kue khas bangka belitung
Local Experiences

Si Kentut dan Deretan Kue Berikut Cocok Jadi Oleh-oleh Khas Bangka Belitung

Bingung mau beli oleh-oleh khas Bangka Belitung? Simak deretan kue khas berikut ini y

Segan kiranya rasa hati bila pulang bepergian dengan tangan hampa. Apalagi bila Kawanjo selesai nge-trip di Bangka Belitung. Pasti akan lebih bermakna bila buah tangan ada di genggaman. Karena banyak orang yang paham, provinsi ini memiliki kuliner khas yang lezat. Beberapa di antaranya sangat istimewa untuk jadi oleh-oleh khas Bangka Belitung.

Baca juga: Serunya Kulineran Makanan Khas Bangka Belitung yang Populer

Di bawah ini adalah sebagian dari kue khas Bangka Belitung yang terkenal. Minjo telah pilihkan yang paling pas untuk dijadikan oleh-oleh khas dari Bangka Belitung.

1. Kericu

kuliner Bangka Belitung Kericu
Kericu

Kerupuk ini terbuat dari telur cumi dan tepung sagu. Rasanya gurih sehingga banyak yang suka dan pantas untuk dijadikan oleh-oleh khas Bangka Belitung.

2. Getas Bangka

kuliner Bangka Belitung Getas Bangka
Getas Bangka

Oleh-oleh dari Bangka Belitung ini adalah sejenis kerupuk. Ikan tengiri sebagai bahan utama dalam pembuatan, menjadikan rasa cemilan ini gurih dan lezat. Sangat cocok sebagai teman makan nasi atau makanan kuah. Bahkan penduduk Bangka Belitung sering menyantap dengan kuah cuko.

3. Kue Rintak

kuliner Bangka Belitung Kue Rintak
Kue Rintak

Sejenis kue kering yang terbuat dari tepung sagu. Rasanya manis dan legit, cocok untuk dimakan sambil minum teh atau kopi.

Bentuknya seperti bunga atau daun bulat. Kue ini layak dijadikan oleh-oleh khas Bangka Belitung.

4. Lempok Cempedak

Lempok Cempedak2
Lempok Cempedak

Jika orang Jawa punya dodol, di Bangka Belitung ada lempok yang terbuat dari buah cempedak. Namun rasa lempok cempedak memiliki tekstur yang lebih lengket dan legit.

Masyarakat Bangka Belitung biasanya memakan lempok dengan cara digoreng setelah dilapisi tepung. Meskipun cara biasa juga masih dilakukan. Nah, lempok cempedak ini juga pas untuk dibawa pulang.

5. Kue Si Kentut

kuliner Bangka Belitung Kue Si Kentut
Kue Si Kentut

Siapa sangka bila kue dengan nama berkonotasi negatif ini sudah ada sejak dulu. Si kentut memang terkesan buruk namun ternyata sebaliknya. Dinamakan ini, sebab bahannya menggunakan daun si kentut.

Kue ini adalah perpaduan khas budaya Bangka Belitung dengan Cina. Nama lainnya adalah kue Ta Phi. Dan sudah menjadi kepercayaan kaum Tionghoa, bahwa menyantap kue ini di waktu tertentu bisa membuang sial.

Kue khas yang jadi oleh-oleh khas Bangka Belitung ini memiliki tekstur yang mirip dengan dodol. Hanya saja, kue Ta Phia hadir dalam tiga bentuk. Yaitu berlapis, bergulung, dan tipis bermotif. Kesemuanya memiliki rasa manis dan baunya harum.

5. Bong Li Piang

kuliner Bangka Belitung Bong Li Piang
Bong Li Piang

Oleh-oleh kue khas Bangka Belitung ini pun telah ada sejak dulu. Tetlihat dari namanya, Bong li yang berarti nanas dan Li yang berarti kue kering. 

Bentuk dan teksturnya memang seperti kue nastar. Terbuat dari terigu, santan, dan gula Jawa. Jika resep asli menggunakan selai nanas untuk isiannya, sekarang sudah banyak variasi. Mulai dari rasa coklat hingga stroberi. 

Baca juga: Wisata ke Belitung 3 Hari Cuma Rp 1 Juta? Check It Out!

Enam kue di atas bisa dibeli di toko oleh-oleh khas Bangka Belitung. Ada banyak variasi kemasan yang bisa dipilih. Tinggal menentukan mana yang akan dibeli. Yang paling seru sih ke lokasi langsung untuk sekalian icip-icip kue khas Bangka Belitung

Berkelana dengan kata-kata || Menebar guna lewat hamparan frasa

0 comments on “Si Kentut dan Deretan Kue Berikut Cocok Jadi Oleh-oleh Khas Bangka Belitung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.