minuman rempah hangat untuk kesehatan
Health Lifestyle

6 Minuman Rempah Hangat untuk Kesehatan, Ada yang Menyehatkan Mata

ada yang baru nih, ternyata minuman rempah hangat untuk kesehatan ternyata bisa menyehatkan mata

Di sebagian besar wilayah Indonesia sedang mengalami musim penghujan. Akronim Januari sebagai Hujan Sehari-hari nampaknya juga pas, mengingat memang kenyataannya sekarang hampir setiap hari selalu turun hujan. Namun penghujan juga identik dengan musim. Nah untuk menjaga tubuh tetap sehat, leluhur punya beragam minuman rempah hangat untuk kesehatan yang tetap lestari hingga kini di seluruh nusantara.

Tak perlu dirutuki, sebab hujan adalah Rahmat, bentuk kasih sayang Sang Pencipta buat penduduk bumi. Namun di sisi lain, ketika musim hujan jenis mikroba jadi lebih mudah berkembangbiak dan akan mudah masuk ke dalam tubuh manusia. Akibat perubahan suhu pada lingkungan pula, cuaca dingin membuat daya tahan tubuh yang menurun semakin membuat bakteri dan virus berkembang hingga menyebabkan penyakit.

Minuman rempah hangat untuk kesehatan

Minuman Rempah Hangat Untuk Kesehatan
Minuman Rempah Hangat untuk Kesehatan

Selain bisa menghangatkan tubuh dan mengusir rasa dingin, minuman dari bahan alami punya banyak guna. Dari rempah asli Indonesia yang kaya manfaat, minuman hangat ini menjadi alternatif untuk mencegah menurunnya kondisi kesehatan manusia. Sehingga manjur untuk menolak penyakit yang masuk ke tubuh.

Baca Juga : Terinfeksi Omicron Segera Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini

Inilah minuman rempah hangat untuk kesehatan dari rempah asli Indonesia. Dengan resep turun temurun, minuman berikut dipercaya berkhasiat untuk kesehatan:

  1. Bandrek khas Sunda
Minuman Rempah Hangat Untuk Kesehatan
Bandrek khas Sunda

Minum bandrek segera mungkin membuat badan menjadi hangat. Cocok sekali diminum saat suasana bersuhu rendah. Adapun bahan utama dari bandrek adalah jahe dan gula merah. Namun terkadang ada yang menambah rempah lain seperti serai, merica, dan pandan untuk menambah efek hangat.

Baca Juga : 5 Minuman Ini Bisa Atasi Asam Lambung Saat Ngetrip

Terkadang ada pula yang menambahkan telur ayam kampung, atau susu pada segelas bandrek sesuai selera. Di Bandung bahkan ada yang menambahkan sedikit kerokan kelapa. Minuman ini dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit semisal sakit tenggorokan, batuk, dan lain sebagainya.

  1. Bajigur khas Sunda
Minuman Rempah Hangat Untuk Kesehatan
Bajigur khas Sunda

Meskipun sama-sama khas dari daerah Jawa Barat, bajigur berbeda dengan bandrek. Minuman rempah hangat untuk kesehatan ini berbahan utama santan dan gula aren. Untuk lebih nikmat rasanya, ditambahlah jahe dan garam serta pandan atau vanili untuk aroma yang lebih nikmat. Biasanya beberapa orang juga menambahkan kopi tubruk sebagai varian rasa.

Baca Juga : Terserang Virus, Hindari 8 Jenis Makanan dan Minuman Ini

Minuman yang seringnya disajikan dengan camilan sederhana macam pisang dan ubi-ubian rebus ini sekarang lebih modern. Begitu juga dengan bandrek, bajigur kini dijual dalam bentuk serbuk cepat saji. Meskipun urusan rasa tidak senikmat olahan aslinya, bajigur versi kekinian tetaplah jadi pilihan. Sebab lebih praktis dan mudah membuatnya

  1. Biar Pletok khas Betawi
Minuman Rempah Hangat Untuk Kesehatan
Bir Pletok khas Betawi

Asal usul minuman rempah khas Indonesia ini ternyata unik. Syahdan, masyarakat Betawi tertarik dengan kebiasaan penjajah Belanda saat minum bir yang termasuk minuman keras. Namun karena alasan norma agama dan tahu jika bir tersebut membawa efek buruk untuk tubuh, mereka jadi berfikiran bijak. Masyarakat Betawi meracik sendiri minuman bir pletok yang berkhasiat menyehatkan tubuh dengan rasa nikmat dan segar. 

Baca Juga : Mau Sehat Berpuasa? Jauhi 11 Makanan dan Minuman Ini Ya!

Bir pletok atau disebut juga bir Betawi terbuat dari 13 rempah yang direbus dan tanpa tambahan bahan kimia sedikitpun. Sebut saja bahannya adalah  jahe, jahe merah, kayu secang, kayu manis, sereh, kunyit, daun pandan, daun jeruk, lada hitam, biji pala, kapulaga, kembang lawang, serta cengkeh. Tak lupa ditambah pemanis berupa gula pasir atau gula aren atau madu hutan. Juga diberi garam yang tak boleh diikutkan saat proses merebus supaya khasiat bahan-bahannya terjaga.

Bir pletok ini dipercaya memiliki  khasiat diantaranya meredakan nyeri lambung, radang sendi, memperlancar peredaran darah,  masuk angin, mengurangi rasa mual, batuk, dan gejala flu ringan.

Di daerah Sumedang, bir pletok telah dikembangkan menjadi minuman dalam kemasan botol yang memberikan sensasi soda saat diminum. Namun jangan khawatir, hal ini tidak menyebabkan mabuk. Sebab soda yang timbul merupakan efek dari fermentasi dari gula aren yang digunakan.

  1. Sarabba khas Bugis
Minuman Rempah Hangat Untuk Kesehatan
Sarabba khas Bugis

Satu lagi minuman rempah hangat untuk kesehatan. Namanya Sarabba yang jadi khas daerah Sulawesi Selatan. Dengan memadukan jahe, gula merah atau aren, santan, serta  merica, minuman ini nikmat diminum selagi hangat. Untuk manfaat lebih, sarabba bisa ditambah kuning telur ayam kampung. Ada lagi pilihan lain yaitu dengan menambahkan susu.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Kue Khas Riau Penunda Lapar

Penjual sarabba tersebar di kota-kota dalam wilayah Sulawesi Selatan. Di Makassar penjual membuka kiosnya buka pada sore hari. Sedangkan penjual di Kabupaten Maros juga menyediakan sarabba pada pagi hari. Yang mengasyikkan adalah menyeruput sarabba sambil menikmati pemandangan  indah Teluk Pare dan tanjung Ujung Lero di kota Parepare. Atau panorama elok pedesaan Pa’tengko, deretan persawahan sekitar Tampo maupun latar gunung Sinaji bila menikmati sarabba di Café Ba’ba-ba’ba di Kota Toraja Utara

  1. Teh Talua khas Sumatera Barat
Minuman Rempah Hangat Untuk Kesehatan
Teh Talua khas Sumatera Barat

Minuman rempah hangat untuk kesehatan lainnya ada Teh Talua. Teh telur adalah sebutan lain dari minuman hangat khas Sumatera Barat ini. Sebab bahan utamanya merupakan telur ayam kampung. Dalam pembuatannya telur tersebut dikocok lalu dicampurkan ke dalam teh yang sudah ditambah gula, lalu diberi sedikit perasan jeruk nipis.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Wisata Kuliner Pasar Lama Tangerang

Teh talua di Sumatera Barat banyak dikonsumsi oleh para pekerja guna menambah stamina. Ternyata manfaatnya bukan hanya itu. Kuning telur yang terkandung di dalamnya bisa menyumbang vitamin A, D, E, dan K untuk tubuh. Di dalam teh yang dalam penyajiannya nampak berlapis-lapis ini, terdapat zat karotenoid yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Termasuk menurunkan resiko katarak.

  1. Wedang Uwuh khas Yogyakarta
Minuman Rempah Hangat Untuk Kesehatan
Wedang Uwuh khas Yogyakarta

Di daerah asalnya, yaitu Yogyakarta, minuman hangat untuk kesehatan ini tersebar dimana-mana. Mulai dari pedagang gerobak hingga restoran mewah. Mulai dari pasar tradisional hingga toko oleh-oleh yang lebih modern bahkan dijual secara online.

Baca Juga : Cobain, 5 Minuman Korea yang Cocok Jadi Takjil

Pada awalnya wedang uwuh disajikan dengan merendam berbagai rempah menggunakan air panas. Rasa pedasnya yang khas berasal dari jahe, sedangkan warna merah sebagai ciri utamanya dikarenakan adanya rempah secang

Sebenarnya masih banyak minuman rempah hangat untuk kesehatan khas Nusantara. Melimpahnya rempah asli Indonesia membuat bangsa ini memiliki banyak variasi yang jadi solusi untuk menjaga kesehatan tubuh. Sangat pas untuk dinikmati saat musim penghujan atau ketika berwisata di daerah dataran tinggi dan pegunungan.

0 comments on “6 Minuman Rempah Hangat untuk Kesehatan, Ada yang Menyehatkan Mata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.