UNESCO Global Geopark
PigiNews

Resmi! Geopark Belitung Masuk Daftar UNESCO Global Geopark

Keindahan yang dimiliki oleh Indonesia memang tidak diragukan. Buktinya, Geopark Belitung masuk daftar UNESCO Global Geopark ke-6.

Bangga jadi orang Indonesia! Siapa yang tidak kenal dengan negara yang dijuluki sebagai surganya dunia ini? Bicara soal keindahan, Indonesia memang kaya akan segala hal. Mulai dari flora dan fauna, adat istiadat, sampai beberapa destinasi wisata yang indah. Kini, Indonesia kembali mendapatkan sebuah penghargaan lewat UNESCO Global Park. 

Apa sih itu geopark? Geopark sendiri itu merupakan wilayah geografis terpadu dengan mengedepankan perlindungan lanskap dan situs geologi yang berkelanjutan menjaga keseimbangan antara konservasi, edukasi, dan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Setidaknya Pigijo kasih tahu, di Indonesia itu ada sekitar 40 geoheritage yang tersebar di berbagai provinsi. 

Baca Juga : Bangkitkan Dunia Pariwisata Indonesia, Sandiaga Uno Gaspol ke Sumbar

Melansir Instagram resmi @kemenparekraf.ri tepat pada tanggal 15 April 2021, Indonesia kembali resmi menambah daftar UNESCO Global Geopark (UGG) yang ke-6. Mau tahu tidak dimana geopark Indonesia yang masuk daftar UNESCO Global Geopark? Ya, Geopark Belitung di provinsi Kepulauan Bangka Belitung jadi pemenangnya nih!

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif patut bangga! UNESCO Global Geopark (UGC) memilih geopark Belitong karena dianggap punya keunikan dengan adanya keterkaitan kuat antara aspek geologis, biologis, dan budaya. Di samping itu, UNESCO juga secara jelas mengakui keunikan lanskap geologi Pulau Belitung dengan beragam flora dan faun. Dikarenakan saat ini Menparekraf Sandiaga Uno sedang berusaha membangkitkan gairah dunia pariwisata Indonesia. 

Secara langsung geopark berpotensi sebagai destinasi wisata unggulan skala global. Tentu saja ini sejalan dengan Sandiaga Uno yang pernah mengatakan jika Kemenparekraf mau fokus mengembangkan beberapa (geopark) yang tentunya dekata dengan destinasi wisata yang sudah sentral. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan berkolaborasi dengan @kesdm yang siap mempromosikan potensi wisata agar Indonesia bisa lebih dikenal di dunia pariwisata karena punya destinasi wisata menarik yang tentunya didukung dengan infrastruktur yang baik juga. 

Adapun UNESCO Global Geopark lainnya yang ada di Indonesia dan sudah menjadi destinasi wisata favorit adalah : 

  • Geopark Batur (BalI)
  • Geopark Gunung Sewu ( DI Yogyakarta Jawa Tengah dan Jawa Timur)
  • Geopark Rinjani (Nusa Tenggara Barat)
  • Geopark Ciletuh Pelabuhan ratu (Jawa Barat)
  • Geopark Kaldera Toba (Sumatra Utara).

Jika belum sempat menjelajahi Indonesia, buruan ngetrip sekarang! Temukan paket wisata menariknya di sini

Baca Juga : Trip Desa Wisata Bisa Jadi Tren Liburan Pascapandemi

0 comments on “Resmi! Geopark Belitung Masuk Daftar UNESCO Global Geopark

Leave a Reply

Your email address will not be published.