wisata di pulau Rupat
Local Experiences

4 Spot Epik Wisata Pulau Rupat Bengkalis di Riau

Kabupaten Riau memiliki alam yang penuh pesona. Salah satunya adalah di pulau Rupat.

Wisata Pulau Rupat Bengkalis tak bisa diangap remeh. Sebagaimana daerah lain, Kabupaten Bengkalis juga mengadakan beberapa event di dunia pariwisata. Salah satu contohnya adalah Festival Rupat dan Running 10k. Acara yang bertujuan untuk mempromosikan wisata di Pulau Rupat ini tiap tahun digelar meriah. Penasaran, tengok yuk apa saja keseruan wisata Pulau Rupat Bengkalis di Riau.

Pulau Rupat Bengkalis Riau

Sebagaimana diketahui, di Bumi Lancang Kuning Riau terdapat satu pulau yang keberadaannya sangat penting. Pulau Rupat itulah namanya. Pulau dengan luas 1500 km2 ini menjadi sangat berarti sebab telah ditetapkan sebagai target pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata tahun 2019-2024. Hal ini berdasarkan pada posisi dan potensi pulau Rupat yang strategis, dalam pembangunan kawasan di Selat Malaka.

Wisata Pulau Rupat Bengkalis, Klip pulau Rupat
Klip pulau Rupat

Pemerintah kabupaten Bengkalis terus menggenjot pembangunan pariwisata di pulau Rupat. Hingga akhirnya sekarang akses menuju ke pulau ini jadi lebih mudah. Terdapat perjalanan dari Dumai ke Pulau Rupat dalam waktu 20 – 30 menit dengan menggunakan kapal Ro-ro (roll on roll off). Sedangkan bila berangkat dari Bengkalis memerlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Wisata Natuna yang Mempesona dan Bikin Terpana

Selain pembangunan infrastruktur,  pemerintah kabupaten juga membuat kalender wisata sebagai media promosi wisata Pulau Rupat. Termasuk di dalamnya adalah pariwisata olahraga atau sport tourism. Yaitu festival Rupat dan Running 10k yang dilaksanakan pada akhir Oktober 2022. 

Selain meningkatkan potensi pariwisata, sejatinya event seperti festival Rupat dan Running 10k  yang melibatkan pemanfaatan potensi alam serta pelestarian warisan budaya lokal ini, punya dampak lain. Yaitu bisa menggerakkan perekonomian daerah hingga akhirnya bisa membuka lapangan kerja seluas – luasnya.

Wisata Pulau Rupat Bengkalis

Wisata Pulau Rupat Bengkalis
wisata di pulau Rupat

Kabupaten Riau memiliki alam yang penuh pesona. Salah satunya adalah di pulau Rupat. Hingga kemudian terdapat berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi bila sedang berada di pulau Rupat, Bengkalis, Riau. 

Baca Juga : 4 Hari Wisata ke Natuna Dapat Apa Saja?

Berikut adalah tempat wisata di pulau Rupat yang menarik. Yaitu:

  1. Pantai Ketapang
Wisata Pulau Rupat Bengkalis
wisata di pulau Rupat Pantai Ketapang

Pantai yang berada di desa Sungai Cingam, Kecamatan Rupat, Bengkalis, Riau ini menjadi favorit banyak wisatawan. Salah satu alasannya adalah letaknya yang berdekatan dengan pemukiman. Sehingga aksesnya mudah.

Pantai Ketapang memiliki banyak spot foto menarik. Disamping keindahan pantai dengan pasir putih yang bersih.

  1. Pulau Beting Aceh
Wisata Pulau Rupat Bengkalis
wisata di pulau Rupat Pulau Beting Aceh

Wisata pulau Rupat terdiri dari kawasan pantai dan gugusan pulau – pulau kecil. Salah satunya adalah pulau Beting Aceh. Keberadaannya di wilayah Rupat Utara menjadi beranda di selat Malaka bagi Indonesia.  

Pantai di pulau Beting Aceh sangat luas. Memiliki pasir putih yang bila diinjak bisa mengeluarkan suara seperti berderit. Banyak orang menyebutnya sebagai pasir berbisik.  Dengan luas 2 hektar, pulau ini juga memiliki pohon cemara yang tumbuh berjejer di tengah pasir. Sangat nyaman bila ingin bersantai di sini. 

Baca Juga : Explore Batam and Bintan Island 2 Hari 1 Malam

Apabila ingin pemandangan unik, berkunjung di pulau Beting Aceh bisa di waktu sore hari. Sambil menunggu sunset, terdapat kawanan burung yang hendak pulang. Atraksi burung migran yang melintasi pulau ini jumlahnya bisa mencapai ratusan hingga ribuan.

  1. Pantai Tanjung Lapin
Wisata Pulau Rupat Bengkalis, Pantai Tanjung Lapin
wisata di pulau Rupat Pantai Tanjung Lapin

Pantai satu ini sering dijadikan sebagai tempat pelaksanaan momen-momen tertentu. Seperti ritual budaya mandi safar masyarakat pulau Rupat hingga acara pesta pantai lainnya.

Masyarakat akan berduyun – duyun bila ada acara tersebut. 

  1.  Pantai Teluk Rhu
Wisata Pulau Rupat Bengkalis, Pantai Teluk Rhu
lokasi wisata di pulau Rupat Pantai Teluk Rhu

Sama – sama indah, pantai Teluk Rhu juga wajib dikunjungi. Lokasinya di Rupat Utara menjadikan objek wisata ini mudah diakses. Pemandangannya tak kalah menarik dari objek wisata lain di pulau Rupat.

Keunikan pantai ini adalah memiliki garis pantai yang panjang. Sekitar 13 kilometer membentang dari arah barat ke timur. Hal ini membuat pengunjung bisa melakukan kegiatan di pantai dengan leluasa. Seperti bersantai, berjalan atau jogging, bersepeda, bahkan voli pantai juga bisa dilakukan di pantai Teluk Rhu.

Baca Juga : Trekking Bukit Panisan, Riau

Pulau Rupat merupakan lokasi vital untuk kabupaten Bengkalis provinsi Riau. Potensi ekonomisnya tinggi dan alamnya menarik. Sehingga butuh strategi tepat supaya pulau Rupat semakin terkenal, terutama dunia wisatanya. Dengan begitu kemudian akan diikuti dengan peningkatan perekonomian masyarakatnya. Yuk ramein pulau Rupat yuk!

0 comments on “4 Spot Epik Wisata Pulau Rupat Bengkalis di Riau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.