pancake,
Local Experiences

Pancake Khas Indonesia, 3 di Antaranya Jadi yang Terenak di Dunia

Pancake sedang jadi pembicaraan akhir-akhir ini. Sebab 3 pancake khas Indonesia masuk dalam daftar terbaik versi TasteAtlas.

Pancake sedang jadi pembicaraan akhir-akhir ini. Sebab 3 pancake khas Indonesia masuk dalam daftar terbaik versi TasteAtlas. Sebagaimana diketahui, pancake diserap menjadi kata panekuk dalam Bahasa Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) panekuk merupakan kue dadar dari tepung terigu, gula, dan telur diolesi selai, pasta cokelat, lalu dilipat atau digulung.

Pancake memang makanan internasional. Makanan ini seringkali dimakan pada sarapan pagi, namun juga dapat dinikmati sebagai camilan atau hidangan penutup. Beberapa orang juga menyukai pancake untuk makan siang maupun makan malam. Tak hanya selai dan pasta cokelat, terkadang pancake juga diimbuhi topping sirup maple, buah-buahan, ataupun whipped cream.

Baca juga: Bukan Hanya sebagai Bumbu, Ini 3 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatanmu

Pancake Khas Indonesia Terbaik Versi TasteAtlas

Orang luar negeri lah yang lebih banyak menjadikan pancake sebagai menu sarapan. Berbeda dengan masyarakat Indonesia yang memiliki menu makan pagi yang lebih beragam. Pancake lebih sering dijadikan camilan. Terutama beberapa kudapan yang mirip dengan pancake ala luar negeri. Bahkan tiga pancake khas Indonesia berhasil masuk dalam jajaran yang terenak sedunia versi situs survey kuliner, TasteAtlas.

Adapun tiga kue Indonesia yang masuk dalam jajaran pancake terenak sedunia versi TasteAtlas adalah:

 

  1. Serabi
    serabi,
    Serabi.

    Di situs yang sama, serabi pernah masuk dalam daftar makanan manis terenak di dunia. Serabi juga pernah menyabet peringkat 41 sebagai street food terbaik. Kini serabi menduduki ranking 23 dari 85 pancake terenak sedunia versi TasteAtlas.Serabi merupakan jajanan khas Indonesia yang terbuat dari adonan tepung beras, kelapa parut, gula kelapa, dan santan. Semua bahan kemudian dipanggang. Terdapat beragam macam serabi di Indonesia. Mulai dari yang disajikan dengan topping kelapa parut, kinca (campuran kelapa parut dan gula kelapa), hingga sambal.

  2. Dadar Gulung
    dadar gulung,
    Dadar Gulung.

    Menduduki ranking 24 dari 85 pancake terenak sedunia, kue dadar gulung adalah kue tradisional Indonesia. Bentuknya khas, gulungan berbentuk silinder. Kue manis legit ini terbuat dari adonan tepung beras, kelapa parut, gula merah, dan daun pandan untuk memberikan aroma.Adonan tersebut dipanggang tipis di atas wajan. Kemudian diisi dengan unti, yakni kelapa parut yang dimasak dengan gula merah. Setelah itu, kue dadar gulung digulung dengan rapi. Selain rasa, aroma pandan juga membuat pancake khas Indonesia ini memikat hati pecinta kuliner Nusantara.

  3. Kue Ape
    kue ape,
    Kue Ape.

    Sebenarnya kue khas Betawi ini masih termasuk dalam golongan serabi khas Indonesia. Jajanan khas Indonesia berupa pancake ini memiliki tekstur lembut di tengah dan renyah di pinggir. Umumnya berwarna hijau khas pandan. Kue ape sering juga disebut serabi Jakarta, cucur tipis, atau kue tete.Di Jakarta sangat mudah mendapatkan kue tradisional yang mendapatkan ranking 27 dari 85 pancake terenak di dunia ini. Sebab terdapat banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan di tempat keramaian. Seperti di depan sekolah ataupun tempat umum lainnya.

Baca juga: Mencicipi Serombotan, Warisan Budaya Tak Benda yang Istimewa

Pancake Khas Indonesia yang lainnya

Kuliner Indonesia memang terkenal dengan kelezatannya. Baik itu berupa masakan utama, minuman, maupun jajanan. Nah, ada beberapa kue tradisional khas Indonesia yang bisa juga disebut pancake karena kemiripan bahan bahkan bentuknya.

Selain tiga pancake berprestasi yang telah dijelaskan di atas, ada juga kue-kue manis lainnya. Di antaranya:

  1. Kue Apem
    kue apem,
    Kue Apem.

    Pancake khas Indonesia ini sering muncul di berbagai acara maupun hajatan pada kalangan masyarakat Jawa. Bahan untuk membuatnya terdiri dari tepung beras, telur, santan, gula, dan tape. Adonan kemudian didiamkan semalam. Selanjutnya keesokan harinya adonan dikukus, dipanggang atau digoreng.

  2. Kue Kamir
    Pancake Khas Indonesia Kue Kamir
    Pancake Khas Indonesia Kue Kamir

    Terdapat dua macam kue Kamir di kota asalnya, Pemalang. Yakni kamir beras dan kamir terigu. Namun kamir terigu lebih banyak ditemui di pasaran sebab lebih tahan lama. Sedangkan kamir beras dibuat hanya ketika ada pesanan dari pembeli. Kedua alternatif tepung tadi menjadi bahan utama yang kemudian dicampur dengan mentega dan ragi. Ada juga yang dicampur pisang. Adonan kemudian didiamkan selama semalam baru kemudian digoreng atau dipanggang.

  3. Kue Cucur
    kue cucur,
    Kue Cucur.

    Kue Cucur merupakan kue tradisional Indonesia yang mirip pancake luar negeri. Memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam, rasanya manis legit bikin ketagihan. Biasanya kue cucur terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, gula kelapa, dan air. Adonan ini kemudian dicetak atau dituangkan ke dalam minyak panas hingga menghasilkan bentuk yang unik, mirip dengan goresan-goresan atau urutan tertentu. Kue cucur sering disajikan sebagai kudapan ringan atau hidangan penutup dalam berbagai acara tradisional.

Pancake khas Indonesia sebenarnya ada banyak. Sebagaimana keragaman kuliner Nusantara yang terkenal beragam dan memiliki rasa yang tiada duanya. Kebetulan tiga kue tradisional Nusantara yang bisa dikategorikan pancakes atau panekuk baru saja mendapatkan prestasi gemilang di situs TasteAtlas. Hal ini membuktikan, makanan Indonesia memang juara!

0 comments on “Pancake Khas Indonesia, 3 di Antaranya Jadi yang Terenak di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.