7 Film Dokumenter Tentang Alam ini Bakal Bikin Kamu Merinding Disko
Health Lifestyle

7 Film Dokumenter Tentang Alam ini Bakal Bikin Kamu Merinding Disko

Saking indahnya sudut rekam dan sinematografi yang ditampilkan, serial dokumentasi berikut bisa bikin hati tergetar saat lagi serius nonton!

Di masa pandemi seperti sekarang, mungkin sebagian dari kawanjo sudah mulai bosan diam di rumah atau berada dalam waktu lama di satu kota. Padahal biasanya, kawanjo pasti sudah bepergian ke sana kemari sambil menggotong banyak memori. Hmmmm, kapan ya kira-kira Covid berlalu biar kita bisa pelesiran lagi seperti dulu?

Well, kalau memang masih belum memungkinkan untuk bepergian, lebih baik memang jangan, ya! Karena bahaya sekali di luar sana. Jadi daripada uring-uringan dan kangen cinta-cintaan sama alam terbuka, lebih baik jalan-jalan visual dulu saja, yuk! Pigijo akan ajak Kawanjo keliling dunia ke tempat-tempat terbaik berpanorama luar biasa. Lewat mana? Ya lewat dunia maya, dong. Lewat siaran daring!

Oleh sebab itu, berikut Pigijo pilihkan 7 film dokumenter terbaik tentang alam yang bisa kawanjo tonton saat sedang senggang. Saking indahnya sinematografi, narasi, dan angle yang ditampilkan, kadang Pigijo saja bisa merinding dibuatnya. Sudah siap nonton? Cusssss lah… Namun, beberapa mungkin tak tersedia di Netflix, ya. Jadi harus search lewat Youtube. Happy watching!

1. Our Planet

https://youtu.be/aETNYyrqNYE

Seri dokumenter milik Netflix ini indahnya memang bisa bikin mata terbelalak. Anggun, mencengangkan, dan akan membuat kawanjo terkagum-kagum atas betapa indahnya isi bumi dan betapa mengerikannya perlakuan manusia yang abai pada efek pemanasan global dan perubahan ekosistem. Sebuah dokumentasi tentang hubungan sebab-akibat yang terlalu cantik tapi juga mengharukan dalam waktu bersamaan.

Kenapa kawanjo harus nonton? Karena semua terlalu sempurna untuk tak dinikmati. Mulai dari gambarnya, kejernihan kameranya. narasi cerita yang dibawakan oleh David Attenborough, sampai pembabakan filmnya yang terdiri dari High Seas, Frozen World, hingga Coastal Seas, semua benar-benar mengagumkan dan bikin kawanjo pasti ingin datang ke sana.

Tak hanya itu, mereka juga menyediakan potongan Behind the Scene yang juga wajib kawanjo tonton karena di situ kawanjo akan tahu betapa kerasnya usaha kameramen sebuah film dokumenter untuk mendapatkan footage terbaik. Menegangkan! Terutama di bagian Frozen World. Setelah nonton, pasti kawanjo langsung cinta pada seisi bumi dan alam yang melingkupi

2. Dancing With the Birds

https://youtu.be/i6po8dWuvCI

Masih dari Netflix, ada film dokumenter tentang birds of paradise yang ternyata banyak sekali jenisnya! Mereka berwarna-warni, lucu, menggemaskan, indah, dan ternyata sangat pintar terutama dalam urusan mencari jodoh. Kawanjo pasti akan kagum melihat cara mereka menarik perhatian pasangannya. Mulai dari menari, bernyanyi, sampai membuatkan rumah. Totally cute!

Hebatnya lagi, detail yang ditampilkan luar biasa cermat. Jadi kawanjo bisa benar-benar melihat warna bulunya, gerak paruhnya, hingga kibasan ekornya yang sangat menawan. Bohong kalau kawanjo tidak gemas dan tak terheran-heran melihat tingkah polah burung-burung ini saat sedang cari perhatian. Si perempuan jual mahal, si pria pantang menyerah. Menghibur sekali!

Baca juga: Fakta Desa Wisata Rammang-Rammang yang Wajib Kamu Tahu

3. Planet Earth II

https://youtu.be/c8aFcHFu8QM

Kali ini, sebuah dokumenter yang tayang di BBC Earth dan merupakan kelanjutan dari seri Planet Earth pertama yang rilis tahun 2006 pun wajib kawanjo tonton. Yup, 10 tahun setelahnya yaitu pada 2016, Planet Earth II mulai tersiar dan punya kualitas gambar yang jauh lebih sempurna. dari 2006 ke 2016, jelas terhitung lama. Namun kalau jadi lebih baik, rasanya jelas tak mengapa.

Sulit rasanya membayangkan film dokumenter bisa diambil dan dibuat sampai seindah ini. Backsound nya, scoring nya, sampai semua kecerahan warna yang keluar, dan kisah yang dinarasikan, jadi satu paket komplet sebuah kondisi nyata kehidupan alam yang memang indah adanya. Oleh sebab itu, sepatutnya kita jaga supaya ia tak indah hanya di film saja melainkan sampai ratusan tahun lamanya.

4. Chasing Coral

https://youtu.be/b6fHA9R2cKI

Kalau dari judulnya, kawanjo pasti sudah tahu bahwa dokumenter ini mengisahkan tentang para penyelam yang tergila-gila pada keindahan bawah laut khususnya terumbu karang. Namun karena iklim dunia berubah dan kebiasaan nelayan menangkap ikan juga tak sama, maka kelestarian terumbu karang kian terancam.

Oleh sebab itu, untuk menghindari kepunahan yang semakin jadi dan menghambat matinya terumbu karang yang makin melebar ke seluruh penjuru bumi, maka para penyelam, ilmuwan, dan ahli ekologi coba bekerja sama untuk merevitalisasi lagi koral-koral yang terus membotak di banyak titik. Bagaimana hasil kerjanya? Apakah berhasil? Tonton film ini untuk tahu kelanjutannya.

Ssssttt… Visualisasinya bikin ketagihan!

5. Chasing Ice

https://youtu.be/HqknAn_3QpI

Dibuat oleh orang yang sama dengan yang membuat Chasing Coral, maka di film ini kawanjo akan disajikan pemandangan gunung es yang rentan runtuh di jaman global warming seperti sekarang. Kalau di Chasing Coral para penyelam turun langsung untuk menyelamatkan terumbu karang, di sini para pendaki profesional juga ‘nanjak’ untuk memelajari fenomena alam ini.

Pasalnya, jika gunung es seluruhnya mencair, debit air di laut akan bertambah dan ekosistem hewan yang hidup daerah dingin akan tiada. Sedih, kan. Oleh sebab itu, di film dengan gambar yang memukau ini, akan kawanjo sadari betapa pentingnya bagi manusia untuk tetap menghargai keberadaan makhluk hidup lain baik hewan dan juga tumbuhan. Jika iklim terus berubah, mereka pun terancam punah.

6. Blue Planet II

https://youtu.be/_38JDGnr0vA

Masih dari BBC, ada lagi nih film dokumenter indah lainnya yang merupakan seri kedua juga. Judulnya Blue Planet II. Jelas isinya adalah mengenai kehidupan bawah laut yang ter-capture dengan amat sangat baik. Warnanya, gerakan per gerakan hewannya, sudut rekamnya, sampai segala yang ada di film dokumenter ini boleh dibilang terlalu cantik untuk tak diberi sanjungan.

Apalagi narasinya dibawakan oleh David Attenborough (lagi). Maka kawanjo akan merasa seperti sedang dibacakan dongeng sebelum tidur! Menenangkan dan menentramkan jiwa. Oleh karenanya, film ini jadi film dokumenter yang one-stop-show. Semua bisa dinikmati dalam satu tayangan. Mulai dari apa yang kawanjo lihat, dengar, dan rasakan, semua terbaur sempurna dalam film ini.

Baca juga: Ngetrip Sehari ke Majalengka Berburu Wisata Alam yang Bikin Segar

7. The Year Earth Changed

https://youtu.be/XswV_yqPq28

Last but not least, dokumenter mengenai perubahan situasi bumi di awal pandemi. Ketika manusia semua diam di rumah, locking down themselves at home, yang terjadi adalah bumi tak terganggu. Bahan bakar tak mencemari udara dan air, manusia pun tak hiruk pikuk di sana-sini. Jadi binatang yang biasanya tak berani menampakkan diri kini keluar dengan berani.

Bumi seketika tak sama. Sungguh sebuah dokumenter paling wajib kawanjo tonton di masa pandemi karena apa yang terjadi amat dekat dengan situasi dunia terkini. Meski tak sekosong tahun lalu, meski lockdown kita tak seketat 2020, namun kejadian dalam film ini sukses jadi pengingat bahwa, hei, bumi ini bukan cuma milik manusia, lho. Ada makhluk lain juga di sekitar kita.

Mungkin selama ini kita merupakan ancaman yang menyebabkan mereka takut untuk keluar. Tapi apa yang terjadi saat manusia tak mendominasi? Mereka muncul. Seperti menapaki tempat yang selama ini membuat mereka penasaran namun tak pernah kesampaian untuk dikunjungi. Indah bukan? So, jangan sampai tak nonton, ya. Karena hati kawanjo pasti terketuk menyaksikannya.

Ingat, menonton film-film ini juga membuat kita senang. Dimana hati senang terdapat imun yang kuat. Cek info selengkapnya di sini.

Baca Juga : 5 Wellness Trip Wajib Coba di Bali dan Jawa Untuk Tenangkan Jiwa Raga

0 comments on “7 Film Dokumenter Tentang Alam ini Bakal Bikin Kamu Merinding Disko

Leave a Reply

Your email address will not be published.