Tipe - tipe traveler
Local Experiences

Tipe-Tipe Traveler di Muka Bumi, Kamu Termasuk yang Mana?

Beberapa di antaranya bisa menghasilkan cuan nih Kawanjo!

Kawanjo tahu tidak kalau ada banyak tipe-tipe traveler di muka bumi ini? Memang sih semua traveler tujuannya sama yaitu untuk berlibur atau berpetualang. Tapi jika Kawanjo amati secara lebih dalam, para traveler biasanya punya motif tersendiri saat ngetrip ke suatu destinasi wisata. Kawanjo sendiri sudah tahu tipe traveler yang seperti apa? Langsung aja yuk kita bahas!

  1. The Collector
The Collector
Koleksi foto adalah salah satu keharusan bagi The Collector.

Sesuai namanya, tipe traveler satu ini gemar mengoleksi setiap informasi dari destinasi wisata yang ia kunjungi. Mulai dari foto-foto pemandangannya, informasi mengenai akomodasi dan transportasi bahkan sampai tempat makan favorit. The Collector ini biasanya akan menceritakan perjalanan liburan beserta informasi yang dia dapatkan di sebuah platform sosial media. Tak jarang traveler tipe ini bisa menjadi populer berkat informasi-informasi yang ia bagikan. 

2. The Conformist

Kegiatan acara budaya
Mengikuti kegiatan budaya daerah adalah kenanagan terindah untuk para Conformist.

Tak hanya sekedar ngetrip, tipe traveler yang satu ini juga suka mengikuti kegiatan sosial dan memperhatikan lingkungan serta budaya daerah yang ia kunjungi. Pengalaman kegiatan sosial dan berbaur dengan masyarakat sekitarnya merupakan pengalaman berharga buat traveler tipe Conformist. Oleh karena itu biasanya tipe ini lebih sering berlibur atau berkunjung ke daerah-daerah terpencil yang masih melakukan kegiatan budaya setempatnya.

3. The Thrill Seeker

Mencoba rafting
Mencoba rafting juga bisa jadi kegiatan seru untuk tipe Thrill Seeker.

Dari namanya saja, Kawanjo pasti sudah bisa tebak. Ya, tipe traveler ini menyukai wisata alam terbuka yang menguji adrenalin. Let say, destinasi wisata yang sulit dilalui tentu menjadi tantangan tersendiri bagi tipe traveler ini. Mereka akan lebih berantusias pada trek yang sulit dan menantang. Ada sebuah kepuasan bagi tipe The Thrill Seeker saat ia bisa melewati tantangan yang ada. Tak jarang tipe traveler ini juga bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dari pengalaman yang mereka bagikan di platform media sosial karena lokasi yang menantang dan anti-mainstream.

4. The Escapist

Menengkan diri dari rutinitas
Menenangkan diri dari tekanan rutinitas sehari-hari yang membuat penat.

Tipe Escapist biasanya berlibur dan mencari tempat-tempat yang bisa membuatnya merasa tenang. Kegiatan berlibur mereka biasanya dilatarbelakangi oleh rasa jenuh, patah hati, stres atau sedang berada dalam masalah. Mereka biasanya menyukai tempat-tempat yang sepi atau jarang dikunjungi. Namun, tipe ini juga tidak bisa lepas dari fasilitas juara seperti kenyamanan penginapan, atau pemandangan ciamik dari kamar.

5. The Self Improver

Melakukan perjalanan seorang diri
Melakukan solo traveling adalah hal yang biasa bagi para Self Improver.

Tipe traveler Self Improver ini lebih suka melakukan solo traveling. Beberapa dari mereka ada yang menyukai solo traveling dikarenakan sifat introvert yang mereka miliki. Ada juga yang memutuskan berlibur sendiri agar nantinya bisa bertemu dan berkenalan dengan banyak orang baru. Mereka akan berwisata ke mana pun sesuai keinginan mereka, mulai dari yang memberikan kenyamanan sampai bepergian ke destinasi wisata yang ekstrim.

6. The Pilgrim

Berlibur bersama teman
Berlibur bersama sekelompok teman atau pun keluarga adalah ciri dari tipe Pilgrim.

The Pilgrim ini adalah tipe traveler yang suka merencanakan liburannya bersama-sama. Mereka bepergian dengan kelompok mereka untuk bersenang-senang dan menjalin quality time untuk mengeratkan hubungan. The Pilgrim biasanya akan pergi berwisata ke tempat yang sedang hits dan menyenangkan. Sangat mudah untuk menemukannya, biasanya orang-orang tipe ini selalu eksis dengan foto-foto seru dengan kelompoknya.

7. The Pioneer

Menjajaki spot wisata yang baru di temukan
Menjelajah destinasi wisata yang bisa menjadi spot baru oleh para traveler lainnya.

Seperti namanya The Pioneer, mereka agak berbeda dari tipe-tipe traveler lainnya. Mereka akan berkunjung ke sebuah destinasi wisata yang nantinya bisa dipublikasi dan menjadi spot wisata baru bagi wisatawan lainnya. Para The Pioneer ini adalah seorang backpacker yang memiliki fisik dan jiwa yang tahan banting untuk menjelajahi alam sebab tujuan wisatanya menemukan tempat-tempat yang masih jarang sekali dikunjungi.

8. The Ocassional

Liburan Honeymoon
Berlibur untuk honeymoon adalah salah satu alasan Occasional untuk pergi.

Tipe traveler Occasional ini berlibur didasari oleh alasan yang kuat seperti, bepergian untuk honeymoon, acara keluarga atau berwisata sekaligus pergi menonton konser band kesukaan. Mereka biasa berkunjung ke tempat-tempat wisata yang memang sudah biasa dan banyak dikunjungi oleh banyak orang. Karena punya tujuan yang khusus, mereka juga tak suka berlama-lama dalam bepergian.

9. The Oblivious

Menikmati waktu me time
Menikmati staycation adalah liburan terbaik bagi tipe oblivious.

Tipe traveler yang terakhir ini adalah tipe oblivious. Mereka mau dan siap bepergian kemanapun asalkan menginap di penginapan yang nyaman dan penuh fasilitas. Mereka lebih menyukai liburan staycation yang mana tipe ini lebih memilih untuk menghabiskan waktu di hotel atau penginapan. tipe oblivious biasanya sudah merasa senang dengan pergantian suasana baru yang bisa me-refresh pikirannya. Bisa dibilang tipe ini lebih menyukai me time dari pada berpetualang di luar sana.

Nah dari sembilan tipe traveler di atas, kira-kira Kawanjo merupakan tipe yang mana nih? Atau jangan-jangan kamu belum bisa mengenali tipe traveler dirimu sendiri? Kalau begitu Kawanjo bisa langsung mencoba berlibur lebih dulu. Untuk referensi destinasi wisata seru, bisa di cek di sini ya Kawanjo. Setelah itu, coba ketahui kamu tipe traveler yang seperti apa. Selamat mencoba!

Penulis : Rahma Mutiara

0 comments on “Tipe-Tipe Traveler di Muka Bumi, Kamu Termasuk yang Mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published.