Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur untuk Kecantikan
Health

5 Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur untuk Kecantikan, Simak Caranya yang Benar 

Pantas saja bila Manfaat teh hijau jadi salah satu minuman yang banyak digemari  di seluruh dunia

Pantas saja bila Manfaat teh hijau jadi salah satu minuman yang banyak digemari  di seluruh dunia. Selain rasanya nikmat, teh hijau juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh terutama  kulit. Ada beberapa cara yang bisa mengoptimalkan kerja teh hijau setelah dikonsumsi. Salah satunya adalah dikonsumsi menjelang istirahat malam. Memang apa saja manfaat minum teh hijau sebelum tidur untuk kecantikan?

Mengapa Teh Hijau Baik untuk Kecantikan?

Mengapa Teh Hijau Baik untuk Kecantikan, Manfaat Minum Teh Hijau
Mengapa Teh Hijau Baik untuk Kecantikan

Teh hijau berasal dari daun Camellia sinensis. Daun ini diolah dengan cara dikeringkan tanpa melalui proses oksidasi dan fermentasi. Hal ini menyebabkan teh hijau memiliki warna yang lebih terang dan kandungan nutrisi yang lebih tinggi daripada teh hitam. Minuman teh hijau juga bisa didapat dengan cara menyeduh langsung daun tersebut. Adapun  beberapa nutrisi yang terkandung dalam teh hijau antara lain:

  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Mangan
  • Zinc
  • Selenium

Selain itu, teh hijau juga kaya akan antioksidan polifenol dan katekin, khususnya epigallocatechin gallate (EGCG) yang memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antimikroba. Berbagai kandungan ini lah yang membuat teh hijau memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

Baca Juga : Kamu Harus Tahu, Ini 4 Manfaat Sambiloto untuk Paru-Paru

Beberapa Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur untuk Menambah Kecantikan

Beberapa Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur untuk Menambah Kecantikan, Manfaat Minum Teh Hijau
Beberapa Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur untuk Menambah Kecantikan

Melihat beragam kandungan di dalamnya, teh hijau menjadi minuman yang esensial untuk perawatan kecantikan. Teh hijau yang bagus cara pengolahannya akan membantu memancarkan aura keelokan diri. Mengapa begitu? Ini beberapa alasannya:

  1. Mencegah dan Memperbaiki Kerusakan Kulit

    Mencegah dan Memperbaiki Kerusakan Kulit, Manfaat Minum Teh Hijau
    Mencegah dan Memperbaiki Kerusakan Kulit

    Salah satu manfaat minum teh hijau sebelum tidur untuk kecantikan adalah mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar UV, polusi, dan radikal bebas. Kandungan EGCG dalam teh hijau dapat berfungsi sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Selain itu, EGCG juga dapat memutihkan kulit secara alami dan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa ekstrak teh hijau dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, termasuk kanker kulit.

  2. Mencegah Penuaan Dini 

    Manfaat minum teh hijau sebelum tidur untuk kecantikan yang lain adalah mencegah penuaan dini pada kulit. Vitamin C dalam teh hijau bisa meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein yang berperan penting dalam menjaga kelenturan kulit. Antioksidan dalam teh hijau juga dapat mencegah penuaan dini dengan melawan radikal bebas yang merusak kolagen dan elastin. Dua komponen ini penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis.
    Dengan minum sebelum tidur, teh hijau akan membantu meregenerasi sel-sel kulit yang rusak dan mengurangi keriput, garis-garis halus, flek hitam, dan kulit kusam. Wajah jadi nampak lebih muda dan segar bercahaya.

  3. Menyejukkan dan Menenangkan Kulit 

    Minum teh hijau sebelum tidur juga dapat memberikan efek menyejukkan dan menenangkan kulit yang ter-iritasi atau kemerahan. Selain itu, sifat antiradang dalam teh hijau juga mampu meredakan peradangan dan pembengkakan pada kulit akibat jerawat, alergi, gigitan serangga, atau luka bakar.Teh hijau pun bisa membantu menyembuhkan luka serta mempercepat proses penyembuhan kulit. Teh hijau juga baik untuk kulit sensitif yang mudah iritasi karena kondisi kulit tertentu. Seperti psoriasis, dermatitis, atau rosacea.

  4. Mengobati Jerawat dan Mengontrol Minyak Berlebih

    Mengobati Jerawat dan Mengontrol Minyak Berlebih, Manfaat Minum Teh Hijau
    Mengobati Jerawat dan Mengontrol Minyak Berlebih

    Jerawat disebabkan oleh bakteri yang berkembang biak di pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak atau sebum berlebih. Minum teh hijau sebelum tidur dapat membantu mengobati jerawat dan mengontrol minyak berlebih pada kulit. Polifenol dan vitamin dalam teh hijau memiliki sifat antimikroba yang dapat melawan bakteri penyebab masalah kulit yang satu ini. Selain itu, polifenol juga dapat mengatur produksi sebum dan mengurangi kilap pada kulit.

  5. Mengatasi Mata Panda atau Kantung Mata 

    Kurang tidur, stres, dan kelelahan bisa menyebabkan mata panda atau kantung mata. Mata panda atau kantung mata merupakan kondisi  area bawah mata menjadi gelap dan bengkak. Nah, minum teh hijau sebelum tidur mampu mengatasi masalah ini dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan di bawah mata. Selain itu, dengan memanfaatkan kantong teh hijau yang sudah didinginkan di kulkas untuk kompres, bisa memberikan efek dingin dan menenangkan pada mata.

Baca Juga : 6 Manfaat Buah Tin Untuk Kecantikan, Ini Dia Cara Makannya!

Cara Minum Teh Hijau yang Benar untuk Kecantikan

Cara Minum Teh Hijau yang Benar untuk Kecantikan, Manfaat Minum Teh Hijau
Cara Minum Teh Hijau yang Benar untuk Kecantikan

Guna mendapatkan manfaat minum teh hijau sebelum tidur untuk kecantikan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Antara lain:

  • Pilih teh hijau yang bagus berkualitas. Tidak mengandung bahan tambahan, seperti pewarna, perasa, atau pengawet.
  • Seduh teh hijau dengan air panas yang tidak mendidih, yaitu sekitar 80-90 derajat Celsius. Jika air terlalu panas, teh hijau akan menjadi pahit dan kehilangan kandungan nutrisinya.
  • Jangan menyeduh teh hijau terlalu lama. Cukup sekitar 2-3 menit. Jika terlalu lama, teh hijau akan menjadi pahit dan mengandung kafein yang tinggi. Kafein yang berlebihan dapat menyebabkan insomnia, jantung berdebar, ataupun gangguan pencernaan.
  • Jangan menambahkan gula, susu, madu, atau bahan lain ke dalam teh hijau. Hal ini dapat mengurangi manfaat teh hijau untuk kecantikan. Jika ingin menambahkan rasa, cukup campurkan teh hijau dengan lemon, jahe, mint, atau kayu manis.
  • Minum teh hijau sekitar 1-2 jam sebelum tidur. Jangan minum teh hijau terlalu dekat dengan waktu tidur karena dapat mengganggu kualitas tidur. Sebab tidur yang cukup dan berkualitas juga penting untuk kecantikan kulit.

Itulah beberapa manfaat minum teh hijau sebelum tidur untuk kecantikan. Selain minum teh hijau, untuk hasil lebih optimal, gunakan juga produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak teh hijau. Seperti pelembap, krim, serum, atau masker. Namun, pastikan produk tersebut sesuai dengan jenis dan kondisi kulit. Jika  terdapat alergi atau sensitivitas terhadap teh hijau, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi atau menggunakan produk yang mengandung teh hijau.

 

0 comments on “5 Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur untuk Kecantikan, Simak Caranya yang Benar 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.