Asam lambung
Health Lifestyle

5 Minuman Ini Bisa Atasi Asam Lambung Saat Ngetrip

Asam lambung naik menyebabkan Kawanjo merasakan gejala seperti ulu hati hingga bagian dada terasa panas.

Naiknya asam lambung telah menjadi salah satu penyakit yang ditakuti. Sebab, asam lambung naik berefek pada terganggunya kegiatan keseharian Kawanjo entah itu bekerja, berdagang, sekolah sampai ngetrip.

Asam lambung naik menyebabkan Kawanjo merasakan gejala seperti ulu hati hingga bagian dada terasa panas. Gejala lain yang dirasa saat asam lambung naik di antaranya adalah mual, kembung, muntah hilang nafsu makan dan mudah kenyang saat makan, begitu mengganggu, kan apalagi pas lagi ngetrip.

BACA JUGA: Sudah Dibuka, Tapi Bali Masih Sepi Turis Asing?

Gangguan Asam lambung naik atau dikenal dengan istilah medis GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) disebabkan hernia hiatus yaitu persoalan saat bagian atas perut dan otot pemisah perut dari dada, sfigter, bergerak di atas difragma yang punya fungsi menjaga asam lambung di tubuh. Saat fenomena itu terjadi maka asam lambung akan naik ke kerongkongan dan memunculkan gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas.

Saat asam lambung menyerang, apalagi saat ngetrip, Kawanjo enggak usah panik, kami punya tips peredanya. Mengkonsumsi minuman-minuman ini akan membuat asam lambung Kawanjo reda dan ngetrip bisa kembali menyenangkan, yuk diintip sama-sama:

1. Susu Nabati

5 Minuman Ini Bisa Atasi Asam Lambung Saat Ngetrip
Susu Nabati baik untuk meredakan asam lambung

Minuman yang kami rekomendasikan untuk dikomsumsi saat asam lambung naik adalah susu nabati. Produk susu nabati di antaranya susu kedelai, susu almond, susu kacang mete dan masih banyak lagi. Produk-produk banyak tersedia supermarket sampai di warung-warung kecil tempat Kawajo ngetrip.

BACA JUGA: 7 Tips Solo Traveling Buat Si Pemula

Menurut penelitian, susu nabati mengandung komposisi basa yang terbukti bisa meredakan keasaman pada lambung dan meredakan gejala-gejalanya. Susu nabati juga lebih sedikit lemak dibanding produk susu hewani, itu sebab produk susu dari tumbuhan aman dikonsusmi penderita asam lambung.

2. Teh Herbal

5 Minuman Ini Bisa Atasi Asam Lambung Saat Ngetrip
Teh herbal baik dikonsumsi saat asam lambung naik

Teh herbal yang baik bagi penderita asam lambung harus bebas kafein. Beberapa contohnya seperti teh chamomile, licorice, elm licin, dan marshmallow. Kawanjo dilarang mengkonsumsi teh herbal peppermint atau sejenisnya, bukan meredakan teh seperti itu malah memicu asam lambung.

Mengkonsumsi teh herbal bebas kafein sudah terbukti bisa meredakan asam lambung. Sebab, saat meminum teh herbal tersebut maka mereka akan bekerja meredakan masalah perut termasuk naiknya asam lambung atau mual karena kelebihan gas.

3. Air Putih

Diet sehat saat puasa
Perbanyak minum air putih demi kesehatan

Ini adalah solusi paling mudah meredakan asam lambung. Pastinya, air putih mudah didapat di mana pun bahkan di tempat terpencil sekalipun yang dikunjungi Kawanjo ketika ngetrip.

Kenapa air putih bisa meredakan asam lambung? PH di air putih jumlahnya netral atau 7,0 dalam angka. Jadi meminum air putih membantu meredakan gejala asam lambung. Pastikan Kawanjo selalu sedia air mineral ketika ngetrip.

4. Air kelapa

5 Minuman Ini Bisa Atasi Asam Lambung Saat Ngetrip
Air kelapa untuk redakan asam lambung

Minuman selanjutnya yang kami rekomendasikan untuk meredakan asam lambung ialah air kelapa. Namun, wajib diingat Air kelapa pereda gejala asam lambung harus tanpa pemanis apapun seperti gula tebu, gula aren sampai gula jagung.

Air kelapa tanpa pemanis merupakan sumber elektrolit baik seperti kalium. Elektrolit berguna meningkatkan keseimbangan PH pada tubuh manusia demi mengedalikan refluks asam penyebab asam lambung. Oleh karenanya, air kepala kerap jadi pilihan minuman pereda asam lambung.

5. Jus Buah

Menu Buka Puasa
Jus Segar

Jus buah pereda asam lambung harus yang sedikit mempunyai rasa asam. Apa saja jenisnya? itu terdapat pada tumbuhan seperti wortel, lidah buaya, semangka, ketimun, pir dan buah lain. Hindari minun jus jeruk dan nanas, dua minuman itu bisa membuat asam lambung Kawanjo naik.

Minuman-minuman segar dari bahan-bahan sedikit rasa asam terbukti dapat meredakan asam lambung. Jadi, Kawanjo wajib ingat jus apa saja yang harus diminum untuk meredakan asam lambung, karena jika salah konsusmi alih-alih reda asam lambung Kawanjo bisa tambah parah.

Itu tadi lima minuman pereda asam lambung saat Kawanjo ngetrip. Ngomong-ngomong soal ngetrip kita punya juga lho, paket ngetrip seru cek di sini.

BACA JUGA: Karanganyar Masuk 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

0 comments on “5 Minuman Ini Bisa Atasi Asam Lambung Saat Ngetrip

Leave a Reply

Your email address will not be published.