wellness tourism
PigiNews

3 Daerah di Indonesia Ini Siap Dicanangkan Jadi Destinasi Wisata Kesehatan

Kemenparekraf siap kembangkan wisata kesehatan di Indonesia atau wellness tourism

Banyak strategi yang dilakukan guna memulihkan kembali industri pariwisata di Indonesia. Selain menambah banyak desa wisata, kini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga sedang mengembangkan wisata kesehatan atau wellness tourism. Melansir kompas.com, menurut Direktur Wisata Alam, Budaya, dan Buatan Kemenparekraf Alexander Reyaan, saat ini ada 3 daerah di Indonesia yang mau difokuskan jadi destinasi wisata kesehatan. 

 “Saat ini kami baru sementara fokuskan pada Yogyakarta, Solo, dan Bali. Ketiga daerah ini punya kekhususan dalam potensi wellness yang berbeda-beda,” ujar dia

Baca Juga : Sandiaga Uno Ingin Buat Wisata Sungai Banjarmasin Seperti Thailand?

Dalam Grand Opening Indonesia Wellness Tourism International Festival 2021 secara virtual, dirinya juga menambahkan jika Indonesia justru punya banyak potensi untuk mengembangkan wisata kesehatan. Ini dikarenakan setiap destinasi wisata di Indonesia punya keunikan tersendiri. Meski begitu, dari sisi pariwisata terkait destinasi wisata kesehatan sangat dipengaruhi oleh aksesibilitas, amenitas dan atraksi. 

Oleh karena pertimbangan ini akhirnya pihaknya memutuskan jika Yogyakarta, Solo dan Bali untuk dikembang lebih lanjut dan dipromosikan terkait destinasi wisata kesehatan tersebut.  “Kita harap, dari ketiga lokasi ini bisa menjadi pemicu pengembangan wisata kesehatan di destinasi-destinasi Indonesia,” tutur dia.

Destinasi kesehatan pun dibagi-bagi nih kawanjo : 

  • Yogyakarta

Untuk daerah Yogyakarta, destinasi wisata ini menawarkan tiga pola perjalanan wisata kesehatan yaitu Heals the Body, Exploring Jamu dan juga Java Spa Treatment. Sekedar informasi, untuk Heals the Body berlokasi di Sleman. Di sini ada beberapa kegiatan wisatanya seperti konsultasi dan diskusi, pengobatan holistik, serta berlatih self healing dan meditasi. 

  • Solo

Sedangkan untuk Surakarta sendiri ada empat pola perjalanan nih kawanjo, mulai dari 

Aromatic Expreience, Lawu Eco-wellness, dan Hortus Medicus Trip. Beberapa kegiatan wisata dalam Aromatic Experience adalah menjelajahi kebun dan museum, workshop seputar aromatic, yoga, serta aromatic treatment.

  • Bali 

Untuk Pulau Dewata atau Bali, Kemenparekraf mempersiapkan sejumlah pola perjalanan wisata kesehatan di sana. Diantaranya adalah Meet the Traditions, Healthy Delicious Tour, dan Explore the industries. Meet The Traditions menawarkan kegiatan wisata, seperti halnya menjelajahi pura, puri, dan pasar ditambah lagi belajar soal tradisi dan kesehatan di Ubud. 

Buat kamu yang mau coba paket wisata wellness bisa cek di sini nih kawanjo. Dijamin banyak pilihan menariknya deh.

Baca juga : Benarkah Industri Pariwisata Menuju Pulih di Kuartal Dua Tahun 2021 Ini?

0 comments on “3 Daerah di Indonesia Ini Siap Dicanangkan Jadi Destinasi Wisata Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.