Khasiat Buah Senna
Health

5 Khasiat Buah Senna untuk Tubuh Tetap Fit dan Anti Sembelit

khasiat buah senna membantu mengatasi Susah BAB yang mengganggu aktivitas harian dan bikin jiwa menjerit

Adakah Kawanjo yang tahu Buah Senna? Buah ini memiliki banyak khasiat, lho. Salah satunya adalah mengatasi susah BAB atau sembelit. Yuk, kita kenali lebih jauh tentang Buah Senna!

Tumbuhan Senna

Tumbuhan Senna
Tumbuhan Senna

Nama Senna diambil dari bahasa Arab, sana, yakni tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai pencahar guna mengatasi sembelit, juga sebagai pembersih usus.

Tumbuhan ini memiliki banyak spesies, salah satunya adalah Senna alexandria. Berbagai jenisnya merupakan tumbuhan pohon dan semak. Daunnya berbentuk sirip dengan selebaran berpasangan yang berlawanan arah dan memiliki bunga yang muncul di ketiak daun.

Adapun bunga tumbuhan Senna umumnya berwarna kuning dan memiliki 5 kelopak bunga dengan 10 benang sari. Buahnya berbentuk polong dengan biji di dalamnya.

Baca juga: 5 Tanaman Penyerap Polusi Udara, Cocok untuk di Dalam Ruangan!

Kegunaan dan Khasiat Buah Senna Tumbuhan Senna

Kegunaan Tumbuhan Senna
Kegunaan Tumbuhan Senna

Ternyata, tumbuhan ini sudah umum digunakan oleh masyarakat. Beberapa spesiesnya memiliki fungsi tertentu. Ada yang digunakan sebagai tanaman hias yang mempercantik lingkungan. Ada pula yang mencampurkannya ke dalam makanan. Seperti jenis Senna siamea, bunga dan daunnya sering diambil untuk campuran masakan di negara Asia Tenggara,seperti masakan Myanmar, Thailand, dan Laos. Sedangkan spesies Senna obtusifolia, digunakan sebagai bahan pengental. Selanjutnya, meskipun kurang umum, beberapa spesies Senna seperti Senna occidentalis, memiliki bunga yang digunakan dalam pengobatan tradisional, termasuk masalah kulit dan infeksi.

Senna alexandrina yang sudah banyak beredar, dimanfaatkan beberapa bagiannya terutama dalam pengobatan tradisional dan herbal. Yang pertama adalah daun, bagian yang paling umum digunakan. Daun Senna mengandung senosida, senyawa yang memiliki efek pencahar. Manfaat daun Senna adalah untuk meredakan sembelit atau sebagai pertolongan pertama untuk  pembersihan usus sebelum pemeriksaan medis tertentu.

Bagian kedua adalah bunga, yang juga digunakan untuk mengurangi efek samping infeksi. Sedangkan bagian terakhir, yakni buah juga memiliki senyawa pencahar. Buah ini dapat digunakan dalam bentuk ekstrak atau dalam produk obat herbal tertentu.

Baca juga: 6 Minuman Rempah Hangat untuk Kesehatan, Ada yang Menyehatkan Mata

Manfaat Buah Senna

Manfaat Buah Senna
Manfaat Buah Senna

Dalam bentuk polong-polongan dengan biji di dalamnya, buah Senna ternyata memiliki banyak manfaat. Khasiat utama buah Senna adalah sebagai obat pencahar yang digunakan untuk meredakan sembelit atau gangguan pencernaan ringan.

Beberapa manfaat dan khasiat buah Senna meliputi:

  1. Meredakan Sembelit
    Senna mengandung senosida, senyawa yang membantu merangsang gerakan usus dan meringankan sembelit dengan menghasilkan tinja yang lebih lunak.
  2. Membersihkan Usus
    Buah Senna juga digunakan dalam prosedur pembersihan usus sebelum pemeriksaan endoskopi atau pembedahan tertentu.
  3. Mengurangi Kembung
    Senna dapat membantu mengurangi gejala kembung karena merangsang gerakan usus.
  4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa Senna juga memiliki beragam komponen bioaktif. Selain obat pencahar juga ada antioksidan, vitamin, dan mineral. Komponen bioaktif ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga efektif melawan beragam penyakit.
  5. Sumber antioksidan
    Sejumlah penelitian menyatakan bahwa tumbuhan senna memiliki antioksidan alami yang banyak. Terutama adalah jenis Beta Karoten. Dengan antioksidan ini, Senna bisa mencegah kanker, diabetes, aterosklerosis, penyakit inflamasi, dan penuaan dini.

Baca juga: Tangkai Cabai Bisa jadi Yoghurt? Yuk, Mengolah Limbah Masakan Kuliner Khas Indonesia

Senna Alexandrina adalah tanaman herbal yang memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional, khususnya untuk masalah pencernaan. Meskipun memiliki manfaat yang signifikan dalam merawat sembelit dan membersihkan usus, penting untuk menggunakan tanaman ini dengan bijak dan di bawah pengawasan ahli kesehatan. Jika Kawanjo mengalami masalah pencernaan yang persisten, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan Senna Alexandrina atau produk berbahan dasar tanaman ini.

Sebagai obat herbal, meskipun telah banyak penelitian yang mengungkap kandungan zat baik dalam tumbuhan Senna dan khasiat buah senna, Kawanjo harus tetap ingat, bahwa penggunaan tumbuhan senna dalam jangka panjang atau berlebihan dapat menyebabkan efek samping, seperti diare yang parah, dehidrasi, atau gangguan elektrolit. Maka, sebaiknya konsultasikan dengan profesional medis sebelum menggunakan Senna atau produk olahannya. Terutama jika Kawanjo memiliki masalah kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

0 comments on “5 Khasiat Buah Senna untuk Tubuh Tetap Fit dan Anti Sembelit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.