10 Pantai Pasir Hitam Nan Eksotis di Bali
Local Experiences

10 Pantai Pasir Hitam Nan Eksotis di Bali

Pantulan sinar matahari menghadirkan kilauan indah disepanjang pantai berpasir hitam

Menghabiskan waktu liburan bareng orang terdekat dengan ngetrip ke pantai memang jadi pilihan banyak orang. Kawanjo pasti setuju jika pantai yang ada di Pulau Bali memiliki keindahan tersendiri, hingga banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Destinasi wisata pantai dengan pasir putih dan pemandangan sunset maupun sunrise pasti bakal jadi incaran kawanjo. Tapi jangan salah, di Bali juga ada pantai dengan pasir hitam yang tak kalah indah dan eksotis. Inilah 10 pantai pasir hitam yang tersebar di beberapa kawasan di Pulau Bali.

1. Pantai Padang Galak, Bali

10 Pantai Pasir Hitam Nan Eksotis di Bali

Pantai Padang Galak Bali merupakan wisata pantai yang masih jarang dikunjungi. Memiliki pemandangan yang indah dengan pasir hitamnya yang eksotis. Jadi sayang bila dilewatkan saat kawanjo ngetrip ke pulau Bali. Lokasi pantai ini ada di Jalan Padang Galak, Denpasar Timur.

Festival layang-layang berskala lokal, nasional, maupun Internasional secara rutin diselenggarakan di wisata pantai ini. Bila kawanjo ingin menyaksikan festival ini bisa ngetrip ke pulau Bali saat bulan Juli sampai September.

2. Pantai Lembeng, Bali

10 Pantai Pasir Hitam Nan Eksotis di Bali

Sesuai dengan namanya, wisata pantai ini berada di Desa Lembeng, Gianyar, Bali. Pantai pasir hitam yang satu ini memang begitu eksotis dan menawan. Ombak yang ada di pantai ini terbilang tinggi dengan deburan airnya yang begitu indah jadi surganya para peselancar.

Waktu ideal untuk berkunjung ke destinasi wisata pantai di Gianyar ini adalah saat pagi atau sore hari. Suasana yang tenang membuat kawanjo bisa bersantai menghilangkan penat dan bias sinar matahari yang tenggelam di ufuk Barat, menambah kesan romantis saat berada di kawasan ini,

3. Pantai Purnama, Bali

10 Pantai Pasir Hitam Nan Eksotis di Bali

Pantai berpasir hitam ini memang memiliki nama yang unik. Dikenal dengan nama pantai Purnama karena banyak wisatawan lokal yang berkunjung saat bulan purnama tiba. Lokasi wisata pantai pasir hitam ini ada di Banjar Lumpang, Gianyar, Bali.

Di lokasi ini kawanjo bisa berjalan-jalan di pagi hari sambil menghirup udara segar ditemani pemandangan alam laut indah, atau menikmati suguhan sunrise dan melakukan olahraga surfing.

4. Pantai Kusamba, Bali

10 Pantai Pasir Hitam Nan Eksotis di Bali

Destinasi wisata pantai pasir hitam yang ada di Desa Kusamba, Klungkung, Bali ini masih sangat terjaga keasriannya. Desa Kusamba juga dikenal sebagai kampung muslim di Bali dan menjadi yang pertama di Klungkung. Di sepanjang pantai, kawanjo bisa menyaksikan jejeran perahu cadik nelayan.

Bahkan, kawanjo bisa secara langsung melihat para nelayan menangkap ikan di laut dengan cara yang tradisional. Masyarakat di sekitar pantai ini umumnya berprofesi sebagai nelayan dan petani garam yang masih memegang teguh tradisi leluhur.

Di lokasi wisata pantai berpasir hitam nan eksotis ini, kawanjo bisa mengunjungi pondok-pondok tempat pembuatan garam di sepanjang pantai. Bagi wisatawan mancanegara, pembuatan garam khas warga Desa Kusamba sangat menarik, lantaran bisa menambah ilmu dan pengalaman baru tentang pembuatan garam secara tradisional.

5. Pantai Seseh, Bali

10 Pantai Pasir Hitam Nan Eksotis di Bali

Destinasi wisata Pantai Seseh memiliki hamparan pasir berwarna hitam yang luas dan berkilau. Air laut di kawasan ini sangat biru, dengan ombak besar sehingga kawanjo bisa melakukan olahraga menantang seperti surfing atau kitesurf. Sedangkan, kawasan wisata pantai yang tenang, pas buat kawanjo yang ingin menikmati ketenangan alam.

Di kawasan yang berlokasi di Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali ini terdapat 5 bangunan pura suci umat Hindu dan makam keramat salah seorang Wali Pitu, penyebar agama Islam di Pulau Bali yang bisa kawanjo kunjungi sebagai destinasi religi.

Baca juga: 6 Rekomendasi Wisata Saat Ngetrip Ke Pangalengan, Bandung

6. Pantai Mengening, Bali

10 Pantai Pasir Hitam Nan Eksotis di Bali

Pantai pasir hitam yang satu ini bisa ditemui ketika kawanjo mengunjungi Pura Tanah Lot. Lokasinya ada di Desa Cemangi, Badung, Tabanan Bali. Di lokasi yang sama kawanjo bisa menemukan sebuah pura bernama Pura Gede Luhur Batu Ngaus. Letaknya menjorok ke tengah lautan berdiri diatas batu karang dan sedikit lebih kecil ukurannya dari Pura Tanah Lot.

Pantai pasir hitam ini memiliki bebatuan besar, kawanjo bisa melakukan aktivitas memancing karena banyak jenis ikan yang bisa didapatkan. Jadi jangan lupa siapkan alat pancing, sebelum kawanjo berkunjung ke pantai Mengening. Selain itu, untuk mengabadikan momen yang indah saat sunset, kawanjo bisa berswafoto dengan latar Pura Gede Luhur Batu Ngaus.

7. Pantai Nyanyi, Bali

10 Pantai Pasir Hitam Nan Eksotis di Bali

Pantai pasir hitam ini lokasinya tak jauh dari kawasan pantai Mengening. Asal usul nama pantai Nyanyi diambil dari sebuah nama desa yang tempatnya berada di Dusun Nyanyi, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan Bali. Memiliki pasir yang eksotis berwana hitam legam dan halus. Pantulan sinar matahari yang mengenai material pasir hitam, membuat pasir di pantai Nyanyi ini lebih berkilau dibanding pantai pasir hitam lainnya.

Pantai yang berada di Bali Selatan ini berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia, memiliki ombak yang besar sehingga sangat ideal menjadi pantai tempat surfing. Tak hanya itu, suasana pantai yang tenang dengan lembayung yang indah saat sore hari, sangat ideal bagi kawanjo yang membutuhkan relaksasi dan refreshing.

8. Pantai Soka, Bali

10 Pantai Pasir Hitam Nan Eksotis di Bali

Pantai Soka yang terletak di Desa Antap, Selemadeg, Tabanan Bali memang memiliki pantai berpasir hitam nan eksotis. Dari pantai ini memandang ke arah Timur, kawanjo bisa melihat keindahan Gunung Agung dan di bagian Barat terhampar pemandangan persawahan serta perkebunan kelapa. Terdapat pula Goa Bulung Daya yang menjadi rumah bagi puluhan ribu burung walet.

Memiliki ombak yang tenang sangat cocok untuk aktivitas berenang. Jika kawanjo hobi memancing, pas banget kalau datang ke pantai Soka, karena banyak spot memancing ikan di kawasan ini. Tak hanya itu, kawanjo juga bisa merasakan memancing ke tengah laut bersama nelayan dengan menggunakan perahu tradisional.

9. Pantai Kelating, Bali

10 Pantai Pasir Hitam Nan Eksotis di Bali

Pantai pasir hitam ini masih berada di wilayah Tabanan. Lokasinya ada di Desa Kelating, Kerambitan memiliki pemandangan yang menakjubkan. Gulungan ombak yang ada di pantai ini sangat indah bahkan jadi surga bagi para peselancar dari dalam dan luar negeri.

Di kawasan pantai ini terdapat bangunan pura bernama Luhur Timan Agung dan goa kecil yang didalamnya dihuni oleh ribuan kelelawar. Tak hanya itu, pantai pasir hitam ini juga menjadi pertemuan air tawar dengan air laut.

10. Pantai Klecung, Bali

10 Pantai Pasir Hitam Nan Eksotis di Bali

Pantai Klecung yang berada di Desa Tegal Mengkeb, Selemadeg Timur, Tabanan Bali, memiliki pasir hitam yang berkilauan dan memberikan pesona tersendiri. Tekstur pantainya juga landai, sehingga kawanjo bisa menikmati suasana tepi pantai dengan nyaman. Ombak yang tenang, lebih asyik dimanfaatkan untuk berenang atau aktivitas snorkeling.

Itulah 10 destinasi wisata pantai berpasir hitam yang memiliki keindahan tersendiri dan bisa jadi alternatif pilihan saat kawanjo ngetrip ke Pulau Bali. Masih banyak loh destinasi wisata seru di Indonesia yang bisa kawanjo kunjungi, pilih aja paket wisata menariknya di sini

Baca juga: 5 Destinasi Wisata yang Terkenal akan Legendanya

0 comments on “10 Pantai Pasir Hitam Nan Eksotis di Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published.