Manfaat donor darah
Health

8 Manfaat Donor Darah, Kurangi Berat Badan Sampai Kolesterol

Ini serius! Masih banyak lagi manfaat donor darah buat tubuh kita. Baca artikelnya sampai tuntas ya!

Penasaran dong apa saja manfaat donor darah bagi tubuh manusia? Well, donor darah merupakan upaya seseorang dalam memberikan sejumlah darahnya yang ditranfusikan kepada orang lain. Rutin donor darah adalah salah satu aktivitas yang banyak memberikan banyak manfaat. Tidak hanya untuk diri sendiri lho Kawanjo, namun juga untuk orang-orang yang membutuhkan.

Kamu pasti tahu, darah yang kamu donorkan tersebut akan sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kondisi kritis. Misalnya seperti korban kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah.

Meskipun manfaat dari rutin donor darah begitu banyak, sayangnya, banyak orang yang masih takut untuk donor darah karena beragam alasan. Alasan-alasan yang sering diutarakan di antaranya adalah takut jarum suntik, takut lemas, tidak bisa melanjutkan aktivitas, dll. Kalau Kawanjo, tim yang berani atau takut donor darah?

Baca juga: 4 Fakta Kesehatan Dibalik Hobi Traveling yang Wajib Kamu Ketahui

rutin donor darah, manfaat donor darah,
Manfaat donor darah untuk pendonor dan juga penerima.
(Sumber: alodokter.com)

Kalau menurut Minjo sih, nggak perlu takut, Kawanjo! Manfaat donor darah bagi pendonor banyak lho. Justru setelah donor darah, tubuh kamu akan menjadi lebih fit, karena produksi darah diperbaharui. Selain itu, tekanan darahmu juga jadi lebih stabil. Apalagi kalau kamu lakukan dengan rutin, manfaat donor darah jadi banyak banget!

Nih, Minjo spill 8 manfaat donor darah rutin untuk kesehatan:

1. Melancarkan Aliran Darah dan Produksi Sel Darah Merah Jadi Meningkat

Donor darah membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan membuat produksi sel darah merah jadi lebih meningkat. Donor darah membuat sumsum tulang belakang menghasilkan sel darah merah baru untuk menggantikan darah yang hilang.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat donor darah selanjutnya adalah mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol yang terdapat dalam darah akan berkurang bersamaan dengan darah yang keluar.

3. Mengurangi Berat Badan

Siapa nih yang lagi mau menurunkan berat badan? Donor darah sebanyak satu kantong bisa membakar 650 kalori lho. Makanya, donor darah dipercaya bisa membantu menjaga berat badan agar tetap ideal sehingga bisa mengurangi risiko obesitas.

rutin donor darah, manfaat donor darah,
Satu kantong darah yang kamu donorkan, dapat menyelamatkan hidup seseorang.
(Sumber: sehatnegeriku.kemkes.go.id)

4. Menjaga Kadar Zat Besi dalam Darah Agar Lebih Stabil

Donor darah mampu mengurangi kadar zat besi yang berlebih dalam tubuh. Kawanjo tahu nggak? Bahwa zat besi yang berlebih dalam darah bisa meningkatkan radikal bebas & oksidasi kolesterol yang ada dalam tubuh, serta bisa meningkat faktor risiko terjadinya kanker, hepatitis C, serangan jantung, stroke dan penuaan dini.

5. Mendapat Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Sebelum donor darah, Kawanjo pasti diperiksa berat badan, kadar hemoglobin, suhu tubuh, tekanan darah, dan nadi. Bila sudah melalui proses donor, darah akan dikirim ke lab untuk dilakukan berbagai tes. Jika saat tes ditemukan suatu penyakit atau virus dalam darah, Kawanjo pasti akan diinformasikan.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat donor darah berikutnya sangat penting bagi jantung. Donor darah mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan mencegah tubuh jadi lebih cepat sakit. Donor darah juga bisa mengurangi terjadinya darah mengental.

rutin donor darah, manfaat donor darah,
Manfaat donor darah mampu meningkatkan kesehatan jantung.
(Sumber: dinkes.kalbarprov.go.id)

7. Umur Lebih Panjang

Donor darah ternyata secara tidak langsung bisa membuat usia jadi lebih panjang, Kawanjo. Salah satu alasannya adalah karena sering berbuat baik bisa meningkatkan harapan hidup seseorang jadi lebih lama. Ini bukan omong kosong, lho. Argumen ini dilansir dari jurnal kesehatan Health Psychology milik American Psychological Association (APA), yang mana risetnya menemukan bahwa orang-orang yang rajin melakukan tindakan sukarela memiliki jenjang hidup yang lebih lama.

8. Baik untuk Kesehatan Psikologis

Selain kesehatan fisik, donor darah juga baik untuk psikologis kamu, Kawanjo! Kita pasti akan merasakan bahagia setelah membantu orang lain, kan? Hal ini tentu bisa kamu peroleh lewat donor darah. Dengan mendonorkan darahmu, secara tidak langsung kamu membantu menyelamatkan hidup orang lain yang membutuhkan darah tersebut lho.

rutin donor darah, manfaat donor darah,
Rutin donor darah bikin umur jadi lebih panjang, hidup lebih lama dengan yang tersayang.
(sumber: shutterstock)

Itu dia 8 manfaat rutin donor darah bagi kesehatan. Sebelum Kawanjo melakukan donor darah, pastikan bahwa kamu sudah tidur yang cukup semalam, ya. Jangan lupa juga untuk makan dan minum yang cukup 3-4 jam sebelum donor. Dengan demikian, Kawanjo bisa menghindari pusing dan lemas setelah donor darah.

Beberapa efek samping yang bisa dirasakan sebagian orang setelah donor darah biasanya pusing, tubuh terasa melayang, kesemutan, nyeri di lengan bekas suntik, mual, dan mata berkunang-kunang. Tak perlu takut ya, Kawanjo. Efek samping tersebut termasuk hal wajar, kok. Oh iya, jika ada, beri tahu juga petugas medis tentang semua jenis obat-obatan yang sedang Kawanjo konsumsi. Lalu, untuk Kawanjo wanita, sebaiknya jangan melakukan donor darah ketika sedang menstruasi, ya.

Selain rutin donor darah, tetap jaga kesehatanmu dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, tidak merokok, menjaga suasana hati, dan juga istirahat yang cukup.

manfaat donor darah

Jika kamu mau membuktikan manfaat donor darah di atas, kamu bisa turut mendonorkan darahmu di Satrio Space, Satrio Tower lantai 16 pada Jumat, 10 Februari 2023 pukul 09.00-12.00 WIB. Pigijo dan PT Surya Fajar Capital, Tbk menyelenggarakan aksi sosial donor darah bertemakan Blood for Life.

Kalau tubuh sehat, hati juga akan turut bahagia. Kalau hati sudah bahagia, coba sempurnakan lagi kebahagiaannya dengan traveling. Nggak perlu jauh-jauh, cek Pigijo.com aja!

Penulis: Pristina Putri Kamaludin

0 comments on “8 Manfaat Donor Darah, Kurangi Berat Badan Sampai Kolesterol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.