Serunya Kulineran Makanan Khas Bangka Belitung yang Populer
Local Experiences

Serunya Kulineran Makanan Khas Bangka Belitung yang Populer

Pergi liburan ke suatu tempat di Indonesia itu belum lengkap tanpa kulineran. Salah satunya adalah kulineran makanan khas Bangka Belitung

Indonesia punya banyak keberagaman, mulai dari budaya, makanan sampai juga destinasi wisata yang menarik di setiap kotanya. Hal ini menjadi sebuah identitas penting dan nilai positif bagi masyarakat itu sendiri. Dan hal ini juga yang jadi kunci pertumbuhan pariwisata, termasuk para kunjungan wisatawan baik lokal dan internasional. 

Baca Juga : Kulineran Enak di Kediri Jawa Timur Si Kota Tahu

Salah satu dari sekian banyak produk budaya beragam di Indonesia adalah makanan atau kulinerannya kawanjo. Kali ini kita akan bahas kulineran di kota Bangka Belitung. Seperti kita ketahui, Bangka Belitung adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Di sini banyak sekali pulau-pulau kecil juga kawanjo. Jika kamu berkesempatan ngetrip ke Bangka Belitung jangan lupa untuk mencicipi kulinernya yang khas ya kawanjo. 

Mie Belitung

Serunya Kulineran Makanan Khas Bangka Belitung yang Populer
Mie Belitung cocok disantap setelah selesai bermain di Pantai nih

Ini adalah makanan yang wajib masuk daftar kamu saat ngetrip ke Bangka Belitung. Ini adalah Mie Belitung kawanjo. Mie kuning ddengan kuah kaldu udang ini cocok banget menggoyang lidah. Kunci utamanya adalah rempah yang kaya, sehingga mie Belitung gak pernah lepas dari bumbu-bumbu yang ciamik. Merica, jahe, bawang merah, dan sebagainya ada di sini. 

Mie Belitung disajikan dalam mangkuk dengan topping berupa udang, kentang rebus, timun dan juga emping. Cocok banget disantap saat musim hujan tiba ataupun setelah puas menjelajahi keindahan pantai Bangka Belitung kawanjo. 

Berego Belitung

Serunya Kulineran Makanan Khas Bangka Belitung yang Populer
Sekilas mirip lontong sayur, hanya saja berbeda dari bahan dan juga kuahnya nih

Sekilas kuliner ini mirip sekali dengan lontong nih kawanjo. Walaupun sama-sama berwarna putih dan diguyur kuyah, berego terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan sagu kemudian dikukus. Dengan begitu tekstur kuliner khas Bangka Belitung ini sangat kenyal saat dimakan dengan kuah kari ikan. Pokoknya sangat nikmat deh, pas buat kawanjo yang habis seharian ngetrip menjelajahi Bangka Belitung. 

Lempah Kuning/ Gangan

Serunya Kulineran Makanan Khas Bangka Belitung yang Populer
Sebagian ada yang menggunakan bagian kepala ikan, tapi ada juga bagian badan dan buntut

Bangka Belitung adalah sebuah pulau yang indah. Sudah pasti, hasil utamanya berasal dari laut. Soalnya, Bangka Belitung adalah pulau di Indonesia yang punya ratusan pantai nih! Kulineran juga enak seperti Lempah Kuning. Ini sangat populer di Bangka Belitung kawanjo. Saking enaknya, sampai kuliner yang satu ini masuk ke dalam Cagar Budaya Nasional Takbenda. Kalau ngetrip ke Bangka Belitung, makanan ini kerap dikenal dengan sebutan Gangan. 

Makanan ini dibuat dari ikan. Dengan dua jenis ikan yang paling populer yaitu ikan tenggiri atau kakap merah. Bagian terbaik dari kedua ikan ini akan diolah jadi lempah kuning adalah kepalanya. Walau kadang bagian badan dan ekor ikan juga sering digunakan. Kenikmatan kuliner ini adalah lempah kuning. Lempah kuning berasal dari kunyit dan lengkuas, terasi dan cabai. Pokoknya kaya rasa deh.

Nah, kira-kira itulah rekomendasi kuliner Bangka Belitung kawanjo. Kira-kira ada lagi nggak ya, boleh berikan rekomendasi pada kolom komentar ya. Jangan lupa juga cek Paket Wisata menariknya di sini.

Baca Juga : 6 Kuliner Lezat Bali Khas Perayaan Nyepi

0 comments on “Serunya Kulineran Makanan Khas Bangka Belitung yang Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published.