Makanan khas Minahasa
Lifestyle

Pedasnya Makanan Khas Minahasa Menambah Nikmat Berjuta Rasa

Aneka makanan khas Minahasa dan sederet Makanan tradisional Minahasa telah Kami ulas di Pigiblog dalam artikel terbaru yang satu ini. Ingin tahu? Simak yuk!

Minahasa, suku terbesar di provinsi Sulawesi Utara, memiliki ciri khas tersendiri dalam produk kulinernya. Aneka makanan khas Minahasa biasanya memiliki rasa pedas karena menggunakan banyak cabe. Di sisi lain, ada beberapa masakan menggunakan daging yang tak biasa. Seperti babi, biawak, rusa, dan lain sebagainya. 

Baca juga : Makanan teraneh di Indonesia

Cobalah kulineran di tengah jadwal padat Kawanjo berwisata di beberapa tempat letak tempat tinggal suku Minahasa. Tempat tinggal mereka adalah di adalah Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Bitung, Kota Manado, dan Kota Tomohon. Kesemuanya terletak di wilayah Sulawesi Utara. Dapatkan makanan khas minahasa Sulawesi Utara di kota-kota tersebut.

Makanan khas Minahasa

Di bawah ini ada rekomendasi 5 makanan Minahasa yang terkenal dan patut dicoba :

Makanan khas Minahasa Utara

  1. Mencoba dodol makanan khas Minahasa Utara
dodol makanan khas Minahasa Utara
Dodol makanan khas Minahasa Utara

Dodol buatan orang Minahasa sebenarnya sama seperti di Jawa. Yang membedakan adalah rasa kayu manis dan kenari yang kuat. Satu lagi pembedanya adalah bungkusan. Menggunakan daun kelapa dengan ukuran yang sama, kemudian diikat pada kedua ujung daun.

Dodol ini bisa dengan mudah dibeli di toko oleh-oleh di kota Manado

  1. Sajian spesial nasi Jaha makanan khas Minahasa Utara
nasi Jaha makanan khas Minahasa Utara
Nasi Jaha.

Mirip dengan nasi Lemang dari Sumatera, nasi Jaha juga makanan tradisional yang dimasak dengan cara istimewa. Yaitu menggunakan sebilah bambu yang dibakar dalam waktu lama. 

Baca juga : Paket wisata Minahasa utara

Karena keistimewaannya, nasi Jaha banyak dijumpai dalam acara-acara penting perayaan suku Minahasa. Namun tak perlu khawatir, sekarang nasi Jaha juga bisa dinikmati khalayak ramai. Bila ingin menjadikannya oleh-oleh pun bisa bertahan lebih lama. 

  1. Sate Kolombi yang terbuat dari bahan anti mainstream
rekomendasi  makanan Minahasa yang terkenal Sate Kolombi
Rekomendasi makanan Minahasa yang terkenal Sate Kolombi

Bukan ayam ataupun daging. Namun keong sawah, adalah bahan utama sate kolombi. Dengan sambal kacang istimewa, kuliner satu ini wajib dicoba.

Sayangnya tak sepanjang waktu makanan khas ini ada. Sebab keong sawah adalah jenis hewan musiman. 

Kue khas Minahasa

  1. Kue khas Minahasa beraneka ragam jenisnya
Kue khas Minahasa beraneka ragam
Kue khas Minahasa beraneka ragam

Yang pertama adalah lalampa, kue mirip lemper namun memiliki isian dari daging ikan. Rasa pedas pada isinya menunjukkan ciri khas makanan Minahasa.

Baca juga : Kue khas Manado yang enak

Selanjutnya adalah kue dengan rasa manis. Ada Bobengka yang mirip brownies namun dengan rasa gula merah. Ada binyolos dari ubi dan singkong. Juga koyabu dari beras ketan yang digiling kemudian diberi isian gula merah lalu dibungkus daun pandan.

  1. Makanan Asli Minahasa anti daging
Pedasnya Makanan Khas Minahasa Menambah Nikmat Berjuta Rasa
Vegetarian merapat!

Sudah banyak yang tahu bisa suku Minahasa suka menyantap daging hewan yang aneh-aneh. Seperti babi, anjing, kelelawar, bahkan tikus. Bagi muslim, hal ini menjadi perhatian lebih supaya tidak salah memilih makanan yang haram.

Sebagai solusi, ada makanan khas Minahasa yang terbuat dari sayur-sayuran. Yaitu saut, salah satu makanan khas nabati minahasa yang dapat diawetkan. Masakan oseng batang pohon pisang muda dengan rasa unik penuh serat. Bumbu rempah yang khas membuat masakan ini menjadi istimewa. Selain dioseng di wajan, memasak saut juga bisa dengan cara dibakar di dalam sebilah bambu.

Baca juga : One Day Trip Round Minahasa

Makanan selanjutnya adalah bubur Tinutuan. Berbeda dengan bubur biasanya, Tinutuan tidak menggunakan daging sebagai topping. Melainkan sayuran.  Seperti diantaranya kangkung, bayam, labu, dan jagung. Untuk menambah kandungan karbohidrat ditambahkan ubi jalar. Saat menyajikan Tinutuan diberi bawang goreng dan daun kemangi. Sangat pas disantap untuk sarapan pagi.

Sambal Roa khas Minahasa

  1. Sambal andalan Minahasa 
Sambal roa andalan Minahasa
Sambal roa andalan Minahasa

Mendukung ciri khas masakan pedas, sambal menjadi andalan dalam jajaran kuliner Minahasa. Ada sambal roa dari ikan roa yang lembut seperti teri, dioseng lalu dicampur bumbu-bumbu. Selanjutnya ada sambal rica-rica, dimana dalam pembuatannya semua bahan digoreng menggunakan air kelapa. Terakhir adalah sambal dabu-dabu yang segar karena bahan-bahannya diolah dalam keadaan mentah.

Baca juga : Makanan tradisional Minahasa

Dijamin kenyang bila mencoba makanan ini satu persatu sambil wisata ke Likupang Minahasa. Rasa pedas atau legit kuenya menambah keasyikan tersendiri. Menjelajahi daerah suku Minahasa seolah menjadi lengkap dengan aneka pengalaman yang ditawarkan. Mulai dari wisata hingga kuliner makanan khas Minahasa yang terkenal.

0 comments on “Pedasnya Makanan Khas Minahasa Menambah Nikmat Berjuta Rasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.