khasiat saffron untuk kesehatan
Health

Disebut Rempah Termahal, Ini Dia 5 Khasiat Saffron untuk Kesehatan

Siapa sangka, saffron merupakan komoditas rempah yang termahal menurut timbangan berat di dunia hingga sekarang. Disamping karena rumitnya penanaman dan panen, ternyata sangat banyak khasiat saffron untuk kesehatan.

Siapa sangka, saffron merupakan komoditas rempah yang termahal menurut timbangan berat di dunia hingga sekarang. Disamping karena rumitnya penanaman dan panen, ternyata sangat banyak khasiat saffron untuk kesehatan.

Saffron adalah rempah berbentuk benang halus serta tipis yang berwarna merah. Rempah ini berasal dari bunga Crocus sativus. Disebut juga dengan bunga kuma- kuma, saffron bisa dijumpai tumbuh di berbagai daerah di penjuru dunia, seperti India, Yunani, Maroko dan lain sebagainya.

Ciri Bunga Saffron yang Berkhasiat

Ciri Bunga Saffron yang Berkhasiat
Ciri Bunga Saffron yang Berkhasiat

Saffron dalam bahasa Melayu disebut koma- koma dan menjadi bumbu sekaligus pewarna kuning pada nasi briyani. Sedangkan dalam bahasa Arab, saffron disebut za’faran yang berarti kuning.

Bunga kuma-kuma memiliki tiga kepala putik. Bagian tangkai putik, yang menghubungkan putik dengan bagian bunga paling dalam sering dikeringkan dan disebut saffron. Bagian inilah yang dipakai untuk bumbu masakan serta bahan pewarna. Butuh 150 bunga untuk memproduksi 1 gram saja benang saffron. Pantas bila saffron disebut juga sebagai rempah termahal.

Pemanfaatan Saffron

Pemanfaatan Saffron
Pemanfaatan Saffron

Sebagai rempah ‘emas’ yang mahal, ternyata saffron memiliki banyak manfaat. Banyak orang menggunakannya untuk berbagai tujuan. Di antaranya:

  1. Penyedap dan Pewarna Alami

    Saffron digunakan dalam masakan sebagai penyedap alami dan pewarna makanan. Dalam hidangan seperti paella, biryani, dan saffron-infused desserts, saffron memberikan rasa unik dan warna yang menggoda.

  2. Teh dan Minuman Relaksasi

    Saffron sering ditambahkan ke teh atau minuman relaksasi lainnya. Hal ini dilakukan untuk memberi sentuhan aroma dan meningkatkan efek menenangkan. Ini menjadi pilihan populer dalam minuman herbal.

  3. Industri Kosmetik, Kecantikan dari Luar

    Ekstrak saffron sering dimasukkan dalam produk kecantikan seperti krim wajah, masker, atau minyak esensial. Pasalnya saffron diyakini memiliki manfaat untuk meremajakan kulit dan mengatasi masalah kulit tertentu. Minyak atsiri dari saffron digunakan dalam industri parfum untuk memberikan aroma mewah dan unik pada berbagai produk wewangian.

  4. Pewarna Alami untuk Kain

    Saffron digunakan sebagai pewarna alami untuk tekstil. Warna khas saffron memberikan sentuhan keindahan pada kain dan menjadi pilihan ramah lingkungan.

  5. Obat Tradisional: Penguat Kesehatan Tubuh

    Saffron telah digunakan dalam pengobatan tradisional dalam meredakan berbagai kondisi. Termasuk masalah pencernaan, gangguan tidur, dan bahkan sebagai tonik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Beberapa praktisi pengobatan tradisional memanfaatkan saffron sebagai bagian dari terapi alternatif untuk mengatasi kondisi kesehatan tertentu. Meskipun perlu dicatat bahwa penggunaan ini belum sepenuhnya diakui secara medis.

Kandungan Nutrisi yang Memunculkan Khasiat Saffron untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi yang Memunculkan Khasiat Saffron untuk Kesehatan
Kandungan Nutrisi yang Memunculkan Khasiat Saffron untuk Kesehatan

Saffron tidak hanya memberikan keindahan visual dan aroma. Tapi juga mengandung sejumlah nutrisi penting. Dalam setiap helainya, terdapat senyawa-senyawa bioaktif seperti crocin dan safranal yang memberikan saffron kemampuan berkhasiat untuk kesehatan. Dengan mengetahui apa yang terkandung dalam saffron, kita dapat lebih memahami mengapa rempah ini dianggap sebagai “emas” dalam dunia kesehatan.

Khasiat Saffron untuk Kesehatan

Khasiat Saffron untuk Kesehatan
Khasiat Saffron untuk Kesehatan

Telah disebutkan di atas bahwa saffron itu kaya manfaat. Rempah ini digunakan untuk berbagai fungsi. Salah satu yang utama adalah untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Sebab saffron memilih nutrisi yang bermanfaat bagi jiwa dan raga manusia. Di antaranya:

  1. Crocin: Warna Merah yang Menyehatkan

    Senyawa pigmen merah ini bisa meningkatkan mood dan mengurangi gejala depresi. Senyawa ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan.

  2. Safranal

    Memberikan aroma khas juga bus menenangkan pikiran, membantu mengatasi kecemasan, dan meredakan stres. Safranal juga diketahui memiliki efek positif pada kesehatan tidur.

  3. Antioxidants

    Saffron memberikan perlindungan luar dalam dengan cara melawan radikal bebas dalam tubuh, mendukung kesehatan sel, dan membantu memperlambat proses penuaan. Perlindungan antioksidan ini juga dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

  4. Minyak Atsiri

    Kandungan minyak atsiri yang memberikan aroma khas saffron ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan. Terutama mampu membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti masuk angin dan kembung. Aroma minyak atsiri saffron juga dapat memberikan rasa kenyamanan dan ketenangan.

  5. Vitamin dan Mineral

    Manfaat saffron untuk kesehatan selanjutnya datang dari berbagai vitamin dan mineral di dalamnya. Vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh, B6 berperan dalam fungsi otak dan produksi energi, sementara zat besi membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah.

Dengan menggunakan saffron dalam keseharian, manfaat akan banyak didapatkan. Terutama fakta bahwa rempah mahal ini ternyata mengandung banyak nutrisi baik. Sehingga terdapat banyak khasiat saffron untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan mood hingga perlindungan sel tubuh.

0 comments on “Disebut Rempah Termahal, Ini Dia 5 Khasiat Saffron untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.