Untuk ngetrip melusuri hutan ini bahkan, sampai memakai perahu. Tanaman bakaunya sangat rindang dan lebat, bikin hati jadi adem ayem. Waktu yang paling tepat untuk mengunjunginya yakni pagi hari, karena air lautnya masih dangkal. Lokasinya di Desa Jungutbatu, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali mulai pukul 06.30-17.30 WITA. Dan harga operasional per perahu mencapai 100-150 ribu.

Itu dia lima hutan Bali yang wajib Kawanjo datangi kalau bosan ngetrip di pantai. Bisa jadi wisata alternatif yang memiliki keindahan tersembunyi. Pengen ke Bali? Kali ini pijijo.com memiliki promo #BacktoBali. Dapatkan penawaran menarik di sini.

BACA JUGA: Nggak Cuma Pantai, Bali Punya 5 Desa Wisata yang Wajib Dikunjungi

0 comments on “Ngetrip ke Hutan Bali, Siapa Takut?

Leave a Reply

Your email address will not be published.