Wisata Kapal Pinisi IKN
Local Experiences

Wisata Kapal Pinisi IKN, Terobosan Baru Menikmati Pesona Alam Kalimantan

Bumi Kalimantan terkenal hijau dan biru. Hijau hutannya dan biru lautnya, mengukir keindahan nan menentramkan kalbu. Wajar bila pemerintah mencanangkan program wisata Kapal Pinisi IKN

Bumi Kalimantan terkenal hijau dan biru. Hijau hutannya dan biru lautnya, mengukir keindahan nan menentramkan kalbu. Wajar bila pemerintah mencanangkan program wisata Kapal Pinisi IKN (Ibukota Nusantara) yang seru. Bolak-balik, melintas dari Balikpapan ke ibukota baru.

Si kapal ajaib dari Indonesia ini menjadi alat untuk mengenalkan Kalimantan yang dunia maritim dan alamnya berpotensi. Terutama IKN yang merupakan ibukota baru, harus diperkenalkan lagi dan lagi. Termasuk potensi wisatanya yang cantik alami. Kehadiran sang raja bahari bakal menambah daya tarik tersendiri.

Menteri Perhubungan RI menyampaikan dukungannya atas rencana wisata kapal pinisi IKN. Saat melakukan kunjungan kerja ke Balikpapan, pada Jumat tanggal 21 Juli 2024, Budi Karya Sumadi mengatakan, “Potensi wisata di perairan Balikpapan yang masih hijau dan alami sangat mengagumkan dan sayang sekali apabila tidak dimaksimalkan. Pelabuhan Punggur, Pelabuhan ITCI, dan Pusat Suaka Orangutan rencananya akan menjadi rute pelayaran kapal pinisi untuk kepentingan wisata di wilayah Balikpapan, khususnya untuk menuju kawasan IKN.”

Baca Juga: Inilah Daftar 110 KEN tahun 2024, Saatnya Budaya Indonesia Sebagai Panggung Dunia

Rute Wisata Kapal Pinisi IKN

Rute Wisata Kapal Pinisi IKN
Rute Wisata Kapal Pinisi IKN

Per tanggal 1 Agustus sampai 31 Desember 2024, penumpang akan mendapatkan pengalaman menarik. Menikmati pesona wisata di IKN dan Balikpapan. Yang menggabungkan keindahan alam dan budaya maritimnya.

Adapun pilihan rutenya yang pertama adalah berlayar dari Pelabuhan Semayang Kota Balikpapan Kalimantan Timur k Jembatan Pulau Balang IKN untuk passing lanjut memutar di Dermaga PT ITCI KU Paser Kalimantan Timur kemudian kembali lagi ke Pelabuhan Semayang.

Rute kedua adalah sebaliknya. Berangkat dari Dermaga PT ITCI KU menuju Jembatan Pulau Balang untuk passing. Lanjut memutar du Pelabuhan Semayang dan kembali ke Dermaga PT ITCI KU. Diperkirakan, masing-masing rute memakan waktu 3 jam 30 menit. Penumpang Kapal Pinisi IKN akan berlayar dan menikmati aktivitas wisata yang telah disediakan.

Baca Juga: Wisata Kapal Pinisi dan Tangguhnya Pelayaran Nusantara

Aktivitas Wisata Kapal Pinisi di IKN

Aktivitas Wisata Kapal Pinisi di IKN
Aktivitas Wisata Kapal Pinisi di IKN

Pinisi memiliki nilai historis dan budaya yang kuat. Kapal ini telah digunakan selama berabad-abad untuk pelayaran komersial dan transportasi, menjadikannya simbol kehebatan maritim Nusantara. Menjadi bagian dalam pelayarannya, adalah hal istimewa. Apalagi rute yang dilewati adalah spesial, menjelajah sekitar ibukota baru negeri Indonesia.

Bukan hanya berdiam di kapal. Penumpang bisa melakukan banyak aktivitas yang menyenangkan. Yang pertama tentulah menikmati pemandangan sekitar. Akan jadi pengalaman seru mengamati keindahan alam dari atas lautan. Karen setiap rute yang tersedia, dirancang untuk menampilkan keelokan perairan Balikpapan.

Selanjutnya adalah lebih dari menikmati pesona. Selama perjalanan, wisatawan bisa menikmati berbagai pengalaman menarik. Mulai dari wisata kuliner dan mengunjungi gedung serba guna serta Jembatan Pulau Balang, hingga eksplorasi hutan bakau. Yang menarik lagi adalah mengunjungi penangkaran orangutan dan melihat hewan endemik lainnya seperti ikan pesut, bekantan, dan buaya.

Tak kalah asyik adalah menikmati tur kota di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan. Apalagi dengan mengendarai kendaraan ramah lingkungan yang menawarkan wawasan tentang kemajuan dan keindahan Ibu Kota Nusantara. Dengan berlayar, bisa memangkas waktu perjalanan dari Balikpapan ke IKN begitu sebaliknya. Sehingga wisatawan memiliki lebih banyak waktu dalam menikmati berbagai kegiatan di atas.

Wisata Kapal Pinisi di IKN menjadi terobosan untuk mengenalkan potensi pariwisata IKN. Sehingga bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan selebihnya, mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal.

0 comments on “Wisata Kapal Pinisi IKN, Terobosan Baru Menikmati Pesona Alam Kalimantan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.