Wisata Jonggol
Local Experiences

3 Wisata Jonggol yang Lagi Hits, Alternatif daripada Terjebak Macet di Bogor

Wisata Jonggol yang lagi hits menawarkan keseruan yang tak kalah menarik dibandingkan destinasi lain

Wisata Jonggol yang lagi hits menawarkan keseruan yang tak kalah menarik dibandingkan destinasi lain. Sama-sama di Bogor, Jonggol memang lebih sepi dibandingkan area Puncak. Namun meski begitu, pesonanya tak kalah menarik sehingga pas buat menghabiskan waktu santai bersama keluarga. Daripada berdesakan dan terkena macet? Di Jonggol saja!

 

Jonggol merupakan kecamatan yang terletak di bagian timur Kabupaten Bogor. Karena menjadi penghubung antara wilayah Bogor, Jakarta, Bekasi dengan Cianjur, Karawang, Purwakarta bahkan sampai Bandung, Jonggol dianggap sebagai daerah yang strategis.

 

Daerah yang disebut dengan Bhutan Van Java ini pernah dicanangkan sebagai kandidat Ibu kota Indonesia. Yakni untuk menggantikan DKI Jakarta yang telah menjadi ibukota negara sejak tahun 1961. Pengusulan ini terjadi di kala era Orde Baru dengan kepemimpinan Presiden Soeharto dengan nama proyek Kota Mandiri Jonggol.

 

Jonggol dianggap paling realistis dan rasional untuk menjadi ibu kota, karena letaknya hanya 40 kilometer di sebelah tenggara Jakarta. Namun proyek Kota Mandiri Jonggol mengalami kegagalan disebabkan oleh Krisis Finansial Asia 1997 hingga mengakibatkan Kerusuhan Mei 1998. Dimana kerusuhan tersebut membuat Presiden Soeharto harus lengser dari jabatannya. Rencana besar proyek Kota Mandiri Jonggol sebagai Ibu kota Indonesia pun kandas. Hingga kini Kota Nusantara di Pulau Kalimantan lah yang ditetapkan menjadi ibu kota negara selanjutnya.

 

Wisata Jonggol Yang Lagi hits

Wisata Jonggol yang lagi hits
Wisata Jonggol yang lagi hits

Meskipun gagal menjadi kawasan paling penting di Indonesia, Jonggol tetaplah istimewa. Jonggol kini dikenal sebagai salah satu kawasan wisata terbesar di Jabodetabek. Sebab memiliki banyak obyek wisata di dalamnya. Julukan Bhutan Van Java melekat, dikarenakan Jonggol memiliki salah satu daya tarik wisata yakni kondisi topografi di bagian selatan. Di sana terdapat perbukitan berkontur curam yang mirip dengan negara Bhutan, Asia Selatan.

Terdapat bermacam-macam objek wisata di Jonggol Bogor. Terutama yang bernuansa alam seperti pegunungan, air terjun, kebun binatang, taman bermain, dan lain sebagainya. Kesemuanya menjadi pilihan untuk menjadi destinasi berlibur selain tempat wisata di Bogor lainnya yang lebih dulu ramai dan rawan macet.

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Jonggol yang lagi hits:

  1. Hutan Pinus Jonggol
    Hutan Pinus Jonggol, Wisata Jonggol yang lagi hits
    Hutan Pinus Jonggol

    Wisata hutan pinus Jonggol adalah destinasi pertama yang bisa dikunjungi. Sangat tepat bila sampai di lokasi pada pagi hari. Saat itu, embun masih terasa sehingga kesejukan menyelimuti dengan maksimal. Pasokan oksigen dalam tubuh otomatis bertambah seketika berada di hutan pinus Cipamingkis Jonggol. Pantas saja, sebab hutan seluas 16,5 hektar ini terletak pada 1200 meter di atas permukaan laut.

    Hutan pinus ini masuk dalam wilayah  kawasan Wisata Puncak Dua Jonggol. Sedangkan wisata Jonggol terdekat dari hutan adalah Curug Cipamingkis. Hutan pinus Cipamingkis memiliki spot foto kece yang cukup lengkap. Ada rumah pohon dengan jembatan gantung, bingkai cinta, juga taman Baratayuda dengan pemandangan kolam air mancur dan patung kereta Kresna. Jika ingin lebih lama berada di sini, tenang saja. Sebab ada juga area berkemah dan penginapan.

    Berbekal biaya tiket Rp 10.000, segera datang ke wisata Bogor populer ini.  Alamatnya di Jalan M. Bakri, Cibodas, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

  2. Taman Buah Mekarsari
    Taman Buah Mekarsari, Wisata Jonggol yang lagi hits
    Taman Buah Mekarsari

    Terdapat 1.470 varietas tanaman buah serta 100.000 pohon di wisata Jonggol populer ini. Luasnya yang mencapai 284 dengan aneka wahana seru, sangat cocok menjadi destinasi wisata keluarga di akhir pekan.

    Di Taman Buah Mekarsari ini  ada berbagai atraksi seperti sepeda outbound, kebun, maupun aktivitas air. Adapun ragam wahana permainan air yang tersedia di sini antara lain Rolling Doughnout, Fruity Boat, Perahu Kano, Perahu Naga, dan Banana Boat.

    Dengan tiket seharga Rp 30.000, alamat Taman Buah Mekarsari berada di Jalan Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi ini sangat mudah diakses karena dekat dengan pintu tol.

  3. The Jonggol Garden
    The Jonggol Garden, Wisata Jonggol yang lagi hits
    The Jonggol Garden

    Bagi yang gemar swafoto, Monggo Garden sangat tepat untuk dikunjungi. Sebab wisata di Jonggol yang lagi hits ini mempunyai banyak spot foto instagenic. Apalagi lokasinya berada di perbukitan, sehingga alam pegunungan yang hijau bisa terlihat dari The Jonggol Garden.

    Tepatnya The Jonggol Garden Bogor ini terletak pada ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan laut. Karena hal ini, pengelola menyediakan  gardu pandang beraneka bentuk. Dimana pengunjung selain bisa menyaksikan panorama alam dari ketinggian juga sekaligus bebas berswafoto. Adapun bentuk gardu pandang di The Jonggol Garden bermacam-macam. Misal hati dan bintang juga spot foto lainnya contohnya sayap kupu-kupu raksasa dan perahu gantung.

    Tambahan lagi, di sini terdapat replika bangunan terkenal yang ikonik dari berbagai negara. Seperti Rumah Hobbit,  Kincir Angin Belanda, Menara Miring Pisa, serta Menara Eiffel. Cocok sekali untuk background dan properti berfoto. Puas jepret-jepret, ada atraksi seru yang bisa dicoba. Yakni flying fox dan sepeda gantung. Semua bisa dilakukan di Jonggol Garden yang beralamatkan di Tanjungrasa, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Berlibur ke Bogor adalah pilihan tepat bagi penduduk ibukota Jakarta maupun daerah lainnya. Namun sayang, banyak yang tidak menyukai kemacetannya terutama di wilayah Puncak. Beruntung, ada wisata Jonggol yang lagi hits. Sehingga bisa jadi pilihan meski tak perlu macet dan berdesakan.

0 comments on “3 Wisata Jonggol yang Lagi Hits, Alternatif daripada Terjebak Macet di Bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.