Wisata Kebun Pak Budi
Local Experiences

9 Aktivitas Wisata Kebun Pak Budi, Memahami Proses Makanan Tersedia di Piringmu 

Patung bapak-bapak gemoy berbaju hijau menyambut di gerbang masuk Wisata Kebun Pak Budi.

Patung bapak-bapak gemoy berbaju hijau menyambut di gerbang masuk Wisata Kebun Pak Budi. Senyumnya yang humble mengingatkan pada masa-masa belajar membaca, i-en-i ni, ini. Be-u-bu de-i-di, Budi. Ini Budi. Cocok memang kiranya dengan konsep yang ditawarkan oleh wisata Kebun Pak Budi. Rekreasi sambil belajar banyak hal. Tentunya dengan suasana yang menyenangkan.

Ya, benar. Banyak hal yang bisa didapatkan di tempat wisata edukasi di Pasuruan terkenal ini. Selain bakal memperoleh kebahagiaan, Kawanjo juga bakal mendapatkan banyak pengetahuan tentang pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Wisata Kebun Pak Budi

Wisata Kebun Pak Budi
Wisata Kebun Pak Budi

Terbukti penting untuk dikunjungi, Kebun Pak Budi ternyata berprestasi, loh. Pada tahun 2021, destinasi rekreasi keluarga di Pasuruan ini mendapatkan penghargaan, loh! Yakni Juara 3 Wisata Buatan Alam atau disebut dengan WBA di Jawa Timur.

Hal ini terbukti dengan orientasi yang ditetapkan oleh Wisata Kebun Pak Budi. Yaitu pada pendidikan lingkungan dan teknologi terbarukan. Di mana tempat ini bisa menjadi lahan belajar bagi para generasi muda, terutama untuk menerapkan pembelajaran yang ada di sekolah ataupun rumah. Kebun Pak Budi mengajarkan bagaimana proses sejak awal terbentuknya bahan pangan. Baik yang hewani ataupun nabati, sampai pada proses pengolahannya. Dengan ini kita bisa lebih menghargai tiap makanan yang  tersuguh.

Baca Juga: Bangga! Bromo Masuk 3 Besar Taman Nasional Paling Indah di Dunia

Lokasi Wisata Kebun Pak Budi

Lokasi Wisata Kebun Pak Budi
Lokasi Wisata Kebun Pak Budi

Dengan luas 1,8 hektar, kebun Pak Budi terletak di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut, di bawah lereng gunung Arjuna. Tepatnya  berada di dusun Canggi, desa Sekarmojo, kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Dari pusat kota Pasuruan, Kebun Pak Budi berjarak kurang lebih 31 kilometer.

Karena letaknya yang berada di ketinggian inilah, udara jadi sejuk dan pemandangan sekitar pun sangatlah teduh juga asri. Dijamin Kawanjo akan betah berlama-lama di sini. Apalagi tersedia penginapan Kebun Pak Budi yang bisa disewa.

Baca Juga: Hunting Sunsire ke Bromo Cuma 300 Ribu, Dijamin Seru!

Aktivitas Menarik di Kebun Pak Budi

Aktivitas Menarik di Kebun Pak Budi
Aktivitas Menarik di Kebun Pak Budi

Pemandangan menarik khas pegunungan ditampilkan di tiap sudut Kebun Pak Budi. Namun, bila datang hanya untuk menikmati keindahannya sangatlah rugi. Masih banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sini. Apalagi Kebun Pak Budi mengusung konsep wisata edukasi yang menyediakan sumber belajar yang mengasyikkan. Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Kebun Pak Budi diantaranya:

  1. Menanam PadiWisata Kebun Pak Budi berada di dataran tinggi dan memiliki lahan subur untuk bercocok tanam. Ada bagian yang dijadikan sawahe Pak Budi. Kawanjo bisa mencoba untuk terjun ke sawah guna menanam padi layaknya petani sungguhan. Di sinilah terasa bagaimana perjuangan mereka hingga akhirnya tersaji sepiring nasi untuk makan.
  2. Memetik BuahSelesai menanam padi, Kawanjo bisa memanen hasil bercocok tanam lainnya. Juga termasuk diantaranya adalah pohon buah-buahan. Seperti durian, melon, mangga, kelengkeng, delima, jeruk Bali, dan belimbing. Selain mengamati, Kawanjo juga bisa memetik buah secara langsung dari pohonnya.
  3. Belajar HidroponikSelain beraktivitas di kebun buah, Kawanjo juga akan belajar merawat tanaman hidroponik. Budidaya sayuran dengan tanpa tanah ini menghasilkan banyak sayuran seperti sawi sendok dan selada.
  4. Edukasi KopiSelanjutnya Kawanjo bisa masuk ke sebuah ruangan untuk berteduh sekaligus menerima penjelasan. Kali ini di tempat wisata Kebun Pak Budi Kawanjo akan mengetahui proses pembuatan kopi. Termasuk di dalamnya adalah kopi luwak yang terkenal dan mahal itu.
  5. Memancing ikan dan beternakDi samping terjun langsung dalam proses mengelola persawahan dan perkebunan, Kawanjo juga akan mendapatkan edukasi tentang peternakan dan perikanan. Kawanjo bisa memancing dan memberi makan hewan ternak seperti domba. Ada juga sapi serta ayam yang bisa diamati dan menjadi bahan belajar.
  6. Naik ATV dan BerkudaUntuk berkeliling lebih jauh menikmati pemandangan perkebunan dan persawahan, Kawanjo tak perlu takut kelelahan jalan kaki. Ada fasilitas berkuda atau naik ATV. Hal ini membuat wisata di Kebun Pak Budi lebih menarik dan bisa banyak mengamati.
  7.  Outbound dan Fun GatheringKebun Pak Budi Pasuruan sering didatangi rombongan anak sekolah. Mereka belajar dan bersenang-senang di sini. Selesai mendapatkan banyak informasi, saatnya seru-seruan! Ada berbagai aktivitas outbound yang bisa dilakukan. Seperti flying fox individu atau aneka games kelompok untuk kekompakan. Anak-anak juga akan semakin senang setelah bermain di playground yang menyediakan aneka permainan.
  8. MenginapSelesai belajar dan bermain, Kawanjo bisa menikmati situasi malam nan damai serta sejuk. Caranya adalah dengan menginap. Kawanjo bisa memilih antara resort, glamping, cottage dan banyak lagi.  Harga penginapan Kebun Pak Budi pun bervariasi tergantung jenis dan waktu menginap antara weekdays atau weekend. Yakni berkisar antara  Rp 250.000 hingga Rp 1 juta.
  9. KulineranTak lengkap rasanya berwisata bila tanpa kulineran. Tak perlu bimbang, Kebun Pak Budi pun menyediakan kesempatan mencoba aneka food and beverage di cafe dan restoran. Menu Kebun Pak Budi lezat dan mengenyangkan dan pastinya bergizi dengan bahan segar. Seperti fresh juice telang, markisa, dan lainnya. Ada juga nasi bakil, ayam panggang, serta masih banyak lagi.

Baca Juga: Kafe Tertinggi se-Jawa Timur, Bromo Hillside Cafe Siap Bikin 2023 Berwarna

Jam Buka dan Tiket Masuk Kebun Pak Budi

Jam Buka dan Tiket Masuk Kebun Pak Budi
Jam Buka dan Tiket Masuk Kebun Pak Budi

Kebun Pak Budi buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 15.00. Namun bila Kawanjo menginap akan berbeda, lebih lama sehingga juga bisa melakukan morning walk berkeliling area kebun. Sedangkan untuk besarnya tiket masuk itu berbeda antara weekdays dan weekend. Jika hari kerja sebesar Rp 25.000, akhir pekan sebesar Rp 35.000.

Wisata Kebun Pak Budi adalah paket lengkap visualisasi proses tersedianya bahan pangan. Dengan hawa sejuk khas pegunungan, Kawanjo tidak hanya mendapatkan kegembiraan. Melainkan juga aneka ilmu tentang bercocok tanam dan beternak yang disampaikan dengan cara menyenangkan. Melalui edukasi dan praktek langsung.

 

0 comments on “9 Aktivitas Wisata Kebun Pak Budi, Memahami Proses Makanan Tersedia di Piringmu 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.