Manfaat Sambiloto
Health

Kamu Harus Tahu, Ini 4 Manfaat Sambiloto untuk Paru-Paru

Manfaat sambiloto untuk paru-paru bisa jadi alternatif dalam mencegah penyakit. Keberadaannya dalam dunia pengobatan alternatif juga terkadang bisa jadi solusi. Jangan lupa imbangi dengan pola hidup sehat.

Keberadaan Sambiloto dalam dunia pengobatan alternatif bisa menjadi solusi. Sambiloto memiliki manfaat untuk paru-paru dan bisa jadi alternatif untuk mencegah datangnya penyakit. Namun tetap, jangan lupa untuk terus menjaga pola hidup sehat. Simak yuk, manfaat Sambiloto dalam mencegah dan sembuhkan penyakit paru-paru!

Penyakit paru-paru sedang menjadi perbincangan banyak orang akhir-akhir ini. Mulai dari wabah pneumonia di China, hingga kabar duka meninggalkannya artis Kiki Fatmala karena kanker paru. Dua hal ini haruslah membuat kita lebih concern pada salah satu organ vital dalam tubuh ini. Selain mengobati, ada cara lain, yakni mencegah dengan mengkonsumsi tumbuhan herbal. Salah satunya adalah Sambiloto.

Sambiloto, Tanaman Obat dengan Beragam Khasiat

Sambiloto Tanaman Obat dengan Beragam Khasiat
Sambiloto: Tanaman obat penuh khasiat.

Sambiloto atau Andrographis paniculata adalah jenis herbal kaya manfaat yang berasal dari India dan Sri Lanka. Kini di Indonesia, keberadaannya menyebar ke berbagai daerah. Sebutan lain untuk sambiloto contohnya Sambilata dalam bahasa Melayu dan Ampadu Tanah di Sumatera Barat. Beda lagi dengan masyarakat Jawa Tengah yang menyebut Sambiloto dengan Ki Pait atau Andiloto. Sedangkan orang Sunda menyebutnya sebagai Ki Oray.

Dengan daun pipih panjang dengan ujung yang runcing, masyarakat sering memanfaatkannya untuk ramuan herbal. Meskipun rasanya pahit, tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang efektif membantu mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Baca juga: Luar Biasa! Ini Dia 5 Manfaat Bit Merah untuk Kecantikan Kulit

Kandungan Nutrisi Sambiloto

Kandungan Nutrisi Sambiloto
Kandungan Nutrisi Sambiloto

Sambiloto mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Di antaranya adalah andrografolid yang bersifat analgesik, antidiabetes, antioksidan, dan antikanker. Pada bagian daun dan batang terdapat tanin yang masuk dalam kategori polifenol.

Lalu, ada flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Sedangkan senyawa terpenoid bersifat antivirus, antibakteri, antiperadangan, sekaligus antikanker. Terakhir ada saponin yang membuat Sambiloto memiliki khasiat antioksidan, antimikroba, antivirus, dan antikanker.

Salah satu ciri khas Sambiloto adalah aroma pahit yang sangat kuat. Meskipun rasa pahitnya mungkin membuat sebagian orang menghindarinya, inilah sebenarnya yang menunjukkan kekayaan senyawa-senyawa aktif di dalamnya. Aroma pahit tersebut berasal dari kandungan andrografin, zat yang memiliki efek farmakologis yang signifikan.

Manfaat Sambiloto untuk Paru-Paru

Manfaat Sambiloto untuk Paru-Paru
Manfaat Sambiloto untuk Paru-Paru

Paru-paru merupakan salah satu organ penting dalam tubuh. Terletak di dalam dada, paru-paru adalah alat respirasi atau pernapasan. Selain berhubungan  dengan sistem pernapasan, organ ini juga berpengaruh dalam sistem sirkulasi atau peredaran darah.

Fungsi utama dari organ yang memiliki tekstur kenyal dan berisi udara ini adalah untuk menukar karbon dioksida dari darah dengan oksigen dari udara. Mengingat betapa penting fungsinya, sekali terjadi gangguan pada sistem pernapasan terutama pada paru-paru, akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Baca juga: Bikin Terkesan, Ini 5 Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

Pneumonia adalah salah satu jenis gangguan saluran pernapasan terutama organ paru-paru. Penyakit sedang menyita fokus sebagian besar penduduk dunia. Jumlah penderitanya bertambah drastis akhir-akhir ini. Terutama pada balita dan anak-anak di daerah China.

Pneumonia merupakan salah satu jenis gangguan paru-paru. Sering pula disebut dengan paru-paru basah. Adapun penyebabnya adalah peradangan paru-paru yang disebabkan karena adanya infeksi. Pneumonia memiliki gejala umum seperti batuk berdahak, demam, dan sesak napas.

Sambiloto memiliki banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Meskipun rasanya pahit, Sambiloto bisa memberikan manfaat banyak. Salah satunya adalah meringankan gejala flu, seperti bersin-bersin, sakit tenggorokan, pilek, dan batuk.

Sambiloto dikenal karena khasiatnya dalam pengobatan tradisional. Beberapa manfaat kesehatan yang terkait dengan Sambiloto antara lain:

  1. Antiinflamasi: Senyawa andrografin membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.
  2. Antibakteri dan antivirus: Sambiloto telah digunakan untuk membantu melawan infeksi bakteri dan virus.
  3. Stimulan pencernaan: Tanaman ini dapat membantu meningkatkan aktivitas saluran pencernaan.
  4. Penurun Demam: Sambiloto telah digunakan untuk meredakan demam, terutama pada penyakit seperti flu dan pilek.

Dengan hal ini, pastilah Sambiloto juga bisa jadi alternatif untuk menangkal sakit pneumonia dan gangguan pernapasan lainnya. Tidak hanya mencegah, dengan sifat antioksidan, antimikroba, antivirus, anti bakteri, dan anti peradangan, tanaman ini juga bisa mempercepat penyembuhan.

Jangan lupa, selain mengkonsumsi tanaman herbal Sambiloto, imbangi dengan pola hidup sehat untuk menangkal gangguan paru-paru, yakni dengan mengonsumsi makanan sehat, istirahat dengan cukup, penuhi kebutuhan cairan harian tubuh, dan olahraga. Tinggalkan bahaya rokok dan alkohol supaya manfaat Sambiloto untuk paru-paru bekerja maksimal.

0 comments on “Kamu Harus Tahu, Ini 4 Manfaat Sambiloto untuk Paru-Paru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.