Manfaat Buah Ciplukan
Health

Bikin Terkesan, Ini 5 Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

Disangka minim faedah ternyata sebaliknya. Bentuknya memang mirip semak belukar liar, sehingga banyak orang menganggapnya tiada guna. Namun ternyata manfaat buah ciplukan itu berlimpah. Terutama bagi kesehatan tubuh manusia. Sudah pernah coba?

Disangka minim faedah, ternyata sebaliknya. Bentuknya memang mirip semak belukar liar, sehingga banyak orang menganggapnya tiada guna. Namun, ternyata manfaat buah ciplukan itu berlimpah. Terutama bagi kesehatan tubuh manusia. Sudah pernah coba?

Ciplukan, Buah Mungil yang Kini Penting

 Buah Ciplukan Mungil yang Kini Penting
Buah Ciplukan Mungil yang Kini Penting

Ciplukan atau Physalis merupakan  jenis buah kecil dari tumbuhan seperti semak. Saat buah ini masak, bakal tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Di daerah Pasundan, buah ini disebut cecenet atau cecendet. Orang Dayak mengatakan banteluk, di Madura bernama or-nyèoran. Sedangkan di Pulau Dewata sering disebut dengan kopok-kopokan, leletokan di Minahasa, serta boba Maluku.

Buah ciplukan berada di dalam bungkus kelopak yang menggelembung berbentuk telur berujung meruncing, hijau muda kekuningan. Jika sudah masak, buka saja bungkus kelopaknya lalu rasakan. Ciplukan masak berwarna kuning dan terasa manis.

Pohon ciplukan tumbuh secara liar, bercampur dengan herba dan semak lainnya. Sering dijumpai di tepi jalan, kebun, sawah yang mengering, tepi hutan dan bagian terbuka dengan limpahan sinar matahari. Sebab itu, tumbuhan ciplukan dipandang sebelah mata. Hanya gulma yang wajib dibasmi. Tanpa guna dibuang begitu saja.

Baca juga: 5 Khasiat Buah Senna untuk Tubuh Tetap Fit dan Anti Sembelit

Kandungan Buah Ciplukan

Kandungan Buah Ciplukan
Kandungan Buah Ciplukan

Siapa sangka, tumbuhan liar ini merupakan salah satu superfood. Mengandung super gizi pada semua bagian tubuhnya. Tak hanya buah ciplukan, melainkan juga akar, batang, dan daunnya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan.

Pada sebuah ciplukan terdapat kandungan air, asam titrat, gula, serat, antioksidan, protein, dan karbohidrat. Bahkan ciplukan oranye mengandung mineral seperti K, Mn, Mg, Fe dan Zn dengan kadar lebih tinggi bila dibanding buah lain. Seperti apel, pepaya, jeruk, stroberi.

Pengobatan herbal di Indonesia sebenarnya sudah menggunakan tanaman buah ini sejak dulu. Namun sayangnya belum banyak yang tahu, hingga akhir-akhir ini ciplukan menjadi incaran banyak orang. Jangan heran bila ciplukan sawah bisa bertengger di etalase supermarket dengan harga yang lebih tinggi daripada apel California. Rata-rata buah yang segar dijual sekitar Rp100.000 hingga Rp200.000. Sedangkan bila sudah dikeringkan bisa dibeli dengan harga Rp50.000 hingga Rp100.000.

Baca juga: 8 Manfaat Donor Darah, Kurangi Berat Badan Sampai Kolesterol

Manfaat Buah Ciplukan

Manfaat Buah Ciplukan
Manfaat Buah Ciplukan

Khasiat buah ciplukan mulai trending saat wabah Covid 19 melanda Indonesia. Bersama tanaman herbal lainnya, ciplukan menjadi alternatif peningkat daya tahan tubuh menghadapi virus jahat. Namun setelah pandemi dikatakan berakhir, ciplukan tetap jadi primadona. Sebab penelitian terus dilakukan hingga akhirnya bisa disimpulkan betapa banyaknya manfaat buah ciplukan untuk kesehatan. Di antaranya akan dijabarkan berikut ini:

  1. Pembersih Saluran Pernapasan

    Ciplukan bisa dikonsumsi segar. Direkomendasikan, buah ini dikunyah lama di mulut sampai. Biarkan bercampur dengan enzim ptialin. Kemudian telan perlahan. Akan terasa segar di tenggorokan, hingga masuk ke dada, lalu ke paru-paru. Adapun rekomendasi jumlah yang disarankan adalah tiga butir untuk proses pembersihan saluran pernapasan. Saluran pernapasan yang bersih adalah awal dari penangkal sakit influenza.

  2. Mempercantik Wajah
    Manfaat Buah Ciplukan Mempercantik Wajah
    Manfaat Buah Ciplukan Mempercantik Wajah

    Kandungan vitamin C dan antioksidan yang dimiliki buah ciplukan mampu mengoptimalkan pengangkatan sel-sel kulit yang mati dan melembabkan kulit dari dalam secara alami. Ciplukan juga baik untuk membantu membersihkan jerawat. Dengan mengkonsumsi buah ciplukan secara rutin, bisa membantu membuat wajah tampak segar, anti jerawat, dan awet muda.

  3. Membantu Meningkatkan Kesehatan Otak

    Vitamin C dalam ciplukan juga bisa membantu mencegah gangguan pada otak. Diantaranya penurunan daya ingat atau demensia dan bahkan alzheimer. Manfaat makan buah ciplukan bisa membantu mempertajam daya ingat seseorang.

  4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

    Sampai sekarang penyakit tekanan darah tinggi masih menjadi momok bagi banyak orang. Bila kambuh, bisa mengakibatkan resiko penyakit yang lebih parah atau bahkan kematian. Beruntung ada banyak cara untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi ekstrak buah ciplukan. Caranya adalah dengan, menyediakan lima gram ciplukan kering kemudian direbus dalam 110 mililiter air. Untuk jadi catatan, air ekstrak ciplukan harus dikonsumsi tidak boleh lebih dari 24 jam.

  5. Memperkuat Tulang

    Selain vitamin C, ciplukan juga memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Yakni vitamin yang larut dalam lemak dan terlibat dalam metabolisme. Vitamin K merupakan bagian penting dalam perbaikan dan penggantian tulang yang sehat.

Baca juga: 7 Tips Tetap Langsing Walau Makan Mie Instan!

Karena ciri-ciri ciplukan hampir sama dengan semak atau gulma yang hidup bebas di pinggir – pinggir jalan atau persawahan, tumbuhan ini dianggap nirfaedah. Ternyata, setelah melalui beberapa kali penelitian, manfaat buah ciplukan ternyata berlimpah alias banyak. Rasanya yang manis jadi membuat tak bosan mencobanya.

0 comments on “Bikin Terkesan, Ini 5 Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.