Wisata ke Natuna
PigiUpdate

4 Hari Wisata ke Natuna Dapat Apa Saja?

Sekumpulan pulau di sana menjadikan Natuna terkenal dengan wisata baharinya. Lantas apa saja daya tariknya? Yuk wisata ke Natuna!

Kepulauan paling Utara di Selat Karimata ini secara administratif merupakan salah satu Kabupaten bagian dari Provinsi Riau. Secara geografis, Natuna terdiri dari sekumpulan pulau. Jadi tak heran kondisi tersebut menjadikannya salah satu destinasi wisata bahari yang diperhitungkan. Langsung saja, berikut 5 alasan kenapa kamu harus wisata ke Natuna.

Sebagai daerah yang menjadi bagian dari jalur pelayaran internasional Asia Timur, Natuna memang sudah tak asing di mata dunia. Kabupaten ini juga terkenal sebagai penghasil minyak dan gas bumi yang besar. Maka, perkembangan obyek wisata di Natuna ikut mengalami peningkatan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata Natuna yang Mempesona dan Bikin Terpana

Natuna punya banyak destinasi andalan yang nggak boleh terlewatkan. Itulah alasan kenapa harus wisata ke Natuna Kawanjo. Dijamin deh, dua hari nggak akan cukup menjelajah destinasi wisata satu ini. Yuk kita bahas ada apa saja di Natuna!

1. Masjid Raya Natuna

Wisata ke Natuna
Pemandangan MasjidRaya Natuna yang menyerupai Taj Mahal di India.


Tak perlu jauh-jauh untuk melihat Taj Mahal di India. Karena di Ranai, ibukota Natuna, ada masjid Raya yang desain arsitekturnya mirip dengan ikon negara India tadi.

Masjid Raya Natuna ini bisa dibilang simbolnya Natuna. Punya luas total 15.500 m2, masjid ini dapat menampung hingga 5.000 orang. Nuansa bangunannya hijau dan kuning telur serta memiliki empat menara yang menjulang setinggi 17 meter. Warna hijau dan kuning telur dimaknai sebagai warna kitab suci Al Qur’an. Sedangkan jumlah 4 menara mewakili banyaknya Khulafaur Rasyidin. Sementara tinggi menara yang 17 meter melambangkan jumlah rakaat sholat. Kamu bisa banget nih wisata religi di sini.

2. Batu Sindu
Kemegahan batu-batu besar seperti yang ada di film Laskar Pelangi, ternyata tidak hanya dimiliki Belitung. Di Natuna, Kepulauan Riau, kamu juga bisa melihat kecantikan bebatuan besar yang menghadap laut.

Inilah Batu Sindu, Negeri Laskar Pelangi-nya Natuna. Batu Sindu adalah sebuah gua yang berada di Bukit Senubing, tidak jauh dari Kota Ranai, Kepulauan Natuna. Tempat ini mulai dilirik wisatawan sebagai destinasi liburan karena kecantikan alam yang dimilikinya.

Wisata ke Natuna
Bak dunia Laskar Pelangi.

Di sini, kamu bisa melihat banyak bebatuan raksasa yang berada di bibir bukit, dan langsung menghadap laut. Jika datang ke tempat ini, Anda bisa berdiri dengan tegak di atas batu, sambil memandang jauh ke laut lepas.

3. Pantai Cemaga
Pantai Cemaga ini juga menjadi spot andalan jika kamu wisata ke Natuna, soalnya belum banyak diketahui orang, jadinya objek wisata ini masih sepi. Padahal panoramanya tak main–main! Air laut yang biru berpadu dengan pasir putih jadi pelengkap bebatuan besar dengan berbagai bentuk.

Tenangnya air laut sangat cocok untuk berenang dan mengeksplorasi dunia bawah lautnya. Selain itu, pantai yang menghadap ke arah timur ini cocok untuk menikmati pemandangan matahari terbit.

4. Tanjung Datuk
Natuna memiliki kumpulan geosite bebatuan yang usianya sudah ratusan bahkan jutaan tahun. Dari sembilan geosite, salah satunya ada di Tanjung Datuk. Geosite ini terletak di Pulau Bunguran sebelah Utara, Kecamatan Bunguran Timur Laut. Jaraknya sekitar 45 km dari kota Ranai, Natuna.

Nah, kalau Bali punya Nusa Penida, maka Natuna punya tanjung Datuk. Keduanya sama–sama merupakan batu yang menjorok ke laut. Tanjung Datuk berbentuk seperti kepala laki–laki yang sedang menggunakan tanjak atau topi khas Natuna. Di bawahnya terdapat pasir putih yang terhampar. Di pantainya terdapat bongkahan batu yang menyerupai kolam.

5. Pulau Senua
Pulau Senua atau Senoa adalah pulau yang letaknya terluar dalam wilayah Indonesia. Tepatnya di sebelah timur Pulau Natuna dan berada di laut Cina Selatan atau laut Natuna Utara.

Senua merupakan pulau kecil dengan keindahan yang maksimal. Pulau ini dapat ditempuh dengan mengendarai perahu motor dari Pelabuhan Pantai Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur. Selama perjalanan, lautan yang jernih menunjukkan keindahan alam bawah laut Natuna Utara ini.

Nah, destinasi di atas bisa kamu dapatkan selama pesan paket wisata Natuna di Pigijo. Yuk kita simak itinerary-nya.

Hari 1
Sesampainya kamu di Natuna, cukup tunggu di Bandara Ranai, nanti akan ada yang menjemput. Sebelum petualangan dimulai, kita check in penginapan dulu sebelum berangkat ke Masjid Agung Natuna. Setelah puas manatap kemegahan masjid ikonik Natuna, kita mengunjungi Batu Sindu. Dari atas batu, kamu bisa melihat Pulau Senoa dengan leluasa tuh. Cakep banget! Kamu juga berkesempatan mengunjungi Alif Stone Park, spot estetik dengan bebatuan besar yang menyebar di bibir pantai. Ironisnya turis mancanegara banyak yang main ke sini Kawanjo. Kamu pasti asing ya sama Alif Stone Park ini?

Setelah asik foto-foto dan main air, kita lanjut menuju Tanjung Datuk. Geosite yang letaknya di Pulau Bunguran sebelah Utara, Kecamatan Bunguran Timur Laut ini punya pesona eksotis. Saking jernihnya, kamu bisa melihat secara jelas penyu-penyu dari atas permukaan laut. Di sini kamu juga bisa melihat lanskap indah berupa tebing-tebing yang langsung menghadap ke laut. Setelah puas, kita kembali ke hotel untuk istirahat.

Hari 2
Petualangan wisata di Natuna hari kedua akan dihabiskan di Pulau Senua. Jika dilihat dari bibir Pantai Tanjung yang berada di Desa Limau Manis, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Pulau Senoa tampak menyerupai seorang wanita hamil yang sedang berbaring. Duduk manis di pinggir laut rasanya tidak cukup kalau belum snorkeling. Terumbu karang dan ragam biota laut menjadi sesuatu yang kerap dicari banyak orang.

Wisata ke Natuna
Bersantai di pantai bisa jadi pilihan healing

Di sini juga terdapat sebuah gua yang langsung menghadap ke pinggir laut. Dikelilingi batu karang yang curam, burung walet beterbangan dengan bebasnya. Hal tersebut membuat suasana Senua menjadi lebih epik. Jika memungkinkan, kamu bisa naik ke atas gua. Dari sana kita dapat melihat pemandangan Gunung Ranai, Batu Sindu, dan Pantai Tanjung. Setelah puas snorkeling dan menjelajah Pulau Senua, kita kembali ke hotel untuk istirahat.

Hari 3-4
Selepas penjemputan ke hotel, kita beranjak ke Batu Kaon untuk menikmati keindahan pantai bebatuan. Dari situ perjalanan berlanjut ke Pantai Batu Kasah. Pantai ini terletak di Kecamatan Bunguran Selatan. Bentangnya mencapai radius tidak kurang dari 5 km. Hampir seluruh permukaan pantainya diselimuti dengan pasir putih. Sementara sisi darat, berdiri ribuan pohon kelapa yang menjulang tinggi. Kamu juga diberi kesempatan mengunjungi Ranai/Pering, atau biasa disebut hutang mangrove untuk menutup petualangan wisata di Natuna hari ketiga. Setelah mentari terbenam, kita kembali ke penginapan untuk istirahat. Keesokan harinya, kami akan mengantarmu ke titik temu di Bandara Ranai, Natuna.

Baca juga: Dijamin Seru, Inilah 5 Wisata di Pekanbaru Terbaru

Biar lebih lengkap, berikut kami rincikan apa saja yang kamu dapatkan jika pesan paket wisata Natuna senilai Rp 2.500.000,-/pax di Pigijo.

Harga paket wisata Natuna sudah termasuk

  1. Penginapan di Natuna Hotel;
  2. Tiket Wisata & Retribusi;
  3. Transportasi Selama Tour;
  4. Alat Snorkeling;
  5. Makan Sesuai Program;
  6. Tour Guide

Harga paket wisata Natuna belum termasuk

  1. Tiket Pesawat Ke/Dari Natuna;
  2. Asuransi Perjalanan;
  3. Tip Tour Guide;
  4. Pengeluaran Pribadi;
  5. Biaya Tak Terduga
cover email

Well, masih banyak banget lho pilihan wisata seru yang menanti Kawanjo selain wisata Morotai. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Semuanya ada di Pigijo lho

24 comments on “4 Hari Wisata ke Natuna Dapat Apa Saja?

  1. Wisata Morotai dikenal sebagai salah satu pulau paling menawan untuk ngetrip di Indonesia bagian timur.
    Tidak heran, pulau ini menyimpan segudang keindahan. Mulai dari pantai menawan, wisata sejarah peninggalan Perang Dunia II, surga bawah laut sampai air terjun tersedia di Morotai.

  2. Wisata Morotai sangat indah

  3. Yunita Rizky M Sinaga

    Saya ga nyangka ternyata pulau natuna punya keindahan alam seindah ini. Selama ini saya hanya mendengar natuna itu adalah salah satu pelayaran internasional. Ternyata tidak hanya itu saja, dan yg menjadi penarik perhatian saya itu ialah bentuk batu sindu yg alai dan cantik, mesjid megah seperti taj mahal. Keren keren….

  4. Lasmaria Sitanggang

    teryata di pulau Natuna wisatanya banyak juga dan indah

  5. Lasmaria Sitanggang

    ternyata di pulu natuna ini tidak hanya oelayaran internasional saja,banyak juga wisata yang membuat saya tertrik seperti kemegahan batu sindu seperti i film laskar pelagi,mesjid megah seerti taj mahal,pantai cemaga yang airnya biru,dan tanjung datuk,memang pulau natuna ini sngat indah dan kerenn

  6. ternyata di pulau natuna ini ada wisata yabg indah dan keren juga ,mulai dari mesjid seperti taj mahal,batu siduk seperti di film laskar pelangi,pantai cemaga dengan air yang biru dan tanjung datuk yang indah dan keren saya mengira pulau ini hanya pelayaran internasional saja

  7. Sri Sulastri Lumban Tobing

    Saya tidak menyangka pulau Natuna memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Dan ternyata banyak juga tempat wisata yang dapat dikunjungi disini seperti mesjid raya yang menyerupai taj mahal di India, batu sindu dan masih banyak lagi tempat yang keren yang dapat dikunjungi.

  8. Sri Sulastri Lumban Tobing

    Saya tidak menyangka pulau Natuna memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Dan ternyata banyak juga tempat wisata yang dapat dikunjungi disini seperti mesjid yang menyerupai taj mahal di india, batu sindu dan masih banyak lagi tempat keren yang bisa dikunjungi.

    • Nova Sinaga

      Ternyata wisata Natuna menyimpan banyak tempat wisata yang memesona.Dimana wisata ini juga memiliki sejumlah tempat wisata lain yang begitu menarik . Wisata ini juga berada dikawasan dengan sumber daya alam melimpah dan berbatasan langsung dengan laut bebas, sehingga wisata ini menjadi incaran banyak negara tetangga.

  9. Rosalina Pane

    Ternyata wisata Natuna memiliki banyak destinasi anadalan seperti Masjid Raya Natuna. Kita tidak perlu jauh-jauh untuk melihat Taj Mahal di India, karena masjid Raya Natuna mirip dengan ikon negara di India. Selain itu Batu Dinda juga tak kalah dengan kemagahan batu-batu besar seperti yang ada di film Laskar pelangi dan masih banyak lagi destinasi yang keren di Natuna ini.

  10. Cindy enjelina purba

    Kemegahan batu-batu besar seperti yang ada di film Laskar Pelangi, sangat menarik untuk tempat wisata yang akan kita kunjungi karena memiliki tempat² Indah untuk dijadikan tempat spot ² foto foto

  11. Inda Anggreny Siburian

    Setelah membaca artikel masjid raya natuna ternyata natuna memiliki keindahan alam yang indah. Karena ternyata wisata masjid raya ini menyerupai taj mahal di India. Dan terdapat Warna hijau dan kuning telur dimaknai sebagai warna kitab suci Al Qur’an.

  12. Inka Nora Audea

    Saya tidak menyangka ternyata di Pulau Natuna punya banyak destinasi andalan yang nggak boleh terlewatkan. Karena di pulau Natuna banyak wisata yang sangat indah yang bisa di kunjungi diantaranya Pemandangan Masjid Raya Natuna yang menyerupai Taj Mahal di India, batu Sindu, pantai cemaga, tanjung Datuk, pulau senua. Tempat ini mulai dilirik wisatawan sebagai destinasi liburan karena kecantikan alam yang dimilikinya dan wisata ini memiliki Air laut yang biru berpadu dengan pasir putih jadi pelengkap bebatuan besar dengan berbagai bentuk.

  13. Yesica Vetrin Angelisa Purba

    Ternyata keindahan Natuna memiliki banyak destinasi andalan yang sangat indah dan menarik pulau Natuna juga merupakan salah satu tempat ngetrip yg keren banget diindinesia karena kita akan menikmati keindahan alam yang begitu menakjubkan dan banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan ketika berlibur kepulau Natuna ini.kita bisa menikmati keindahan pulau Natuna seperti destinasi Batu Sindu, yang keindahan nya tiada dua.

  14. Nova Sinaga

    Ternyata wisata Natuna menyimpan banyak tempat wisata yang memesona.Dimana wisata ini juga memiliki sejumlah tempat wisata lain yang begitu menarik . Wisata ini juga berada dikawasan dengan sumber daya alam melimpah dan berbatasan langsung dengan laut bebas, sehingga wisata ini menjadi incaran banyak negara tetangga.

  15. Woah… ternyata pulau natuna sangat cocok dijadikan tempat refresing karena banyak tempat menarik yang bisa di temukan di pulau ini. Terkhusus pada keindahan batu sindu yang menurut saya menarik karena bentuknya yang unik membuat saya ingin menikmati suasana yang ada disana dan cocok untuk diabadikan sebagai moment yang indah bersama keluarga, pasangan atau sahabat.

  16. Desi Natalia Manihuruk

    Saya tidak menyangka ternyata wisata Natuna memiliki keindahan yang mempesona. Natuna mempunyai banyak destinasi seperti Masjid Raya Natuna yang tadinya kita hanya bisa melihatnya di Taj Mahal India ternyata di Ranai,ibu kota Natuna ada masjid yang mirip dengan Taj Mahal jadi tidak perlu jauh-jauh untuk melihatnya ke India. Selain itu masih ada destinasi yang lainnya seperti batu Sindu, pantai cemaga, dll.

  17. Putri Febriani Simamora

    Dari artikel ini saya dapat mengetahui bahwa tempat wisata Natuna memiliki daya tarik yang membuat orang untuk berwisata ditempat tersebut karena keindahannya, selain itu juga memiliki fasilitas yang lengkap sehingga para pengunjung tidak mengalami kesulitan disaat berwisata di Natuna.

  18. Marta Manurung

    Dari wisata natuna tersebut begitu banyak keindahan yang dimiliki seperti Pemandangan Masjid Raya Natuna yang menyerupai Taj Mahal di India, Bak dunia Laskar Pelangi, Pantai Cemaga ini juga menjadi spot andalan jika kamu wisata ke Natuna, Tanjung datuk dan danau Senua. dari wisata tersebut asik foto-foto dan main air, dan dikelilingi batu karang yang curam, burung walet beterbangan dengan bebasnya. wisata tersebut dapat untuk dapat di kunjungi dengan bersantai-santai.

  19. Natuna punya banyak destinasi andalan Masjid Raya Natuna ini bisa dibilang simbolnya Natuna. Punya luas total 15.500 m2, masjid ini dapat menampung hingga 5.000 orang. Nuansa bangunannya hijau dan kuning telur serta memiliki empat menara yang menjulang setinggi 17 meter. Warna hijau dan kuning telur dimaknai sebagai warna kitab suci Al Qur’an. Sedangkan jumlah 4 menara mewakili banyaknya Khulafaur Rasyidin. Sementara tinggi menara yang 17 meter

  20. Pulau Natuna merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki daya tarik tersendiri yang membuat para pengunjung kewisata tersebut kagum karena keindahannya. selain itu juga ditempat wisata tersebut memiliki berbagai fasilitas yang lengkap dan juga memiliki berbagai harga paket wisata Natuna.

  21. Wella Ruth Simbolon

    ternyata di Pulau Natuna punya banyak destinasi andalan yang nggak boleh terlewatkan. Karena di pulau Natuna banyak wisata yang sangat indah yang bisa di kunjungi diantaranya Pemandangan Masjid Raya Natuna yang menyerupai Taj Mahal di India, batu Sindu, pantai cemaga, tanjung Datuk, pulau senua. Tempat ini mulai dilirik wisatawan sebagai destinasi liburan karena kecantikan alam yang dimilikinya .

  22. Jenni Maria

    Makin nambah pengetahuan nii
    Jika di negara sendiri ada yang menyerupa Taj mahal kenapa harus ke India , ternyata Indonesia tak kalah saing dalam hal pariwisata dengan negara-negara lain sepertinya harus keliling Indonesia dulu ni baru keliling dunia… Indonesia kereeen .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.