5 Rekomendasi Tips Kesehatan Saat Liburan Di Masa Pandemi
Health Lifestyle

5 Rekomendasi Tips Kesehatan Saat Liburan Di Masa Pandemi

Ada banyak cara untuk tetap bisa berlibur bersama keluarga dan teman di masa pandemi ini. Yuk cek tipsnya berikut ini.

Masa  pandemi COVID-19 ini memang terasa menyulitkan. Selain karena efek domino, yang dihasilkan oleh COVID-19 seperti Pemutusan Hubungan Kerja, dan juga tutupnya beberapa bisnis dan usaha milik warga Indonesia. COVID-19 juga menghancurkan pariwisata Indonesia khususnya. Penyebaran virus COVID-19 yang terbilang cepat, membuat kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang dibuat oleh Pemerintah Indonesia. 

Tapi kamu tidak usah khawatir kawanjo, kalau tetap ingin liburan pulang pergi, wisata dekat ataupun staycation bersama keluarga tercinta ataupun teman-teman. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif lewat bapak Menterinya yaitu Sandiaga Uno punya tips yang isinya sebuah pesan agar kawanjo tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan begitu, kamu bisa tetap traveling dengan rasa aman dan nyaman di pandemi COVID-19 ini. 

Di bawah ini ada 5 rekomendasi tips kesehatan saat liburan bersama keluarga yang mungkin bisa dijadikan sebagai pedoman ketika akan mengikuti open trip liburan ataupun staycation bersama keluarga.

1. Jangan Pernah Makan di Kendaraan Umum

5 Rekomendasi Tips Kesehatan Saat Liburan Di Masa Pandemi

Tak ada salahnya jika kawanjo menyempatkan liburan yang bisa memanjakan mata sekaligus merelaksasi tubuh. Seperti sudah menjadi suatu kebutuhan, liburan kerap kali tertunda dan tak masuk agenda, terutama di pandemi COVID-19 ini. Apalagi jika ada tawaran menarik terkait paket wisata dan juga open trip murah  yang seru dan menarik khusus menjelajahi destinasi di Indonesia saja. 

Tips pertama adalah jangan pernah coba-coba makan di kendaraan umum. Ini saran dari Pigijo dan juga berbagai pakar kesehatan buat kawanjo. Saat traveling, hindari makan di kendaraan umum. Ini dikarenakan virus COVID-19 seringkali menempel pada benda-benda yang ada di sekitar kita. Apalagi jika itu adalah kendaraan umum yang dipenuhi oleh orang-orang yang tidak kawanjo kenal. Dengan kata lain, benda bisa jadi sarang virus kawanjo. 

2. Pilih Wisata yang Dekat Sekaligus di Luar Ruangan Kawanjo!

5 Rekomendasi Tips Kesehatan Saat Liburan Di Masa Pandemi

Kawanjo pasti pernah mendengar jika lebih aman berada di ruangan terbukan daripada di dalam ruangan tertutup dan difasilitasi oleh AC? Itu dikarenakan Covid-19 juga disinyalir bisa menular lewat udara, dan rentan terjadi di ruangan yang tertutup kawanjo. Ini juga jadi saran dari Pemerintah dan juga Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bagi warga demi menjaga kestabilan pariwisata Indonesia.

Oleh karena itu penting sekali memilih paket wisata ataupun open trip yang lebih banyak menawarkan aktivitas di luar ruangan dan juga membatasi jumlah orang yang akan ikut liburan tersebut. Seperti beberapa paket trip yang bisa kawanjo temukan di Pigijo. Selain itu traveling di ruangan terbuka juga bisa membuat kawanjo dan keluarga melakukan protokol kesehatan yaitu dengan cara menjaga jarak. 

3. Hindari Makan di Restoran yang Ramai

5 Rekomendasi Tips Kesehatan Saat Liburan Di Masa Pandemi

Selama liburan bersama keluarga, baik itu staycation ataupun liburan pulang pergi, kawanjo sebaiknya tidak makan di restoran yang ramai. Apalagi restorannya itu sangat tertutup dan tidak ada ruangan terbuka. Benda bisa jadi sarang virus seperti bangku tempat duduk, piring makan, gelas minum, sampai meja tempat makan yang akan digunakan kawanjo. Meskipun, sudah banyak tempat makan yang menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku dan ditetapkan. 

Tipsnya kawanjo dibolehkan makan di restoran yang hanya menyediakan tempat terbuka. Karena jika tempat makan di luar ruangan, kawanjo bisa menjaga jarak sehingga meminimalisir penularan virus COVID-19 yang dikenal mematikan yang sudah menjangkiti jutaan orang di dunia.

4. Membawa Peralatan Makan Sendiri

5 Rekomendasi Tips Kesehatan Saat Liburan Di Masa Pandemi

Ini juga menjadi salah satu dari sekian tips rekomendasi liburan aman bersama keluarga. Bagi kawanjo yang suka menikmati makan sambil liburan, sebaiknya mencari tempat makan terbuka dan juga membawa peralatan makan sendiri. Tidak hanya peralatan makan saja, demi menjaga protokol kesehatan kawanjo juga usahakan membawa perlengkapan ibadah pribadi agar lebih aman dan tidak bercampur dengan orang lain. 

Baca Juga : Spiritual Bagi Umat Muslim, 4 Destinasi Religi Ini Wajib Dicoba

5. Menjalankan Protokol Kesehatan

5 Rekomendasi Tips Kesehatan Saat Liburan Di Masa Pandemi

Dunia pariwisata Indonesia memang sedang terguncang karena pandemi COVID-19. Tetapi, bukan berarti kawanjo tidak bisa traveling bersama keluarga. Liburan  bersama keluarga menjadi sebuah pilihan bagus, apalagi banyak perusahaan yang memberlakukan sistem kerja dari rumah atau WFO. 

Patuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sekaligus terus diingatkan oleh Sandiaga Uno. Menjaga jarak satu sama lain, membawa handsanitizer dengan alkohol minimal 60 persen, rajin mencuci tangan dan terakhir usakan saat pergi liburan bersama keluarga, hindari menyentuh area wajah sebelum melakukan hal-hal seperti di atas ya kawanjo!. Liburan saat pandemi COVID-19 itu gak ribet kok, cuma harus patuh sama protokol kesehatan dan tetap waspada. Cek di sini untuk informasi seputar paket wisata dan trip lokal yang keren-keren di sini

0 comments on “5 Rekomendasi Tips Kesehatan Saat Liburan Di Masa Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published.