Gultik Blok M
Local Experiences

Rekomendasi Gultik Blok M Ikonik, Hadirkan Kenangan Menarik

Kulineran memberi pengalaman super baik. Apalagi berburu sesuatu yang ikonik. Salah satunya ada gultik Blok M yang asyik.

Kulineran pasti memberi pengalaman super baik. Apalagi berburu sesuatu yang ikonik. Salah satunya ada gultik Blok M yang asyik. Bukan hanya tentang rasa yang menggelitik. Namun juga munculnya kenangan yang super menarik.

Gultik Blok M terkenal di kalangan warga ibukota. Penggemarnya mulai dari kawula muda hingga yang lebih tua. Gultik berarti gulai tikungan. Alias makanan daging kaya rempah yang dijual di sebuah belokan. Tepatnya di dekat Blok M, kawasan  perkantoran dan perbelanjaan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Asal Usul Gultik Blok M

Asal Usul Gultik Blok M
Asal Usul Gultik Blok M

Gulai atau gule merupakan makanan yang tersebar di Pulau Sumatera dan Jawa. Terutama di Jawa, masakan ini disajikan dengan kuah kental kaya rempah dengan isian daging kambing. Rasanya sedap dan siap menghabiskan persediaan nasi.

Berbeda dengan sejumlah pedagang yang menawarkan gulai di sebuah perempatan di Jakarta Selatan. Tepatnya di perempatan Jalan Mahakam dan Jalan Bulungan, belakang Blok M Plaza. Mereka menjual gulai dengan kuah lebih encer. Daging yang digunakan juga bukan kambing. Melainkan daging sapi.

Awalnya hanya sedikit yang berjualan. Mereka ada sejak tahun 1980-an. Namun sekarang lebih dari tiga puluh stand yang menjual gultik. Menariknya, hampir semua pedagang menggunakan pikulan sederhana. Bagi pembeli yang makan di tempat, terdapat kursi- kursi plastik yang ditata. Sebagian pembeli lain memilih menghabiskan gultik pesanan mereka di mobil yang diparkir dekat lokasi.

Sebab telah ada sejak dahulu, gultik Blok M dinilai sebagai kuliner legendaris ibukota. Menjadi saksi bisu beragam aktivitas di sekitar area yang terkenal karena kesibukannya ini. Terkadang orang pergi ke sini untuk merasakan sensasi bernostalgia, kembali ke ‘rasa’ masa lalu. Bukan tentang gagal move on. Namun masa lalu bagi sebagian orang menjadi sumber kekuatan untuk menapaki masa sekarang. Sepakat?

Harga Gultik Blok M

Harga Gultik Blok M
Harga Gultik Blok M

Salah satu alasan gultik menggunakan daging sapi adalah lebih ramah di lidah penduduk Jakarta. Tak hanya itu. Daging kambing yang biasa digunakan pada gulai khas Jawa, sering dianggap penyebab naiknya tekanan darah tinggi dan kolesterol. Sehingga sebagian orang yang menganggapnya sebagai pantangan.

Gultik Blok M disajikan dalam porsi kecil dengan beberapa potong daging sapi. Baik itu bagian has, jeroan, tetelan, tergantung variasi penjual. Sebab itulah terkadang gultik diplesetkan menjadi gule saithik, dimana dalam bahasa Jawa berarti sedikit.

Untuk porsi paling sedikit dibanderol seharga Rp10.000. Sedangkan porsi lain dijual mulai dengan harga Rp20.000. Pembeli terkadang memesan porsi kecil dalam jumlah lebih dari satu.

Rekomendasi Gultik Blok M yang Enak 

Rekomendasi Gultik Blok M yang Enak
Rekomendasi Gultik Blok M yang Enak

Pedagang gultik Blok M biasanya berasal dari Solo, Klaten, atau Sukoharjo. Rasa gultik yang dijual memang mirip. Namun selalu ada pembeda antara satu dengan lainnya. Kawanjo bisa memilih dari deretan pedagang yang berjejer. Berikut adalah rekomendasi 2 penjual gultik Blok M terkenal yang bisa dituju untuk pengalaman kuliner yang menarik:

  1. Warung Gultik Mas Tri.

    Ohya, satu lagi keunikan gultik Blok M. Yakni selalu buka setelah senja pergi. Sehingga inilah saran terbaik kuliner malam di Jakarta Selatan. Menikmati seporsi gulai dengan nasi dan lauk tambahan di bawah langit gelap berbintang, salah satunya bisa dirasakan bila berada di warung gultik Mas Tri.Gegara pernah menjadi tempat makan malam dari salah satu capres, warung gultik Mas Tri sempat viral baru-baru ini. Pengunjung pun menjadi semakin ramai dan ingin membuktikan kelezatan menu makanan ikonik Jakarta ini, yang membuat sang capres sampai habis dua piring!

  2. Gultik Bulungan Agus Budi.

    Gultik Agus Budi buka sejak tahun 1980. Buka setiap hari, pembeli bisa bisa datang di warungnya. Yakni di Blok M Plaza, Jalan Bulungan No.40, Kecamatan Kebayoran Baru. Yakni pada pukul 16:30 hingga 05:00 WIB.Warung gultik Blok M legendaris ini memiliki pelanggan berbagai kalangan. Mulai dari masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa, hingga pegawai kantoran.  Gultik yang disajikan biasanya disertai dengan lauk sate jeroan seperti ati ampela atau usus. Harganya berkisar antara Rp10.000 sampai dengan Rp18.000.

Gultik Blok M memberi pengalaman kulineran yang menarik. Sensasinya seolah membawa pada kenangan manis masa lalu. Suasana dan rasa masakan ini sendiri seolah memberikan sentuhan berbeda pada jiwa manusia. Jangan lupa mencobanya ketika sedang berada di Jakarta Selatan.

0 comments on “Rekomendasi Gultik Blok M Ikonik, Hadirkan Kenangan Menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.