durian,
Health

Konsumsi Durian Harus Sesuai Kondisi, Ini Manfaat dan Efek Sampingnya

layak Kawanjo tahu apa manfaat buah durian dan efek sampingnya. Supaya bisa mengatur konsumsi sesuai kondisi 

The king of fruit memiliki dua kubu yang saling berlawanan. Sebagian menjadi penggemar fanatiknya, sebagian yang lain justru menolak mentah-mentah. Bagi penggemarnya, makan sebiji dua biji tidaklah cukup. Namun yang lain, baru mencium baunya sudah menolak duluan. Atas dua kemungkinan inilah, layak Kawanjo tahu apa manfaat buah durian dan efek sampingnya. Supaya bisa mengatur konsumsi sesuai kondisi.

Ciri-ciri Durian

Ciri-ciri Durian
Ciri-ciri Durian

Durian memiliki daging buah yang rasanya manis legit. Beberapa jenis buah ini bahkan bila digigit dagingnya, terasa tebal namun lumer. Baunya juga menggoda selera bagi sebagian orang. Dengan demikian banyak yang menyukai momen menghabiskan buah durian.

Berdasarkan hasil penelitian terhadap koleksi herbarium di Kebun Raya Bogor menunjukkan jumlah spesies durian di Indonesia. Terdapat lebih kurang 20 jenis durian di Nusantara. Dengan penyebarannya, sebanyak 18 di Kalimantan, tujuh di Sumatra, dan masing-masing satu di Jawa, Bali, Sulawesi, dan Maluku. Bisa jadi jumlah ini meningkat, sebab masih ada banyak jenis durian yang belum teridentifikasi.

Urutan durian terenak bagi tiap-tiap penggemarnya bisa jadi berbeda.  Durian montong dan durian musang king adalah dua diantara jenis yang paling banyak penggemarnya. Durian montong berasal dari Thailand dan memiliki banyak keistimewaan. Yakni rasanya manis, dagingnya tebal namun bijinya kecil, dan tekstur buahnya sangat lembut.

Selain itu, durian montong memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan durian lokal. Beratnya mencapai tiga sampai lima kilogram dengan warna putih kekuningan. Semakin kuning, semakin manis buahnya.

Durian terenak di Indonesia lainnya adalah durian musang king. Jenis ini berasal dari Malaysia dan di sana disebut mao shan wang yang berarti raja kucing. Sedangkan berat jenis ini bervariasi antara dua hingga empat kilogram.

Daging durian musang king menjadi favorit banyak orang, karena memiliki tekstur yang sangat lembut, menyerupai pasta. Aromanya harum semerbak menyertai daging buah yang berwarna kuning terang. Sedangkan bijinya lebih tipis dibandingkan dengan durian lainnya.

Selain soal rasa, ada lagi yang membuat jenis durian ini spesial. Yakni tangkai buah yang lebih lebar dan duri kulit yang lebih renggang dari lainnya. Juga, ada tanda berbentuk bintang di bagian kulit bawah durian. Karena keistimewaan-keistimewaan inilah, harga durian musang king bisa lebih dari Rp 200.000.

Baca juga: Luar Biasa! Ini Dia 5 Manfaat Bit Merah untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Buah Durian dan Efek Sampingnya

Manfaat Durian
Manfaat Durian

Di balik kelezatannya durian juga memiliki manfaat untuk tubuh. Di antaranya:

  1. Kandungan Nutrisi Tinggi
    Durian kaya akan nutrisi, termasuk vitamin C, potassium, serat, dan zat besi. Ini dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung, dan fungsi otot.
  2. Sumber Energi Tinggi
    Durian mengandung karbohidrat dan lemak. Oleh karena itu, konsumsi durian dapat menjadi sumber energi yang baik, terutama bagi mereka yang aktif secara fisik.
  3. Mengandung Antioksidan
    Buah durian mengandung antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid. Zat ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan.
  4. Meningkatkan Kesehatan Kulit
    Vitamin C dalam durian dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, menjaga elastisitas kulit, dan memberikan kilau alami.
  5. Menambah Kebahagiaan
    Durian mengandung asam amino triptofan yang bisa diubah menjadi serotonin. Zat ini bisa membuat seseorang lebih bahagia. Karena sifatnya yang membantu memberikan perasaan bahagia dan rileks. Maka tak heran bila suasana hati jadi lebih hepi bila sedang makan durian.

Baca juga: 6 Manfaat Buah Tin Untuk Kecantikan, Ini Dia Cara Makannya!

Efek Samping Durian

Efek Samping Durian
Efek Samping Durian

Walaupun rasanya nikmat dengan aroma yang kuat, ternyata masih ada yang kurang suka dengan durian. Diantara sebabnya adalah mereka mengetahui efek samping buah tropis ini. Berikut beberapa efek samping makan buah durian:

  1. Aroma Kuat
    Aroma buah durian menjadi tidak menyenangkan bagi beberapa orang. Jadi bikin mual dan ingin muntah.
  2. Kandungan Kalori Tinggi
    Meskipun memberikan energi, durian juga tinggi kalori dan lemak. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan bahkan obesitas.
  3. Peningkatan Gula Darah
    Durian memiliki indeks glikemik tinggi, sehingga dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Orang dengan diabetes harus mengkonsumsinya dengan bijak. Tidak berlebihan atau lebih baik mengganti dengan buah lain.
  4. Mempengaruhi Kesehatan Ginjal
    Kandungan potasium dalam durian yang sangat lah tinggi dapat mempengaruhi keseimbangan elektrolit tubuh. Orang dengan masalah ginjal sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsinya secara berlebihan.
  5. Tubuh Terasa Panas
    Hasil uji laboratorium menyimpulkan bahwa setelah makan durian, tubuh bisa terasa panas. Penyebabnya diduga berasal dari kandungan sulfur dalam durian.

Jadi, Kawanjo perlu tahu manfaat buah durian dan efek sampingnya. Sehingga saat menikmati buah ini, penting untuk mengkonsumsinya dengan porsi yang seimbang dan memperhatikan respons tubuh. Jika ada kekhawatiran atau kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan dengan profesional medis.

0 comments on “Konsumsi Durian Harus Sesuai Kondisi, Ini Manfaat dan Efek Sampingnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.