Kue Khas Provinsi Riau
Local Experiences

7 Rekomendasi Kue Khas Riau Penunda Lapar

Buat kamu pecinta kuliner, wajib coba kue khas Riau nih. Dijamin nampol!

Sudah makan, tapi masih lapar. Sudah lapar, tapi malas makan makanan berat. Maka, ngemil adalah alternatifnya. Beragam kue atau jajanan bisa dipilih sesuai selera. Apalagi Indonesia kaya akan keberagaman kulinernya, termasuk makanan ringan. Maka ngemil jajanan khas keren juga, sembari menunjukkan jiwa cinta bangsa. Salah satu khazanah kuliner Indonesia adalah kue khas Riau.

Riau merupakan provinsi sibuk, berisi penduduk yang aktif menjalani kesehariannya. Terutama di bidang perdagangan dan bisnis. Bagaimana tidak, Riau terletak berbatasan dengan Singapura. Salah satu kotanya adalah Dumai yang termasuk dalam kawasan lintas perdagangan internasional Selat Melaka. Dumai berkembang menjadi kota industri yang sulit surut kesibukannya.

Baca Juga : 4 Spot Epik Wisata Pulau Rupat Bengkalis di Riau

Ngemil jadi alternatif di tengah kesibukan. Bagi sebagian orang bahkan menjadikan makan makanan ringan ini sebagai amunisi untuk tetap bisa berkarya dan bekerja. Nah, ragam kue khas Riau itu bervariasi dan bisa dicoba. Cara mendapatkannya pun mudah. Bila sedang berada di Riau, tinggal menuju kios penjual kue ataupun toko oleh – oleh. Namun bagi yang sedang tidak ada di Riau, bisa mencari di toko online atau market place yang ada.

Macam Kue Khas dari Provinsi Riau

Sebagai bagian dari kuliner khas Melayu Riau, berikut adalah beberapa kue khas Riau yang bisa dicoba kenikmatannya. Yaitu:

  1. Bolu Kemojo
Kue Khas Riau
Kue khas Riau, Bolu Kemojo

Seperti namanya, bentuk kue ini memang cantik. Mirip bunga kemojo atau kamboja. Rasanya pun tak kalah memikat. Membuat indera pengecap tak henti meminta lagi.

Baca Juga : Kue Khas Banjarmasin yang Dijual di Pasar Terapung, Nyaman Banar!

Dengan rasa yang dominan manis, ternyata ada tambahan variasi lainnya. Seperti pandan, jagung, dan durian. Tekstur rotinya yang padat menambah nilai lebih untuk kue khas Riau ini. Sehingga banyak orang yang menjadikannya sebagai oleh – oleh bila hendak pergi dari Riau. Di toko online pun sangat mudah mendapatkan bolu kemojo ini.

  1. Asidah
Kue Khas Riau
Kue khas Riau, Asidah

Siapa sangka jika kue manis ini dulunya merupakan makanan kesukaan raja di semenanjung Malaya. Namun kini, siapapun bisa menikmatinya. Adapun bahan dari kue asidah adalah tepung terigu, daun pandan, kayu manis, dan cengkeh.

Baca Juga : Cari Aman saja, Pilih Kue Khas Makassar yang Tahan Lama untuk Buah Tangan

Rasa manis nan gurih dan mengandung rasa rempah menjadi teman minum kopi atau minuman hangat lainnya.

  1. Kue Bangkit
Kue Khas Riau
Kue Khas Riau, Bangkit

Menjadi salah satu dari ragam kue kering, kue khas Riau satu ini cocok untuk dijadikan buah tangan. Meskipun daerah yang dituju jauh dari Riau, kue bangkit bisa bertahan dengan cita rasanya yang khas.

Baca Juga : Si Kentut dan Deretan Kue Berikut Cocok Jadi Oleh-oleh Khas Bangka Belitung

Kue bangkit adalah jenis kudapan yang terbuat dari tepung kanji, gula, telur, dan sebagainya yang dicampur rata. Kemudian adonan dipanggang menggunakan oven sampai kering. Meski sebenarnya kue khas Riau yang manis ini adalah sajian lebaran, menikmatinya di waktu selain hari raya juga mengasyikkan.

  1. Lempuk Durian
Kue Khas Riau
Kue Khas Provinsi Riau Lempuk Durian

Penggemar durian tak akan menolak makanan yang satu ini. Lempuk atau dodol durian adalah kue khas Riau yang banyak diburu orang. Daerah yang terkenal menghasilkan lempuk paling enak adalah Bengkalis. Namun untuk mendapatkannya tinggal menuju atau menghubungi toko oleh – oleh atau kue khas Riau.

Baca Juga : nilah Daftar Tempat Wisata Berburu Durian di Indonesia yang Wajib Kamu Datangi

Manis legitnya mampu menggoyang lidah penikmatnya. Rasanya tak cukup bila hanya satu butir saja.

  1. Kacang Pukul
Kue Khas Riau
kue khas Riau, Kacang Pukul

Kue khas Riau ini dikenal dengan sebutan kacang pukul. Terbuat dari kacang tanah, gula, dan sedikit garam yang dihaluskan sampai lumat dan menyatu. Lalu kacang dipotong-potong kecil sesuai selera.

Baca Juga : Dunia Kuliner Menggeliat Lagi, Inilah Makanan Khas Surabaya dengan Sambal Kacang

Kue ini banyak dijumpai di Bagan Siapi-api, Rokan Hilir, Riau, yang dipopulerkan oleh penduduk Tionghoa yang ada di daerah tersebut.

  1. Abuk – abuk
Kue Khas Riau
Kue Khas Riau, Abuk – abuk

Jajanan tradisional khas Riau ini menambah daftar kue manis legit yang lezat. Terbuat dari sagu mutiara, kelapa parut, gula merah, dan garam. Adonan kue abuk-abuk kemudian dimasukkan dalam daun pisang yang telah dilipay dengan bentuk yang khas.

Baca Juga : Beli dan Nikmati Kue Khas Mamuju, Supaya Perekonomian Semakin Maju

  1. Lopek bugi
Kue Khas Riau
Macam Kue Khas Riau Lopek bugi

Camilan legit nan lezat ini berasal dari kabupaten Kampar, Riau. Bahkan di sini terdapat desa yang khusus memproduksi lopek bugi. Karena permintaan pasar memang tinggi. Banyak yang menggemari, bahkan masyarakat di luar Kampar juga.

Baca Juga : 7 Kue Khas Ambon dari Sagu, Teman Bersantai Menikmati Waktu

Dahulu, kue ini merupakan sajian wajib untuk para bangsawan. Sekarang, selain dalam perayaan hari-hari besar, acara keagamaan, dan acara adat, lopek bugi juga bisa dijumpai secara bebas. Seperti di kios – kios sepanjang jalan Pekanbaru – – Bangkinang dan toko suvenir di Riau.

Kue khas Riau menjadi pilihan buat ngemil asyik. Selain supaya perut tidak lapar tapi juga tidak kekenyangan, juga agar makin tebal rasa cinta negeri. Bila ingin menyantap, bisa mencobanya saat wisata ke Riau. Atau boleh juga mencari secara online.

0 comments on “7 Rekomendasi Kue Khas Riau Penunda Lapar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.