Manfaat Buah Tin Untuk Kecantikan
Health

6 Manfaat Buah Tin Untuk Kecantikan, Ini Dia Cara Makannya!

Siapa sangka, ternyata banyak pula manfaat buah tin untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Apalagi cara menikmatinya juga beragam

Tin merupakan salah satu buah yang tercantum dalam kitab suci umat Islam Al Qur’an. Di dalamnya buah ini disandingkan dengan zaitun yang diketahui banyak khasiatnya terutama dalam menyehatkan bagian terluar tubuh. Siapa sangka, ternyata banyak pula manfaat buah tin untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Apalagi cara menikmatinya juga beragam.

Buah tin (Ficus carica L.) atau disebut juga dengan buah ara, dalam Bahasa Inggris disebut fig. Di tanah asalnya yakni Arab, tumbuhan ini termasuk kebanggaan karena keberkahan buah tin buah surga. Juga karena  manfaat di dalamnya. Di Tiongkok, buah tin dijadikan teh karena dipercaya mampu mengobati diare, wasir dan penyakit lainnya.

Tin termasuk pohon tertua di dunia. Yang disebut buah sebenarnya adalah bagian dasar bunga yang membentuk bulatan. Bulatan atau buah tersebut berukuran panjang tiga hingga lima centimeter. Warnanya hijau, dan ada beberapa  jenisnya berubah warna menjadi ungu apabila sudah masak.

Khasiat Buah Tin

Khasiat Buah Tin
Khasiat Buah Tin

Buah tin telah lama digunakan sebagai obat. Buah ini juga memiliki kandungan karbohidrat, protein, vitamin, dan zat penting lainnya. Kandungan senyawa fenol dan polisakarida di dalamnya pun telah terbukti menampakkan aktivitas antidiabetes dan antioksidan.

Masih banyak kandungan buah tin yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk kesehatan kulit dan kecantikan seorang wanita. Kandungan antioksidannya, seperti flavonoid dan polifenol, juga mampu menangkal penuaan akibat radikal bebas. Tak hanya itu, masih banyak manfaat buah tin untuk kecantikan kaum hawa.

Baca juga: 4 Pantangan Makanan Agar Luka Jahitan Cepat Kering dan Sembuh

Manfaat Buah Tin untuk Kecantikan

Manfaat Buah Tin untuk Kecantikan 
Manfaat Buah Tin untuk Kecantikan

Selfcare atau merawat diri berarti memenuhi hak pada tubuh. Termasuk di dalamnya adalah dengan memberikan asupan nutrisi ke dalam. Sel dalam tubuh pun terawat sehingga proses ini menambah kecantikan fisik seseorang. Nah bagi sebagian wanita, penampilan luar memang menjadi pendongkrak rasa percaya diri. Semakin bersemangat dalam berdinamika dan berkarya.

Ternyata, buah tin sangat tepat untuk dipilih menjadi nutrisi bagi tubuh manusia. Diantara manfaat buah tin untuk kecantikan wanita adalah:

  1.  Membantu Kulit Lebih BerseriAntioksidan dalam buah tin berupa vitamin C dan E mampu membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit. Dengan mengkonsumsi buah tin secara teratur dapat memberikan kulit yang memiliki kilau alami dan berseri.
  2. Mempercepat Regenerasi Sel KulitBuah tin mengandung zat-zat seperti vitamin A dan B kompleks yang mendukung regenerasi sel kulit. Hal ini dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan mempercepat penyembuhan luka kecil atau bekas jerawat, memberikan kulit wajah nampak lebih segar.
  3. Mengatasi Masalah JerawatSifat antiinflamasi buah tin dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit seperti masalah jerawat. Ekstrak buah tin bahkan dapat digunakan dalam masker atau krim wajah untuk meredakan kemerahan dan membantu menghilangkan noda bekas jerawat.
  4. Melembabkan Kulit KeringKandungan air yang tinggi dalam buah tin membuatnya menjadi pelembab alami yang efektif. Sehingga dapat membantu mengatasi masalah kulit kering dan memberikan kelembaban ekstra pada kulit wajah, menjadikan kulit tampak lebih sehat dan bercahaya.
  5. Menyehatkan RambutTidak hanya baik untuk kulit, buah tin juga memberikan manfaat untuk rambut. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah ini dapat memperkuat akar rambut dan mendukung pertumbuhan rambut yang sehat, mencegah masalah rambut seperti kerontokan dan kelemahan.
  6. Menjaga Keseimbangan HormonBuah tin mengandung vitamin B6 yang membantu menjaga keseimbangan hormon. Hormon yang seimbang dapat memberikan efek positif pada kulit, mencegah timbulnya jerawat hormonal, dan masalah kulit lainnya.

Baca juga: Disebut Rempah Termahal, Ini Dia 5 Khasiat Saffron untuk Kesehatan

Cara Mengkonsumsi Buah Tin

Cara Mengkonsumsi Buah Tin
Cara Mengkonsumsi Buah Tin

Ada beberapa cara dalam mengkonsumsi. Tentunya untuk mendapatkan manfaat buah tin untuk kecantikan dan kesehatan secara umum. Yang pertama adalah menjadikannya sebagai camilan segar. Atau bisa juga dengan  menambahkan ke dalam salad buah. Rasa manisnya bisa memberikan variasi rasa dan tekstur yang lebih lezat.

Kemudian, cara berikutnya adalah dengan mencampur buah tin bersama buah-buahan lain atau sayuran untuk membuat smoothie yang menyegarkan. Atau bisa juga dengan menjadikannya membuat selai buah tin lali. Untuk digunakan sebagai topping untuk roti panggang, sereal, atau yoghurt.

Ekstrak buah tin juga dapat digunakan untuk membuat minuman segar atau teh buah tin. Ini adalah cara menyegarkan untuk menikmati manfaat buah tin. Terakhir, ada pula buah yang dikeringkan terlebih dahulu untuk dimakan dalam keadaan kering atau kuru. Hal ini dilakukan untuk penyimpanan lebih lama.

Yang perlu diingat, pastikan untuk mencuci buah tin dengan baik sebelum dikonsumsi. Selain itu, jangan ragu untuk berkreasi dengan berbagai cara mengolahnya sesuai selera. Dengan mencoba berbagai cara menikmati, dapatkan manfaat buah tin untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

0 comments on “6 Manfaat Buah Tin Untuk Kecantikan, Ini Dia Cara Makannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.