PigiNews

Siapkan 4.000 Tiket, Dieng Culture Festival Kembali Digelar 23-25 Agustus 2024

Siapkan 4.000 Tiket, Dieng Culture Festival Kembali Digelar 23-25 Agustus 2024

Panitia Dieng Culture Festival (DCF) telah mengumumkan jadwal untuk DCF XIV 2024, yang akan berlangsung pada 23-25 Agustus 2024. Festival ini akan mengedepankan pergelaran seni tradisi, dengan prosesi ruwatan anak berambut gimbal tetap menjadi acara utama.

Alif Faozi, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, menyebutkan bahwa beberapa acara musik yang biasanya menjadi bagian dari DCF akan dikurangi. Tahun ini, hanya Jazz Atas Awan yang akan diadakan, sementara Harmoni Atas Awan ditiadakan. Acara musik hanya akan berlangsung satu malam saja. Alif juga menyampaikan bahwa kemungkinan acara Harmoni Atas Awan dan Jazz Atas Awan akan dijadikan acara terpisah dari DCF untuk menarik lebih banyak wisatawan ke Dataran Tinggi Dieng.

Dalam rapat virtual yang diadakan pada 10 Juni 2024, Alif berharap pihak-pihak yang mengetahui kegiatan DCF sebelumnya bisa menginformasikan kepada yang belum tahu agar tidak ada miskomunikasi. Selain itu, Alif juga berharap Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Purwokerto bisa kembali memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan Dieng Culture Festival 2024 atau DCF XIV seperti tahun-tahun sebelumnya. Terkait dengan lokasi kegiatan, dia mengatakan pihaknya masih akan mengoordinasikan tempat dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Baca juga: Jadi Negara Pertama di Asia Tenggara, Indonesia Jadi Tuan Rumah World of Coffee Trade Show 2025

dieng culture festival, dieng culture festival 2024,
Dieng Culture Festival 2022.

Dieng Culture Festival 2024 atau DCF XIV sebenarnya direncanakan untuk tahun 2023, tetapi ditunda karena proyek penataan Kawasan Wisata Dieng hingga 2024. Penjabat Bupati Banjarnegara, Muhammad Masrofi, menambahkan bahwa penataan area Kompleks Candi Arjuna akan selesai pada pertengahan Juli 2024, sehingga lokasi tersebut dapat digunakan untuk acara DCF.

Alif mengakui bahwa animo pengunjung selalu tinggi setiap DCF (Dieng Culture Festival), tidak hanya dari wisatawan lokal tetapi juga dari berbagai daerah di Indonesia. Ia berharap DCF tetap memiliki nilai tawar tinggi sehingga dukungan dari berbagai pihak, termasuk BI Purwokerto, terus berlanjut untuk kesuksesan acara tahunan ini.

DCF (Dieng Culture Festival) juga akan menggabungkan unsur budaya masyarakat, potensi wisata alam Dieng, serta pemberdayaan masyarakat lokal. Festival ini merupakan hasil kolaborasi antara Pokdarwis Dieng Pandawa dengan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, melibatkan berbagai elemen masyarakat dan lembaga di Dieng dan sekitarnya. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, Tursiman, melalui Kabid Kebudayaan, Yelly Harmono, mengatakan bahwa DCF diharapkan dapat menjadi magnet bagi wisatawan domestik maupun mancanegara, sekaligus memperkuat identitas budaya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal.

DCF akan menampilkan berbagai kegiatan menarik yang mencerminkan kekayaan budaya dan alam Dieng, seperti jalan sehat dan aksi Dieng bersih, minum purwaceng bersama, kirab budaya, cukur rambut gembel, festival desa wisata Banyumas Raya, pameran kerajinan dan kuliner lokal, pameran produk ekonomi kreatif, pertunjukan seni budaya, pagelaran musik harmoni atas awan, pesta lampion dan kembang api, pagelaran Jazz Atas Awan, Kongkow budaya, dan gebyar shalawat.

Baca juga: Rekomendasi 5 Event Seru Selama HUT Jakarta ke-497!

dieng culture festival, dieng culture festival 2024,
Dieng Culture Festival 2022.

Untuk mendukung kesuksesan DCF tahun 2024, DPUPR Kabupaten Banjarnegara melalui UPT wilayah V terus melakukan pembenahan pada infrastruktur jalan menuju kompleks candi Dieng Kulon dan beberapa objek wisata lainnya. Sekdin DPUPR Kabupaten Banjarnegara, Arqom Al Fahmi, mengatakan langkah tersebut merupakan upaya Pemkab Banjarnegara untuk menciptakan rasa nyaman bagi wisatawan yang akan menuju kawasan Dieng Banjarnegara, baik dari segi kondisi jalan maupun sarana penunjang lainnya.

Selain itu, panitia DCF telah menyiapkan 4.000 tiket untuk wisatawan. Alif menyebut bahwa berdasarkan event DCF tahun-tahun sebelumnya, perkiraan wisatawan yang datang mencapai 10 kali lipat dari tiket yang disediakan. Oleh karena itu, ia bersama Pemerintah Kabupaten Banjarnegara tengah mempersiapkan agar wisatawan tetap nyaman saat datang pada event DCF. Salah satu yang menjadi evaluasi adalah padatnya pengunjung DCF di malam hari, terutama saat Jazz Atas Awan. Untuk mengatasi hal ini, akan ada penambahan pintu masuk ke lokasi Jazz Atas Awan.

Banner WEB 4

Wah pasti seru banget ya? Kamu pun bisa jadi saksi fenomena budaya kolosal di Negeri Atas Awan ini. Pigijo punya nih paket trip spesial yang mengantarmu pada Dieng Culture Festival 2024. Pesan paket wisatanya dalam periode 26-30 Juni 2024, kamu akan dapat harga early bird senilai Rp1.995.000/pax. Di sana kamu bisa ikut di berbagai kegiatan, mulai dari kirab budaya, pemotongan rambut anak gimbal, konser jazz di atas awan hingga pelepasan lampion yang teramat syahdu. Cek detail itinerary dan titik kumpulnya di sini atau bisa langsung hubungi kami via chat di nomor 0822-4659-8802 (CS) ya! Buat yang nggak mau kehabisan tiket, langsung order pesananmu melalui button di bawah ini!

Order now 1

0 comments on “Siapkan 4.000 Tiket, Dieng Culture Festival Kembali Digelar 23-25 Agustus 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.